BAB IV
PELAKSANAAN PENELITIAN, HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Pelaksanaan Penelitian
1. Siklus I
a. Rencana
Pelaksanaan penelitian perbaikan pembelajaran dilaksanakan di Madrasah Aliyah (MA) Ma’ariful Ulum Talang Keramat Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin , kelas X pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits tentang keikhlasan dalam beribadah, dengan indikatornya membaca, menulis/menyalin, dan menerjemahkan ayat dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah dengan benar yang dilaksanakan dari tanggal 22 April 2010 sampai dengan tanggal 30 April 2010 dengan waktu perbaikan dua (2) jam pelajaran ( 2 x 40 menit ) setiap siklus.
Siklus pertama dilaksanakan pada tanggal 22 April 2010 yang bertempat di Madrasah Aliyah (MA) Ma’ariful Ulum Talang Keramat Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, dengan jumlah siswa 18 orang yang terdiri atas 7 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Materi yang peneliti berikan adalah ayat Al-Qur’an tentang ikhlas.
b. Pelaksanaan
Pelaksanaan siklus I dilaksanakan pada tanggal 22 April 2010 yang bertempat di Madrasah Aliyah (MA) Ma’ariful Ulum Talang Keramat Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, dengan jumlah siswa 18 orang yang terdiri atas 7 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Mata pelajaran yang peneliti berikan adalah Al-Qur’an Hadits dengan materi pokok keikhlasan dalam beribadah dengan indikatornya membaca, menulis/menyalin, dan menerjemahkan ayat dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah dengan benar.
Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini antara lain :
1. Apersepsi dengan tanya jawab tentang materi keikhlasan dalam beribadah.
2. Memotivasi siswa agar aktif mengikuti pelajaran Al-Qur’an Hadits.
3. Memberi kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas yang berhubungan dengan materi yang dijelaskan.
4. Melakukan observasi terhadap aktivitas siswa.
5. Melakukan evaluasi terhadap hasil belajar siswa.
c. Pengamatan/Pengumpulan Data
Berdasarkan pengamatan pada siklus I yang dilaksanakan pada tanggal 22 April 2010 yang bertempat di Madrasah Aliyah (MA) Ma’ariful Ulum Talang Keramat Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, dengan jumlah siswa 18 orang yang terdiri atas 7 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Mata pelajaran yang peneliti berikan adalah Al-Qur’an Hadits dengan materi pokok keikhlasan dalam beribadah dengan indikatornya menyimpulkan isi kandungan ayat dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah dengan benar.
Pada tahap ini dilaksanakan pengamatan atau observasi terhadap pelaksanaan perbaikan pembelajaran Al-Qur’an Hadits tentang keikhlasan dalam beribadah dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan diagram secara berturut-turut di halaman muka selanjutnya.
Tabel 7
Nilai Siswa Kelas X MA Ma’ariful Ulum Banyuasin
Pada Pembelajaran Pra Siklus
NO | Nama Siswa | L/P | Nilai Pra Siklus | Keterangan |
1 | Asrori Agus Latif | L | 55 | Tuntas |
2 | Ambo Assa | L | 40 | Belum |
3 | Abu Naim | L | 40 | Belum |
4 | Atiq Rofi’ah | P | 55 | Tuntas |
5 | Ani Kurniati | P | 55 | Tuntas |
6 | Amelia | P | 55 | Tuntas |
7 | Ani Puspitasari | P | 55 | Tuntas |
8 | Desi Arizandi | P | 55 | Tuntas |
9 | Khusnul Khotimah | P | 55 | Tuntas |
10 | Kisnadi | L | 55 | Tuntas |
11 | M. Al Hadi Haqqi | L | 55 | Tuntas |
12 | Nur Hasmah | P | 55 | Tuntas |
13 | Syahril | L | 40 | Belum |
14 | Siti Munawaroh | P | 55 | Tuntas |
15 | Sri Watini | P | 55 | Tuntas |
16 | Umi Lailatul Qodariah | P | 40 | Belum |
17 | Emie Rahmawati | P | 40 | Belum |
18 | Rahmat Dirga Rizki | L | 40 | Belum |
Jumlah | 900 | | ||
Rata- rata kelas : | 50,0 | |
Tabel 8
Aktifitas Belajar Siswa Kelas X MA Ma’ariful Ulum Banyuasin
Dengan Pokok Bahasan Keikhlasan dalam Beribadah
No | Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran | Pra Siklus | |
Jumlah Siswa | Keterangan % | ||
1 2 3 | Terlibat Aktif Terlibat Pasif Tidak Terlibat | 10 5 3 | 55 28 17 |
| Jumlah | 18 | 100 |
Keterangan
1. Terlibat aktif artinya siswa memperhatikan dengan sungguh- sungguh, aktif bertanya, dan menjawab pertanyaan dengan benar.
2. Terlibat pasif artinya siswa memperhatikan sungguh- sungguh, tidak bertanya dan menjawab pertanyaan seadanya
3. Tidak terlibat artinya siswa duduk diam saja, tidak mau bertanya maupun menjawab pertanyaan.
Tabel 9
Nilai Siswa Kelas X MA Ma’ariful Ulum Banyuasin
Pada Perbaikan Pembelajaran Siklus I
NO | Nama Siswa | L/P | Nilai Siklus I | Keterangan |
1 | Asrori Agus Latif | L | 70 | Tuntas |
2 | Ambo Assa | L | 50 | Belum |
3 | Abu Naim | L | 60 | Belum |
4 | Atiq Rofi’ah | P | 70 | Tuntas |
5 | Ani Kurniati | P | 70 | Tuntas |
6 | Amelia | P | 70 | Tuntas |
7 | Ani Puspitasari | P | 70 | Tuntas |
8 | Desi Arizandi | P | 70 | Tuntas |
9 | Khusnul Khotimah | P | 70 | Tuntas |
10 | Kisnadi | L | 70 | Tuntas |
11 | M. Al Hadi Haqqi | L | 70 | Tuntas |
12 | Nur Hasmah | P | 70 | Tuntas |
13 | Syahril | L | 60 | Belum |
14 | Siti Munawaroh | P | 70 | Tuntas |
15 | Sri Watini | P | 70 | Tuntas |
16 | Umi Lailatul Qodariah | P | 60 | Belum |
17 | Emie Rahmawati | P | 60 | Belum |
18 | Rahmat Dirga Rizki | L | 50 | Belum |
Jumlah | 1280 | | ||
Rata- rata kelas : | 71, 1 | |
Tabel 10
Aktifitas Belajar Siswa Kelas X MA Ma’ariful Ulum Banyuasin
Dengan Pokok Bahasan Keikhlasan dalam Beribadah Siklus I
No | Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran | Siklus I | |
Jumlah Siswa | Keterangan % | ||
1 2 3 | Terlibat Aktif Terlibat Pasif Tidak Terlibat | 12 4 2 | 67 22 11 |
| Jumlah | 18 | 100 |
Keterangan
1. Terlibat aktif artinya siswa memperhatikan dengan sungguh- sungguh, aktif bertanya, dan menjawab pertanyaan dengan benar.
2. Terlibat pasif artinya siswa memperhatikan sungguh- sungguh, tidak bertanya dan menjawab pertanyaan seadanya
3. Tidak terlibat artinya siswa duduk diam saja, tidak mau bertanya maupun menjawab pertanyaan.
Diagram 3
Aktifitas Belajar Siswa Kelas X MA Ma’ariful Ulum Banyuasin
Dengan Pokok Bahasan Keikhlasan dalam Beribadah Siklus I
Tabel 11
Ketuntasan Belajar
Siswa Kelas X MA Ma’ariful Ulum Banyuasin
Dalam Pembelajaran Al- Qur’an Hadits Siklus I
Nilai rata- rata | Siklus Pembelajaran | |
Pra Siklus | Siklus I | |
50 | 71,1 | |
% Ketuntasan siswa | 55% | 65,6% |
Diagram 4
Ketuntasan Belajar
Siswa Kelas X MA Ma’ariful Ulum Banyuasin
Dalam Pembelajaran Al- Qur’an Hadits Siklus I
d. Refleksi
Berdasarkan hasil pengamatan terhadap proses pembelajaran pada siklus pertama yang dilaksanakan kamis 22 April 2010 , bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus pertama telah terjadi peningkatan. Ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang telah mencapai nilai 70 ke atas ada 12 siswa dengan rata-rata 71,1, angka keaktifan siswa 67% serta ketuntasan belajar 65,6%. Namun hasil ini masih belum maksimal. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang maksimal perlu digunakan metode yang berbeda, yaitu menggunakan metode drill.
2. Siklus II
a. Rencana
Kegiatan pembelajaran siklus II dilaksanakan pada tanggal 29 April 2010 yang bertempat di Madrasah Aliyah (MA) Ma’ariful Ulum Talang Keramat Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, dengan jumlah siswa 18 orang yang terdiri atas 7 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan, dengan pokok bahasan Hadits Nabi tentang ikhlas dengan indikatornya menyimpulkan isi kandungan ayat dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah dengan benar dan menerapkan sikap keikhlasan dalam beribadah menurut Al-Qur’an dan Hadits dalam praktik kehidupan berbangsa dan bermasyarakat menggunakan metode drill. Kegiatan yang dilaksanakan pada siklus II antara lain :
1. Membuat rencana perbaikan pembelajaran II dengan materi Hadits Nabi tentang ikhlas (terlampir).
2. Melatihkan metode drill.
3. Menyiapkan alat evaluasi (terlampir).
4. Menyiapkan lembar observasi siswa (terlampir).
5. Menyiapkan APKG 1 dan APKG 2 (terlampir).
b. Pelaksanaan
Kegiatan pembelajaran dilaksanakan pada tanggal 29 April 2010 dengan pokok bahasan Hadits Nabi tentang ikhlas dengan menggunakan metode drill. Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah:
1. Memberikan apersepsi dan mengajukan pertanyaan tentang keikhlasan beribadah
2. kepada siswa agar mengikuti pelajaran dengan baik
3 Guru menjelaskan materi tentang Hadits Nabi tentang ikhlas melalui metode drill.
4. Guru melakukan observasi terhadap aktifitas siswa.
5. Melakukan evaluasi terhadap hasil belajar siswa.
c. Pengamatan / Pengumpulan Data
Pada tahap ini dilaksanakan pengamatan atau observasi terhadap pelaksanaan perbaikan pembelajaran Al-Qur’an Hadits Siklus 2 tentang keikhlasan dalam beribadah dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan diagram secara berturut-turut di halaman muka selanjutnya.
Tabel 12
Nilai Siswa Kelas X MA Ma’ariful Ulum Banyuasin
Pada Perbaikan Pembelajaran Siklus II
NO | Nama Siswa | L/P | Nilai Siklus II | Keterangan |
1 | Asrori Agus Latif | L | 90 | Tuntas |
2 | Ambo Assa | L | 70 | Tuntas |
3 | Abu Naim | L | 70 | Tuntas |
4 | Atiq Rofi’ah | P | 90 | Tuntas |
5 | Ani Kurniati | P | 80 | Tuntas |
6 | Amelia | P | 80 | Tuntas |
7 | Ani Puspitasari | P | 80 | Tuntas |
8 | Desi Arizandi | P | 70 | Tuntas |
9 | Khusnul Khotimah | P | 70 | Tuntas |
10 | Kisnadi | L | 80 | Tuntas |
11 | M. Al Hadi Haqqi | L | 80 | Tuntas |
12 | Nur Hasmah | P | 80 | Tuntas |
13 | Syahril | L | 70 | Tuntas |
14 | Siti Munawaroh | P | 90 | Tuntas |
15 | Sri Watini | P | 80 | Tuntas |
16 | Umi Lailatul Qodariah | P | 70 | Tuntas |
17 | Emie Rahmawati | P | 80 | Tuntas |
18 | Rahmat Dirga Rizki | L | 70 | Tuntas |
Jumlah | 1400 | | ||
Rata- rata kelas : | 77,7 | |
Tabel 13
Aktifitas Belajar Siswa Kelas X MA Ma’ariful Ulum
Dengan Pokok Bahasan Keikhlasan dalam Beribadah Siklus II
No | Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran | Siklus II | |
Jumlah Siswa | Keterangan % | ||
1 2 3 | Terlibat Aktif Terlibat Pasif Tidak Terlibat | 16 2 0 | 89 11 0 |
| Jumlah | 18 | 100 |
Keterangan
1. Terlibat aktif artinya siswa memperhatikan dengan sungguh- sungguh, aktif bertanya, dan menjawab pertanyaan dengan benar.
2. Terlibat pasif artinya siswa memperhatikan sungguh- sungguh, tidak bertanya dan menjawab pertanyaan seadanya
3. Tidak terlibat artinya siswa duduk diam saja, tidak mau bertanya maupun menjawab pertanyaan.
Diagram 5
Aktifitas Belajar Siswa Kelas X MA Ma’ariful Ulum Banyuasin
Dengan Pokok Bahasan Keikhlasan dalam Beribadah Siklus II
Tabel 14
Ketuntasan Belajar
Siswa Kelas X MA Ma’ariful Ulum Talang Keramat
Dalam Pembelajaran Al- Qur’an Hadits Siklus II
Nilai rata- rata | Siklus Pembelajaran | ||
Pra Siklus | Siklus I | Siklus II | |
50 | 71,1 | 77,7 | |
% Ketuntasan siswa | 55% | 65,6% | 100% |
Diagram 6
Ketuntasan Belajar
Siswa Kelas X MA Ma’ariful Ulum Banyuasin
Dalam Pembelajaran Al- Qur’an Hadits Siklus II
d. Refleksi
Berdasarkan hasil pengamatan terhadap proses pembelajaran pada siklus kedua yang dilaksanakan Kamis tanggal 29 April 2010, bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus kedua sudah terjadi peningkatan kemampuan yang maksimal. Ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang sudah mencapai nilai 75 ke atas sudah 18 siswa dengan rata-rata 77,7, angka keaktifan siswa 89% serta ketuntasan belajar 100%.
B. Hasil
Berdasarkan hasil perbaikan pembelajaran I atau pada siklus I dengan upaya yang dilakukan adalah menggunakan metode tanya jawab, ternyata hasilnya bisa meningkat. Dari jumlah 18 siswa, yang mencapai nilai 70 ke atas sudah 12 siswa dengan angka rata-rata kelas 71,1, keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 67% serta ketuntasan belajar 65,6%.
Pada perbaikan pembelajaran II atau pada siklus II dengan upaya yang dilakukan adalah menggunakan metode drill ternyata telah terjadi peningkatan yang dinilai dari ketuntasan hasil belajar siswa yakni angka rata-rata kelas menjadi 77,7, angka keaktifan siswa 89% serta ketuntasan belajar 100%.
C. Pembahasan
Berdasarkan hasil pengamatan terhadap hasil perbaikan siklus I dengan menggunakan metode tanya jawab, ternyata masih ada beberapa siswa yang mendapat nilai di bawah 70. Dari jumlah keseluruhan 18 siswa dalam perbaikan siklus I masih ada 6 siswa yang nilainya di bawah 70. Ini berarti pembelajaran belum dikatakan berhasil atau dengan kata lain masih mengalami kegagalan.
Sedangkan berdasarkan hasil pengamatan terhadap perbaikan siklus II dengan menggunakan metode drill, tercapai peningkatan maksimal yang ditandai dengan ketuntasan hasil belajar semua siswa yang berjumlah 18 orang. Dengan demikian pelaksanaan penelitian ini dihentikan setelah melalui dua tahap siklus perbaikan pembelajaran.
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil perbaikan pembelajaran yang dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode drill telah mampu meningkatkan kemampuan siswa Kelas X MA Ma’ariful Ulum pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil yang diperoleh siswa selama kegiatan perbaikan pembelajaran yaitu: pada siklus I siswa yang telah memperoleh nilai 70 mencapai 12 siswa dengan angka rata-rata 71,1, angka keaktifan siswa 67% serta ketuntasan belajar 65,6%, pada siklus II siswa yang telah memperoleh nilai 70 ke atas meningkat menjadi 18 siswa dengan rata-rata 77,7, angka keaktifan siswa 89% serta ketuntasan belajar 100%. Dengan demikian target yang diinginkan sudah tercapai dan hasil belajar siswa sudah memuaskan.
B. Saran
Sehubungan dengan kesimpulan di atas, disarankan agar:
1. Para guru sebaiknya menguasai dan mencobakan metode drill ini pada mata pelajaran yang lain, misalnya Bahasa Indonesia dan Matematika.
2. Guru harus dapat menjaga dan membina keterlibatan aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran agar daya serap anak terhadap materi yang diberikan guru menjadi lebih mantap.
3. Guru harus menguasai berbagai kemampuan. Salah satu kemampuan yang harus dikuasai adalah mengembangkan diri secara profesional. Guru tidak hanya dituntut menguasai materi ajar atau mampu menyajikannya secara tepat, tetapi juga dituntut mampu melihat/menilai kinerjanya sendiri. Kemampuan ini berkaitan dengan penelitian, yang dalam konteks ini ruang lingkupnya berada seputar kelas, yakni penelitian di kelas itu sendiri.
4. Berdasarkan pengalaman melaksanakan pelatihan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK), kiranya perlu ada kelompok kerja di antara guru untuk selalu bertukar pikiran dan pengalaman berkenaan dengan masalah dan tugas mengajar sehari-hari.
DAFTAR PUSTAKA
Abyan, Amir, 1995: Perencanaan dan Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta, Dirjen BINBAGAIS dan Universitas Terbuka.
Al- Qaţţān, Khalil, Manna’, 1994: Studi Ilmu-Ilmu Qur’an, Jakarta, Pustaka Litera AntarNusa.
Arikunto, Suharsimi, 2006: Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta.
A.M, Sardiman, 2010: Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, Rajawali Pers.
Arief, Armai, 2002: Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta, Ciputat Pers.
Aqib, Zainal, 2008: Standar Kualifikasi-Kompetensi-Sertifikasi Guru- Kepala Sekolah-Pengawas, Bandung, YRAMA WIDYA.
Aqib, Zainal, 2007: Karya Tulis Ilmiah Bagi Pengembangan Profesi Guru, Bandung, YRAMA WIDYA.
Dimyati dan Mudjiono, 2006: Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta.
Fatimah, Siti, et.al, 2009: Model-Model Pembelajaran SMP/SMA, Palembang, Panitia Sertifikasi Guru dalam Jabatan Rayon 4 Universitas Sriwijaya.
Hamalik, Oemar, 2003: Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta, Bumi Aksara.
Hasan, M. Ali, 1997: Agama Islam, Jakarta, Dirjen BINBAGAIS dan Universitas Terbuka.
Hawi, Akmal, 2008: Kompetensi Guru PAI, Palembang, P3RF.
Ibnu Muhammad Al-Jarjani, Ali, 1988: At-Ta’riifaat, Beirut, Darul Kutub Al-‘Ilmiyah.
Kartikawati, Etty dan Lusikooy, Willem, 1994: Profesi Keguruan, Jakarta, Dirjen BINBAGAIS dan Universitas Terbuka.
Mansyur, 1995: Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Dirjen BINBAGAIS dan Universitas Terbuka.
Matsna, Moh, 2008: Pendidikan Agama Islam; Al-Qur’an Hadits kelas X Madrasah Aliyah, Semarang, Karya Toha Putra.
Najati, Utsman, Muhammad, 2005: Psikologi dalam Al-Quran; Terapi Qurani dalam Penyembuhan Gangguan Kejiwaan (terj), Bandung, Pustaka Setia.
Nasution, S, 2008: Berbagai Pendekatan dalam PROSES Belajar Dan Mengajar, Jakarta, Bumi Aksara.
Nugroho, Sigit, 2008: Dasar-Dasar Metode Statistika, Jakarta, GRASINDO.
Ramayulius, 2008: Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia.
Sakni, Ridwan, 2009: Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan, Palembang, P3RF.
Singarimbun, Masri, 1995: Metode Penelitian Survai, Jakarta, LP3ES.
Subana, et. al, 2008: Statistik Pendidikan, Bandung, Pustaka Setia.
Uno, Hamzah B, 2009: Perencanaan Pengajaran, Jakarta, Bumi Aksara.
Vembriarto, St. Dkk, 1994: KAMUS PENDIDIKAN, Jakarta, Grasindo.
Wardhani, IGA K, dkk, 2007: Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Universitas Terbuka.
Jurnal Quantum, Vol.4 No.3, September-Desember 2009: Jurnal Madrasah dan Pendidikan Agama Islam, Seri : Memperbaiki Mutu Pembelajaran Melalui Penelitian Tindakan Kelas, Palembang, Madrasah Development Centre (MDC) SUMSEL.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar