Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Kamis, 30 Juni 2011

Sunting Tulisan ‹ Wahyonosaputro's Blog — WordPress

Sunting Tulisan ‹ Wahyonosaputro's Blog — WordPress
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/ Semester : IV / I
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit
Pertemuan Ke : 1
Standar Kompetensi
Al-Qur’an
1. Membaca surah-surah Al-Qur’an
Kompetensi Dasar
1. 1. Membaca QS. Al-Fatihah dengan lancar.
Indikator
Membaca QS. Al-Fatihah dengan lancar.
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membaca QS. Al-Fatihah dengan lancar.
II. Materi Pokok
o QS. Al-Fatihah
Terjemahan
Text Qur'an
Ayat
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
1
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam,
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
2
Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,
الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
3
Yang menguasai hari pembalasan.
مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ
4
Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
5
Tunjukilah kami jalan yang lurus,
اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ
6
(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلا الضَّالِّينَ
7
III. Metode
  • Drill dan penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
Kegiatan Awal ( 5 menit )
  • Salam dan do’a
  • Guru melakukan appersepsi
Kegiatan Inti ( 25 menit )
  • Pada setiap awal pembelajaran, guru membimbing siswa dengan membaca Al-Qur’an dengan baik selama 5 menit.
  • Guru menunjuk salah seorang murid untuk membacakan QS. Al-Fatihah / 1 Ayat 1-7
  • Guru memperbaiki bacaan murid yang kurang tepat. Kemudian seluruh murid diminta untuk membacakan QS. Al-Fatihah / 1 Ayat 1-7
Kegiatan Penutup ( 5 menit )
  • Guru memberikan kesimpulan hasil belajar
  • Guru dan siswa merefleksikan hasil pembelajaran, yaitu manfaat mempelajari kompetensi ini.
  • Guru menugaskan siswa membaca surah Al-Fatihah / 1 Ayat 1-7 di rumah masing-masing
V. Alat dan Sumber Belajar:
  • Media Audio-visual (MP3)bacaan ayat-ayat pendek.
  • buku teks (Saya ingin menjadi anak saleh_Kelas IV, Jakarta: Grafindo, 2008), Hal.1-6.
VI. Penilaian:
Format penilaian bacaan siswa (psikomotorik)
No
Aspek
Skor
1
Kelancaran
  1. Lancar
  2. kurang lancar
  3. tidak lancar
5
3
1
2
Adab membaca
  1. berani
  2. Malu-malu
3
1


















                                                              Banyuasin, 2011
Mengetahui,
Kepala                                                   Guru PAI

2 komentar: