UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN
MELALUI METODE IQRO’
BAGI SISWA KELAS VIII MTS ILHAM PALEMBANG
Oleh :
Komaruddin
NIM : 0803419
SKRIPSI
Diajukan kepada Program Kualifikasi S1
Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang
untuk Memenuhi Salah Satu Syarat guna Memperoleh
Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I)
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN FATAH PALEMBANG
2010
Hal : Pengantar Skripsi
Lamp : -
Kepada Yth
Dekan Fakultas Tarbiyah
IAIN Raden Fatah
Palembang
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Setelah melalui proses bimbingan, arahan dan koreksian baik dari segi isi maupun teknik penulisan terhadap skripsi saudara:
Nama : Komaruddin
NIM : 0803419
Program Studi : Kualifikasi S1
Judul : Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqro’ bagi Siswa Kelas VIII MTs Ilham Palembang
Maka kami selaku pembimbing berpendapat bahwa skripsi saudara tersebut dapat diajukan dalam Sidang Munaqasyah Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang.
Demikian harapan kami dan atas perhatiannya diucapkan terima kasih
Wassalamu’alaikum Wr Wb
Palembang, 06 Juli 2010
Pembimbing I Pembimbing II
Drs. T a s t i n Drs. Najamuddin Royes, M. Ag
Nip. 150 231 855 Nip.19550616 198303 1003
PERSETUJUAN TIM PENGUJI
UJIAN SKRIPSI
Skripsi berjudul : Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII MTs Ilham Palembang Melalui Metode Tunjuk Silang
Nama : Komaruddin
NIM : 0803410
Program : Kualifikasi S1
Telah disetujui tim penguji ujian Munaqasyah.
Ketua : (……………………. )
Sekretaris : (……………………. )
Penguji I : (…………………….. )
Penguji II : (…………………….. )
Diuji di Palembang pada tanggal …………….2010
Waktu : 08.00 s.d 12.00 Wib
Hasil :
Predikat :
Dekan Fakultas Tarbiyah
IAIN Raden Fatah Palembang
Drs. H. Akmal Hawi, M. Ag
NIP. 19610730 198803 1002
ABSTRAK
Pelajaran Al-Qur’an Hadits pada mata pelajaran PAI memiliki kepentingan tersendiri dalam kaitannya dengan tujuan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di tingkat Madrasah Tsanawiyah (SMP), yaitu agar peserta didik gemar membaca A-Qur’an dan Hadits dengan benar, serta mempelajarinya, memahami, meyakini kebenarannya, dan mengamalkan ajaran-ajaran dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sebagai petunjuk dan pedoman dalam seluruh aspek kehidupannya. Sehubungan dengan hal tersebut peran guru sebagai pengelola kelas, pembimbing, inisiator (penggagas) dan demonstrator sangat diperlukan agar kemampuan kognitif, secara umum dan kemampuan psikomotor secara khusus. Untuk meningkatkan kemampuan psikomotor siswa dimaksud, dalam mengelola kelas harus mempersiapkan segala sesuatunya secermat mungkin, termasuk bagaimana menggunakan metode yang selektif, efektif dan efisien supaya hasil yang diharapkan dapat maksimal.
Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, tindakan yang dimunculkan, adalah Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqro’, yang dilaksanakan di kelas VIII MTs Ilham Palembang. Dalam rencana pelaksanaan yang telah ditetapkan terlebih dahulu, tahapan-tahapan Siklus (Pra tindakan, siklus 1 dan 2) yang akan dilalui masing- masing terdiri atas; 1). Rencana, 2). Pelaksanaan, 3). Pengamatan, dan 4). Refleksi. Setelah melalui dua siklus, diperoleh hasil bahwa penggunaan metode Iqro’, ternyata dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di kelas VIII MTs Ilham Palembang.
Berdasarkan hasil pengamatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits, selama kegiatan perbaikan pembelajaran yaitu: pada pra siklus siswa yang telah memperoleh nilai 70 mencapai 6 siswa dengan angka rata-rata 56,66, serta ketuntasan belajar 50%, siklus I siswa yang telah memperoleh nilai 70 mencapai 9 siswa dengan angka rata-rata 66,66 serta ketuntasan belajar 75%, pada siklus II siswa yang telah memperoleh nilai 70 ke atas meningkat menjadi 12 siswa dengan rata-rata 76,66, serta ketuntasan belajar 100%. Dengan demikian target yang diinginkan sudah tercapai dan hasil belajar siswa sudah memuaskan.
Kata Kunci: Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa dan Metode Iqro’.
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT. Tuhan semesta alam. Berkat rahmat, dan inayah Allah SWT penelitian saya yang berjudul “Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqro’ bagi Siswa Kelas VIII MTs Ilham Palembang”, dapat selesai tepat pada waktunya. Penulis patut bersyukur ke hadirat-Nya atas karunia yang telah dilimpahkan kepada penulis.
Penulis yakin atas petunjuk-Nya pula sehingga berbagai pihak berkenan memberikan bantuan, kemudahan kepada saya dalam penyelesaian penelitian ini. Untuk itu, penulis ingin menyampaikan penghargaan yang setinggi tingginya dan menghaturkan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada semua pihak, baik yang langsung maupun secara tidak langsung, telah membantu dalam penyelesaian tugas mulia ini.
Ucapan terima kasih yang tak terhingga patut saya sampaikan kepada Bapak Prof. Dr. H. Aflatun Muchtar, M.A., baik sebagai Rektor IAIN Raden Fatah maupun sebagai pribadi, yang telah memberikan bantuan dan motivasi yang berharga bagi penulis.
Ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya penulis haturkan kepada Bapak Drs. H. Akmal Hawi, M.Ag., baik sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah maupun sebagai pribadi, yang telah memberikan bantuan dan motivasi yang berharga bagi penulis.
Ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya penulis haturkan kepada Bapak Dosen Drs. Najamuddin Royes, M. Ag., dan Drs. Tastin, yang dengan senang hati bersedia menjadi Supervisor sekaligus Pembimbing dalam penulisan ini.
Ucapan terima kasih juga penulis haturkan kepada Kepala Madrasah MTs. Ilham Palembang Bapak Syahruddin, S. Sos., baik sebagai atasan langsung maupun sebagai pribadi.
Ucapan terima kasih juga penulis haturkan kepada Pimpinan serta segenap Staf Perpustakaan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang yang tidak bisa penulis sebutkan namanya satu persatu atas kerelaan dan keikhlasannya dalam menyediakan literatur yang dibutuhkan dalam penyelesaian penulisan ini.
Ucapan terima kasih juga penulis haturkan kepada Bapak Drs. Tastin dan Drs. Muh. Misdar, M. Ag, selaku panitia program kualifikasi S.1. IAIN Raden Fatah Palembang yang telah menyisihkan waktu secara tulus ikhlas memberikan bantuan fikiran, motivasi dan tenaga dalam penyelesaian penulisan ini.
Ucapan terima kasih penulis haturkan kepada seluruh Staf dan Pegawai Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang, khususnya bagian administrasi atas bantuan dalam penyelsaian berkas-berkas yang dibutuhkan dalam penyelsaian penulisan ini.
Kepada Allah Penulis mohon semoga mereka dilimpahkan pahala yang berlipat ganda dan segala bantuan yang telah diberikannya itu dicatat sebagai ibadah di sisi-Nya. Amin Ya Mujib al-Saailin.
Palembang, 21 Juni 2010
Mahasiswa
K o m a r u d d i n
NIM. 0803419
DAFTAR ISI
Halaman Judul…………………………………………………………………… i
Lembar Pengesahan…………………………………………………………….. ii
Lembar Persetujuan Tim Penguji……………………………………………… iii
Abstrak……………………………………………………………………………. iv
Kata Pengantar………………………………………………………………….. v
Daftar Isi………………………………………………………………………….. viii
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah………………………………………….. 1
B. Rumusan Masalah……………….……………………………….. 2
C. Tujuan dan Kegunaan Penelitian………………………………… 3
D. Kajian Pustaka………….………………………………………….. 4
E. Kerangka Teori……………………………………………………... 5
1. Upaya……………………………………………………………. 5
2. Guru ……………………………………………………… 5
3. Meningkatkan………………………………………………….. 6
4. Kemampuan……………………………………………………. 7
5. Baca/Membaca………………………………………………… 8
6. Siswa……………………………………………………………. 9
7. Metode Iqro’……………………………………………………. 10
F. Hipotesis……………………………………………………………. 11
G. Metodologi Penelitian ………………………………………11
H. Sistematika Pembahasan………………………………………….15
BAB II : LANDASAN TEORI
A. Kemampuan Membaca Al-Qur,an………………………………...16
1. Pengertian Kemampuan Membaca Al-Qur’an……………….16
2. Tolak Ukur tentang Kemampuan Membaca Al-Qur’an..…… 20
3. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Membaca Al-Qur’an…. 21
B. Metode Iqro’……………………………………………………….. 24
1. Pengertian Iqro’…………………………………………..……. 24
2. Langkah-Langkah Penerapan Metode Iqro’………………… 25
3. Meningkatkan………………………………………………… 30
BAB III : SETTING WILAYAH PENELITIAN
A. Sejarah Singkat MTs Ilham Palembang…………………………. 32
1. Sejarah MTs Ilham…………………………………………….. 32
2. Letak Geografis MTs Ilham……………………………………32
B. Subjek Penelitian……………………………………………… 33
1. Lokasi Penelitian………………………………………………33
2. Waktu Penelitian……………………………………………… 33
3. Subjek Penelitian………………………………………………33
4. Keadaan Siswa……………………………………………… 33
5. Keadaan Guru………………………………………………….35
6. Struktur Organisasi…………………………………………….36
7. Sarana dan Prasarana……………………………………… 36
8. Jadwal Perbaikan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits…………39
C. Prosedur Tiap Siklus………………………………………………39
BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
1. Kemampuan Membaca Pra Tindakan………………….……42
2. Siklus I…………………………………………………………..45
3. Siklus II………………………………………………………….51
B. Pembahasan….……………………………………………………57
BAB V : PENUTUP
A. Kesimpulan…………………………………………………………61
B. Saran……………………………………………………………… 62
DAFTAR TABEL
Tabel 1 SK dan KD Kelas VIII MTs Ilham Palembang Semeter II, hlm.
Tabel 2 SK dan KD Kelas VIII MTs Ilham Palembang Semester II, hlm.
Tabel 3 Keadaan Sarana dan Prasarana MTs. Ilham Palembang, hlm.
Tabel 4 Keadaan Guru MTs. Ilham Palembang Tahun Pembelajaran 2009-2010, hlm.
Tabel 5 Keadaan Siswa MTs. Ilham Palembang Tahun Pembelajaran 2009-2010, hlm.
Tabel 6 Jadwal perbaikan persiklus, hlm.
Tabel 7 Nilai siswa kelas VIII MTs. Ilham Palembang pada perbaikan pembelajaran pra siklus, hlm.
Tabel 8 Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Ilham Palembang, hlm.
Tabel 9 Nilai Siswa Kelas VIII MTs Ilham Palembang Pada Perbaikan Pembelajaran Siklus I, hlm.
Tabel 10 Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Ilham Palembang Siklus I, hlm.
Tabel 11 Ketuntasan Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Ilham Palembang dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Siklus I, hlm.
Tabel 12 Nilai Siswa Kelas VIII MTs. Ilham Palembang pada Perbaikan Pembelajaran Siklus II, hlm.
Tabel 13 Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Ilham Palembang Siklus II, hlm.
Tabel 14 Ketuntasan Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Ilham Palembang Siklus II, hlm.
DAFTAR DIAGRAM
Diagram 1 Siklus dalam Penelitian Tindakan, hlm.
Diagram 2 Struktur Organisasi MTs. Ilham Palembang Tahun Pembelajaran 2009/2010, hlm.
Diagram 3 Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Ilham Palembang Siklus I, hlm.
Diagram 4 Ketuntasan Belajar Siswa VIII MTs. Ilham Palembang dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Siklus I, hlm.
Diagram 5 Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Ilham Palembang Siklus II, hlm.
Diagram 6 Keteuntasan Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Ilham Palembang dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Siklus II, hlm.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar