Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Kamis, 23 Juni 2011

RPP_KLS1-SMS1_TEMA_diri-sendiri_Pertemuan1

RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

TEMA
KELAS/SEMESTER
ALOKASI WAKTU
MATA PELAJARAN YANG DI TEMATIKAN
:
:
:
:
DIRI SENDIRI
SATU (1) / SATU (1)
14 HARI (2 MINGGU)
B.IND, MAT, IPA, IPS, DAN SBK


MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
ALOKASI WAKTU : 16 JP @ 2 JP

PERTEMUAN I

I.                   STANDAR KOMPETENSI DASAR

·         MENDENGARKAN
Memahami bunyi bahasa, perintah, dan  dongeng yang dilisankan

·         BERBICARA
Mengungkapkan pikiran, perasaan,  dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh,  dan deklamasi  


II.                KOMPETENSI DASAR
Menyebutkan  tokoh-tokoh dalam cerita
Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana


III.             INDIKATOR
Siswa dapat Menyebutkan  tokoh-tokoh dalam cerita ”masuk sekolah” setelah guru membacakannya
Siswa dapat menceritkan kegiatannya di awal sekolah kepada teman sebangkunya dengan kalimat sederhana

IV.             LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan ke-1

·   KEGIATAN AWAL (APERSEPSI)

1.      Doa bersama dan mengucapkan salam (jika diawal pembelajaran)
2.      Siswa berkenalan dengan guru kelas
3.      Siswa bernyanyi sambil tepuk tangan dan derap kaki menyanyikan “aku seorang kapiten”

·   KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)

1.      Siswa mendengarkan cerita “masuk sekolah”
2.      Siswa menjawab pertanyaan dari guru seputar cerita
3.      siswa mendengarkan aktifitas “didi dan temannya” selama di sekolah baru

·   KEGIATAN AKHIR

1.      Siswa  diminta untuk menceriterakan aktifitasnya selama di sekolah kepada teman sebangkunya.

Cat: selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak

V.                SUMBER DAN MEDIA

Sumber



Media
:



:
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta.
Karli, Hilda,dkk.(2007). Panduan Buku Tematik 1A dan Buku kerja Tematik untuk  Bahasa Indonesia jilid 1A. Jakarta: Erlangga
Alat dan benda di sekitar

VI.              PENDEKATAN DAN METODE

Pendekatan
Metode
:
:
Tematik
Bermain, diskusi kelompok


VI.             PENILAIAN

1.            Penilaian secara lisan (bercerita)

“BERCERITA”
Nilai 9
Nilai 8

Nilai 7

Nilai 6

Nilai 5
:
:

:

:

:
Menceriterakan sesuatu dalam pikirannya dengan kalimat yang jelas dan dipahami
Menceriterakan sesuatu dalam pikirannya dengan kalimat yang kurang jelas dan dipahami
Menceriterakan sesuatu dalam pikirannya dengan kalimat yang  jelas dan tidak dipahami
Menceriterakan sesuatu dalam pikirannya dengan kalimat tidak jelas yang jelas dan tidak dipahami
Tidak mau menceriterakan sesuatu apapun



2.      Pengamatan (sikap dan perilaku)

“KEMANDIRIAN”
Nilai 9
Nilai 8
Nilai 7
Nilai 6

Nilai 5
:
:
:
:

:
Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan  bantuan dari pihak luar
Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru bila ada perintah berulang-ulang dari guru
Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru

Banyuasin,                               

Mengetahui,

Kepala Sekolah






_____________________
Guru Kelas,                   








____________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar