RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA KELAS/SEMESTER ALOKASI WAKTU MATA PELAJARAN YANG DI TEMATIKAN | : : : : | DIRI SENDIRI SATU (1) / SATU (1) 14 HARI (2 MINGGU) B.IND, MAT, IPA, IPS, DAN SBK |
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
ALOKASI WAKTU : 16 JP @ 2 JP
PERTEMUAN I
I. STANDAR KOMPETENSI DASAR
· MENDENGARKAN
Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan
· BERBICARA
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi
II. KOMPETENSI DASAR
Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
III. INDIKATOR
Siswa dapat Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita ”masuk sekolah” setelah guru membacakannya
Siswa dapat menceritkan kegiatannya di awal sekolah kepada teman sebangkunya dengan kalimat sederhana
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1 · KEGIATAN AWAL (APERSEPSI) 1. Doa bersama dan mengucapkan salam (jika diawal pembelajaran) 2. Siswa berkenalan dengan guru kelas 3. Siswa bernyanyi sambil tepuk tangan dan derap kaki menyanyikan “aku seorang kapiten” · KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA) 1. Siswa mendengarkan cerita “masuk sekolah” 2. Siswa menjawab pertanyaan dari guru seputar cerita 3. siswa mendengarkan aktifitas “didi dan temannya” selama di sekolah baru · KEGIATAN AKHIR 1. Siswa diminta untuk menceriterakan aktifitasnya selama di sekolah kepada teman sebangkunya. Cat: selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak |
V. SUMBER DAN MEDIA
Sumber Media | : : | Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta. Karli, Hilda,dkk.(2007). Panduan Buku Tematik 1A dan Buku kerja Tematik untuk Bahasa Indonesia jilid 1A. Jakarta: Erlangga Alat dan benda di sekitar |
VI. PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan Metode | : : | Tematik Bermain, diskusi kelompok |
VI. PENILAIAN
1. Penilaian secara lisan (bercerita)
“BERCERITA”
Nilai 9 Nilai 8 Nilai 7 Nilai 6 Nilai 5 | : : : : : | Menceriterakan sesuatu dalam pikirannya dengan kalimat yang jelas dan dipahami Menceriterakan sesuatu dalam pikirannya dengan kalimat yang kurang jelas dan dipahami Menceriterakan sesuatu dalam pikirannya dengan kalimat yang jelas dan tidak dipahami Menceriterakan sesuatu dalam pikirannya dengan kalimat tidak jelas yang jelas dan tidak dipahami Tidak mau menceriterakan sesuatu apapun |
2. Pengamatan (sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9 Nilai 8 Nilai 7 Nilai 6 Nilai 5 | : : : : : | Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru bila ada perintah berulang-ulang dari guru Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru |
Banyuasin,
Mengetahui, Kepala Sekolah _____________________ | Guru Kelas, ____________________ |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar