Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Rabu, 15 Juni 2011

RPP_Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       :   SDN ANTAH BERANTAH
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester           :   Vl (Enam)/(Satu)
Standar Kompetesi     :   1.     Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam permainan  sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar      :   1.1   Mempraktikan gerak dasar salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi,serta nilai kerjasama,sportifitas,dan kejujuran**)
Alokasi Waktu           :   8 x 35 menit (4 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran
§         Siswa dapat memahami sejarah dan peralatan tennis meja.
§         Siswa dapat  melakuakn latihandasar tennis meja.
§         Siswa dapat bermain tennis meja dengan control dan koordinasi yang baik.

v     Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

B.    Materi Pembelajaran
§         Sejarah dan alat tennis meja.
§         Latihan dasar tennis meja.
§         Cara bermain dengan peraturan sederhana.

C.    Metode Pembelajaran.
§         Ceramah,demontrasi,penugasan,latihan dan Tanya jawab.

D.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F     Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan inti
  • Kegiatan Inti:
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     penjelasan pengertian dan sejarah tennis meja
F     pengenalan alat tennis meja
F     melakukan latihan dasar tenis meja.
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F     pendinginan, evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas, baris, doa dan pasukan dibubarkan.

Pertemuan ll
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F     Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan inti
  • Kegiatan Inti:
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     memantul-mantulkan bola dengan dimodifikasi
F     mendemontrasikan sikap sedia yang benar.
F     melakukan gerakan servis denagn tehnik yang benar.
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F     pendinginan, evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas, baris, doa dan pasukan dibubarkan.

Pertemuan lll
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F     Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan inti
  • Kegiatan Inti:
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     mengulangi gerakan servis yang dimodifikasi.
F     melakukan gerakan menerima bola servis.
F     melakuakn gerakan smash denagn tehnik yang benar.
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F     pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.

Pertemuan  Vl
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F     Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan inti
  • Kegiatan Inti:
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     bermain tennis meja  dengan peraturan sederhana dan dimodifikasi.
F     melakuakn penilaian
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F     pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan          dibubarkan.

E.     Sumber Belajar
§         Buku Penjasorkes kls Vl, hal 2-3
§         Buku referensi tennis meja

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Pembagian pemain   berdasarkan kelompok
·   Sejarah tennis meja 
·     Melakukan gerakan: -cara memegang bad
·   Memantul-mantulkan bola dengan control dan koordinasi yang baik.
·   Bermain tennis meja dengan peraturan yang sederhana atau modifikasi
- test

(perorangan)
- Test  Ketrampilan
Lakukan/peragakan gerakan :
1.  Memantul-memantulkan bola
2.  Memegang bad
3.  Posisi badan/siap sedia
4.  Memukul bola
5.  Menyemash/smash
6.  Service bola
(Dengan kontrol dan koodinasi yang baik)


§         Rubrik Penilaian
                                Unjuk kerja permainan tennis meja:      
   
Aspek yang dinilai
Kualitas gerak
1
2
3
4
1.Cara pegang bad
2.Sikap siap sedia
3.Memantul-mantulkan bola
4.Melakukan servis
5.Menerima servis melakukan smash
6.Bermain tennis meja dengan peraturan sederhana dan  dimodifikasi.




 Jumlah       




 Jumlah skor minimal:


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@    Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                     

        Mengetahui                                                   ............, ......................20 ...
Kepala Sekolah                                              Guru Mapel PJOK.


        ..................................                                  ..................................
NIP                                                               NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar