RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN ANTAH BERANTAH
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : Vl (Enam)/(Satu)
Standar Kompetesi : 1. Mempraktikan berbagai gerak dasar kedalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mempraktikan gerak dasar salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi,serta nilai kerjasama,sportifitas,dan kejujuran**)
Alokasi Waktu : 8 x 35 menit (4 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat memahami sejarah dan peralatan tennis meja.
§ Siswa dapat melakuakn latihandasar tennis meja.
§ Siswa dapat bermain tennis meja dengan control dan koordinasi yang baik.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
B. Materi Pembelajaran
§ Sejarah dan alat tennis meja.
§ Latihan dasar tennis meja.
§ Cara bermain dengan peraturan sederhana.
C. Metode Pembelajaran.
§ Ceramah,demontrasi,penugasan,latihan dan Tanya jawab.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
- Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan inti
- Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F penjelasan pengertian dan sejarah tennis meja
F pengenalan alat tennis meja
F melakukan latihan dasar tenis meja.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan, evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas, baris, doa dan pasukan dibubarkan.
Pertemuan ll
- Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan inti
- Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F memantul-mantulkan bola dengan dimodifikasi
F mendemontrasikan sikap sedia yang benar.
F melakukan gerakan servis denagn tehnik yang benar.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan, evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas, baris, doa dan pasukan dibubarkan.
Pertemuan lll
- Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan inti
- Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mengulangi gerakan servis yang dimodifikasi.
F melakukan gerakan menerima bola servis.
F melakuakn gerakan smash denagn tehnik yang benar.
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan dibubarkan.
Pertemuan Vl
- Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan inti
- Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F bermain tennis meja dengan peraturan sederhana dan dimodifikasi.
F melakuakn penilaian
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F pendinginan ,evaluasi proses pembelajaran, pemberian tugas,baris,doa dan pasukan dibubarkan.
E. Sumber Belajar
§ Buku Penjasorkes kls Vl, hal 2-3
§ Buku referensi tennis meja
F. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
· Pembagian pemain berdasarkan kelompok · Sejarah tennis meja · Melakukan gerakan: -cara memegang bad · Memantul-mantulkan bola dengan control dan koordinasi yang baik. · Bermain tennis meja dengan peraturan yang sederhana atau modifikasi | - test (perorangan) | - Test Ketrampilan | Lakukan/peragakan gerakan : 1. Memantul-memantulkan bola 2. Memegang bad 3. Posisi badan/siap sedia 4. Memukul bola 5. Menyemash/smash 6. Service bola (Dengan kontrol dan koodinasi yang baik) |
§ Rubrik Penilaian
Unjuk kerja permainan tennis meja:
Aspek yang dinilai | Kualitas gerak | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1.Cara pegang bad 2.Sikap siap sedia 3.Memantul-mantulkan bola 4.Melakukan servis 5.Menerima servis melakukan smash 6.Bermain tennis meja dengan peraturan sederhana dan dimodifikasi. | | | | |
Jumlah | | | | |
Jumlah skor minimal: | |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui ............, ......................20 ...
Kepala Sekolah Guru Mapel PJOK.
.................................. ..................................
NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar