Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana, untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar | 1.1 Menjelaskan makna percakapan transaksional/ interpersonal lisan yang sangat sederhana 1.2 Merespon percakapan transaksional/ interpersonal lisan secara lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa; meminta, memberi, menolak barang; menawarkan/menerima/menolak sesuatu; meminta, memberi persetujuan; memberi perhatian terhadap pembicara |
2. Memahami makna teks lisan fungsional dan monolog pendek dan sederhana yang berbentuk narrative dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar | 2.1 Menjelaskan makna dalam teks lisan fungsional pendek (misalnya undangan, pesan singkat, pengumuman) sederhana 2.2 Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang berbentuk narrative dan recount |
Berbicara 3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional lisan sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar | 3.1 Menirukan percakapan transaksional sederhana 3.2 Menggunakan percakapan transaksional lisan secara lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa; meminta, memberi, menolak barang; menawarkan sesuatu; meminta, memberi persetujuan; memberi perhatian terhadap pembicara |
4. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar | 4.1 Menirukan teks lisan fungsional pendek (misalnya undangan, pesan singkat, pengumuman) sederhana dengan lancar dan berterima dalam ragam bahasa lisan 4.2 Menggunakan makna yang terdapat dalam teks monolog sangat sederhana yang berbentuk recount dan narrative |
Membaca 5. Memahami makna teks tulis fungsional monolog/ esei pendek dan sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar | 5.1 Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan monolog/esei berbentuk recount dan narrative pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima 5.2 Merespon makna dan langkah retorika secara lancar dan berterima dalam teks tulis sederhana berbentuk recount dan narrative |
Menulis 6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek dan sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar | 6.1 Melafalkan teks tulis fungsional dan monolog/ esei pendek dan sederhana 6.2 Menggunakan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya undangan, pesan singkat, pengumuman, notices) sederhana secara lancar dan berterima |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 7. Memahami makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana, untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar | 7.1 Menjelaskan makna percakapan transaksional/ interpersonal lisan yang sangat sederhana 7.2 Merespon percakapan transaksional/interpersonal lisan secara lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi dan mengingkari informasi; meminta, memberi, dan menolak pendapat; merespon pernyataan; mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan; mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon |
8. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek dan sederhana yang berbentuk narrative dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar | 8.1 Menjelaskan makna dalam teks lisan fungsional pendek (misalnya undangan, pesan singkat, pengumuman) sederhana 8.2 Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang berbentuk narrative dan recount |
Berbicara 9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional lisan sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar | 9.1 Menirukan percakapan transaksional lisan sederhana 9.2 Menggunakan ragam bahasa lisan terutama dalam percakapan transaksional/interpersonal sederhana secara lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi dan mengingkari informasi; meminta, memberi, dan menolak pendapat; merespon pernyataan; mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan; mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon |
10. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar | 10.1 Menirukan teks lisan fungsional pendek (misalnya undangan, pesan singkat, pengumuman) sederhana dengan lancar dan berterima dalam ragam bahasa lisan 10.2 Menggunakan makna yang terdapat dalam teks monolog sangat sederhana yang berbentuk recount dan narrative |
Membaca 11. Memahami makna teks fungsional dan monolog/esei pendek dan sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar | 11.1 Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan monolog/esei berbentuk recount dan narrative pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima 11.2 Merespon makna dan langkah retorika secara lancar dan berterima dalam teks tulis sederhana berbentuk recount dan narrative |
Menulis 12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek dan sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar | 12.1 Melafalkan teks tulis fungsional dan monolog/ esei pendek sederhana 12.2 Menggunakan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya undangan, pesan singkat, pengumuman, notices) sederhana secara lancar dan berterima |
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan dalam konteks kehidupan sehari-hari | 1.1 Menjelaskan makna percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana dengan menggunakan bahasa sendiri 1.2 Merespon percakapan transaksional/interpersonal lisan secara lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian; mengungkapkan dan menanggapi keraguan; meminta pengulangan |
2. Memahami makna teks lisan fungsional dan monolog sederhana pendek berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 2.1 Menjelaskan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog sederhana 2.2 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional dan monolog sederhana pendek (misalnya Pesan singkat, iklan, pengumuman) |
Berbicara 3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan dalam konteks kehidupan sehari-hari | 3.1 Menirukan percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana 3.2 Menggunakan ragam bahasa lisan terutama percakapan transaksional/interpersonal pendek sederhana secara lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian; mengungkapkan dan menanggapi keraguan; meminta pengulangan |
4. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 4.1 Menirukan teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana 4.2 Menggunakan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pesan singkat, pengumuman.) secara lancar dan berterima dalam ragam bahasa lisan |
Membaca 5. Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/ esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 5.1 Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan monolog/esei berbentuk procedure dan report pendek sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima 5.2 Merespon makna dan langkah retorika secara lancar dan berterima dalam teks tulis sederhana berbentuk procedure dan report |
Menulis 6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/ esei pendek yang berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 6.1 Melafalkan teks tulis fungsional dan monolog/ esei pendek 6.2 Menggunakan teks tulis fungsional pendek sederhana (misalnya surat pribadi, iklan, brosur, pengumuman ) secara lancar dan berterima |
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 7. Memahami makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan dalam konteks kehidupan sehari-hari | 7.1 Menjelaskan makna percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana 7.2 Merespon percakapan transaksional/interpersonal lisan secara lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur menunjukkan perhatian dan menyatakan kekaguman |
8. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog sederhana pendek berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 8.1 Menjelaskan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog sederhana 8.2 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pesan singkat, iklan, pengumuman) |
Berbicara 9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan dalam konteks kehidupan sehari-hari | 9.1 Menirukan percakapan transaksional/interpersonal lisan sederhana 9.2 Menggunakan ragam bahasa lisan terutama percakapan transaksional/interpersonal pendek sederhana secara lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur menunjukkan perhatian dan menyatakan kekaguman |
10 Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk proceduredan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 10.1 Menirukan teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana 10.2 Menggunakan dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pesan singkat, pengumuman) secara lancar dan berterima dalam ragam bahasa lisan |
Membaca 11. Memahami makna teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 11.1 Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan monolog/esei berbentuk procedure dan report pendek sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima 11.2 Merespon makna dan langkah retorika secara lancar dan berterima dalam teks tulis sederhana berbentuk procedure dan report |
Menulis 12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek yang berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 12.1 Melafalkan teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek 12.2 Menggunakan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana (misalnya surat pribadi, iklan, brosur, pengumuman) secara lancar dan berterima |
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 1.1 Menjelaskan makna dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan 1.2 Merespon percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana secara lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan dan memberi berita yang menarik perhatian |
2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 2.1 Menjelaskan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya Surat pribadi, iklan) 2.2 Merespon makna yang terdapat dalam teks monolog pendek sederhana yang berbentuk Narrative dan report |
Berbicara 3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 3.1 Menirukan percakapan transaksional/ interpersonal lisan dan monolog pendek sederhana 3.2 Menggunakan dalam ragam bahasa lisan terutama percakapan transaksional/ interpersonal lisan pendek sederhana secara lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan dan memberi berita yang menarik perhatian |
4. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 4.1 Menirukan teks fungsional lisan pendek sederhana (misalnya Pengumuman, pesan-pesan lisan) secara lancar dan berterima dalam ragam bahasa lisan 4.2 Menggunakan makna dalam teks monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report |
Membaca 5. Memahami makna dalam teks tulis fungsional monolog/esei tulis pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 5.1 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya surat pribadi, iklan, brosur, pengumuman) secara lancar dan berterima 5.2 Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan monolog/esei berbentuk narrative dan report pendek sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima |
Menulis 6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek yang berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 6.1 Menirukan dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek 6.2 Menggunakan makna dalam dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya Surat pribadi, iklan, brosur, pengumuman, undangan) secara lancar dan berterima |
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 7. Memahami makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 7.1 Menjelaskan percakapan transaksional/ interpersonal lisan 7.2 Merespon percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana secara lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur memberi komentar terhadap berita |
8. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 8.1 Menjelaskan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya surat pribadi, iklan) 8.2 Merespon makna yang terdapat dalam teks monolog pendek sederhana yang berbentuk narrative dan report |
Berbicara 9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 9.1 Menirukan percakapan transaksional/ interpersonal lisan dan monolog pendek sederhana 9.2 Menggunakan ragam bahasa lisan terutama percakapan transaksional/interpersonal lisan pendek sederhana secara lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur memberi komentar terhadap berita |
10. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 10.1 Menjelaskan makna dalam teks fungsional lisan pendek sederhana (misalnya pengumuman, pesan-pesan lisan) secara lancar dan berterima dalam ragam bahasa lisan 10.2 Menggunakan teks monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report |
Membaca 11. Memahami makna dalam teks monolog/esei tulis pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 11.1 Menjelaskan makna teks fungsional dan monolog/esei berbentuk narrative dan report pendek sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima 11.2 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya surat pribadi, iklan, brosur, pengumuman) secara lancar dan berterima |
Menulis 12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/esai pendek yang berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari | 12.1 Menjelaskan ungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek 12.2 Menggunakan teks tulis fungsional pendek (misalnya surat pribadi, iklan, brosur, pengumuman,undangan) secara lancar dan berterima |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar