Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Rabu, 08 Juni 2011

RPP_AQIDAHAKHLAK_MTS_IXSMS2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
AQIDAH AKHLAK MTs MASDARUL ULUM
KABUPATEN OGAN ILIR

Satuan Pendidikan: Madrasah Tsanawiyah [MTs]
Mata Pelajaran       : AQIDAH AKHLAK
Kelas/ Semester      : IX/ II
Sekolah/Madrasah: MTs Masdarul Ulum
Waktu                        : 2 x 40 menit
Pertemuan Ke         :

Standar Kompetensi         
4.   Meningkatkan keimanan kepada  qada dan qadar

Kompetensi Dasar 
4. 1. Menjelaskan pengertian beriman kepada qada dan qadar

Indikator
o Menjelaskan pengertian beriman kepada qada dan qadar
o Menjelaskan hubungan antara qada dan qadar dengan ikhtiar

I.       Materi Pokok
o A. Qada dan Qadar
o Pengertian Qada dan Qadar
o Hubungan antara Qada dan Qadar
o Kewajiban Beriman kepada Qada dan Qadar.
o B. Hubungan antara Qada dan Qadar dengan Ikhtiar.

II.    Metode
§   Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§   Tanya jawab tentang beriman kepada hari akhir yang siswa ketahui
§   Diskusi

III. Langkah-langkah Pembelajaran:    

No
Uraian Kegiatan
Waktu

1

Tujuan Pembelajaran :
§         Siswa dapat menjelaskan pengertian beriman kepada qada dan qadar
§         Siswa dapat menjelaskan hubungan antara qada dan qadar dengan ikhtiar

Kegiatan awal :
Apersepsi :
Memberikan pertanyaan seputar beriman kepada qada dan qadar

Motivasi :
Memberikan informasi tentang beriman kepada qada dan qadar
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Rukun Iman”. *[optional]

Lagu Rukun Iman (Lirik Tombo Ati)
Rukun iman
Itu enam perkaranya
Yang pertama bawa Allah Mahaesa
Yang kedua
Hafal juga malaikat-Nya
Yang ketiga
Faham pula kitab  suci-Nya
Yang keempat
Hafal juga para nabi- Nya
Yang kelima
Ingat akan hari akhir
Yang keenam
Ikhlas faham taqdir  Yang Kuasa
Moga-moga hidup kita dirahmati


10  menit

2

Kegiatan inti :
§         Siswa membaca literatur tentang beriman kepada qada dan qadar (fase eksplorasi)
§         Bertanya jawab tentang kalimat beriman kepada qada dan qadar (fase eksplorasi)
§         Siswa diminta berdiskusi :  menjelaskan hubungan antara qada dan qadar dengan ikhtiar (fase elaborasi)
§         Siswa memaparkan hasil diskusinya (fase elaborasi)
§         Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)

60 Menit

3

Kegiatan akhir :
§         Tanya jawab tentang Kalimat beriman kepada qada dan qadar
§         Guru memberikan tugas untuk menghafal salah satu ayat yang berhubungan dengan kalimat beriman kepada qada dan qadar sebagai pengamalan


10 menit
                *pesan [optional] berarti boleh dilakukan ataupun tidak.

IV.  Alat dan Sumber Belajar:
§   buku teks (Pendidikan Agama Islam AQIDAH AKHLAK_MTs Kelas IX, Semarang: Karya Toha Putra, 2008), Hal.60-62.
§   Software Al-Qur’an in word ver. 1.3, Mohamad Taufiq, http://www.geocities.com/mtaufiq.rm/quran.html.
§   Software Hadits An Nabawi Asy Syarif Ash Shihhah was Sunan wal Masaanid, http://www.islamspirit.com

V.     Penilaian:
            (kognitif dan afektif)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian

KKM
Contoh Instrumen

§ Menjelaskan pengertian beriman kepada qada dan qadar
§ Menjelaskan hubungan qada dan qadar dengan ikhtiar

Tes tulis

Tes lisan


Isian

Uraian

65

§  Arti qada menurut bahasa adalah ....
§ Jelaskan pengertian qadar secara istilah!


                                                                                                                                                                                                Ogan Ilir, 24 Januari 2011
Mengetahui,
Kepala MTs Masdarul Ulum                                                 Guru PAI




(Khairiyatul Fadhilah, S.Pd.I)                                         (Sukmawati, S.Pd.I)
NIP.                                                                                         NIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar