BEBERAPA KATA KERJA OPERASIONAL (KKO) YANG HARUS DIPAHAMI OLEH GURU/PENDIDIK DALAM MENYUSUN INDIKATOR PEMBELAJARAN
Tabel 1: Tingkat Kompetensi Kata Kerja Operasional
No | Klasifikasi Tingkat Kompetensi | Kaka Kerja Operasional yang digunakan |
1 | Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval) | 1. Mendeskripsikan (describe) 2. Menyebutkan kembali (recall) 3. Melengkapi (complete) 4. Mendaftar (list) 5. Mendefinisikan (define) 6. Menghitung (count) 7. Mengidentifikasi (identify) 8. Menceritakan (recite) 9. Menamai (name) |
2 | Memproses (processing) | 1. Mensintesis (synthesize) 2. Mengelompokkan (group) 3. Menjelaskan (explain) 4. Mengorganisasikan (organize) 5. Meneliti/melakukan eksperimen (experiment) 6. Menganalogikan (make analogies) 7. Mengurutkan (squence) 8. Mengkategorikan (categorize) 9. Menganalisis (analyze) 10. Membandingkan (compare) 11. Mengkalisifikasi (classify) 12. Menghubungkan (relate) 13. Membedakan (distinguish) 14. Mengungkapkan sebab (state causality) |
3 | Menerapkan dan mengevaluasi (implementation and evaluation) | 1. Menerapkan suatu prinsip (applying a principle) 2. Membuat model (model building) 3. Mengevaluasi (evaluating) 4. Merencanakan (planning) 5. Memperhitungkan/meramalkan kemungkinan (extrapolating) 6. Memprediksi (predicting) 7. Menduga/mengemukakan pendapat/mengambil kesimpulan (inferring) 8. Meramalkan kejadian alam/sesuatu (forecasting) 9. Menggeneralisasikan (generalizing) 10. Mempertimbangkan/memikirkan kemungkinan-kemungkinan (speculating) 11. Membayangkan/menkhayalkan/mengimajinasikan) 12. Merancang (designing) 13. Menciptakan (creating) 14. Menduga/membuat dugaan/kesimpulan awal |
Tabel 2: KKO RANAH KOGNITIF, by B.Bloom, dkk:1956
Pengetahuan (C.1) | Pemahaman (C.2) | Penerapan (C.3) | Analisis (C.4) | Sintesis (C.5) | Evaluasi (C.6) |
Mengutip; Menyebutkan; Menjelaskan; Menggambar; Mengidentifikasi; Membilang; Mendaftar; Menunjukkan; Memberi indeks; Memberi label; Menamai; Memasangkan; Menandai; Menamai; Membaca; Menyadari; Menghafal; Meniru; Mereproduksi; Mengulang; Mencatat; Meninjau; Memilih; Menyatakan; Mempelajari; Mentabulasi; Memberi kode; Menelusuri; Menulis. | Memperkirakan; Menjelaskan; Mengkategorikan; Mencirikan; Mengasosiasikan Membandingkan; Menghitung; Mengkontraskan; Mengubah; Mempertahankan; Menjalin; Mengonstruksikan; Menguraikan; Membedakan; Mendiskusikan; Menggali; Merangkum; Mencontohkan; Mempolakan Menerangkan; Mengemukakan; Menyimpulkan; Memperluas; Menjabarkan. | Menugaskan; Mengurutkan; Menentukan; Menerapkan; Menyesuaikan; Mengkalkulasi; Memodifikasi; Menghitung; Membangun; Menyusun; Mengklasifikasi; Membiasakan; Mencegah; Menentukan; Menggunakan; Menggambarkan Menilai; Melatih; Mengemukakan; Mengoperasikan; Mengkonsepkan Menggali; Mengadaptasi; Menyelidiki; Mempersoalkan; Mengoperasikan Melaksanakan; Memproses; Mengaitkan; Memecahkan; Mensimulasikan Melakukan; Mentabulasi; Meramalkan. | Menganalisis; Mengaudit; Memecahkan; Menegaskan; Mendiagnosis; Mendeteksi; Menyeleksi; Merinci; Menominasikan; Mendiagramkan; Mengkorelasikan Merasionalkan; Menguji; Mencerahkan; Menjelajah; Membagankan; Menyimpulkan; Menemukan; Memaksimalkan; Menelaah; Mengaitkan; Memerintahkan; Memilih; Melatih; Mengedit; Mentransfer. | Mengabstraksi; Mangatur; Menganimasi; Mengumpulkan; Menciptakan; Mengategorikan; Mengode; Mengarang; Menyusun; Membangun; Menanggulangi; Mengombinasikan; Menghubungkan; Mengkreasikan; Merencanakan; Menciptakan; Mengoreksi; Merancang; Meningkatkan; Memfasilitasi; Mendikte; Memperjelas; Membentuk; Merumuskan; Menggeneralisasi; Menggabungkan; Memadukan; Membatas; Mereparasi; Menampilkan; Memproduksi; Menyiapkan; Merekonstruksi. | Membandingkan; Menyimpulkan; Menilai; Mengarahkan; Mengritik; Memvalidasi; Menimbang; Memutuskan; Memisahkan; Memprediksi; Memperjelas; Menafsirkan; Mempertahankan; Memilih; Memerincikan; Membuktikan; Mendukung; Mengetes; Memproyeksikan. |
1. Knowledge, Kemampuan mengingat (misalnya: nama ibu kota, rumus).
2. Comprehension, Kemampuan memahami (misalnya: menyimpulkan suatu paragraf).
3. Application, Kemampuan Penerapan (Misalnya: menggunakan suatu informasi/ pengetahuan yang diperolehnya untuk memecahkan masalah).
4. Analysis, Kemampuan menganalisis suatu informasi yang luas menjadi bagian-bagian kecil (Misalnya: menganalisis bentuk, jenis atau arti suatu puisi).
5. Synthesis, Kemampuan menggabungkan beberapa informasi menjadi suatu kesimpulan (misalnya: memformulasikan hasil penelitian di laboratorium).
6. Evaluation, Kemampuan mempertimbangkan mana yang baik dan mana yang buruk dan memutuskan untuk mengambil tindakan tertentu.
*)Untuk penyusunan soal, sesuai dengan indikator yang telah disusun dalam silabus, hendaknya memiliki tingkat berpikirdari menengah sampai tinggi.
TABEL 3 : KKO RANAH AFEKTIF
Menerima A.1 | Menanggapi A.2 | Menilai A.3 | Mengelola A.4 | Menghayati A.5 |
Memilih Mempertanyakan Mengikuti Memberi Menganut Mematuhi Meminati | Menjawab Membantu Mengajukan Mengompromikan Menyenangi Menyambut Mendukung Menyetujui Menampilkan Melaporkan Memilih Mengatakan Memilah Menolak | Mengasumsikan Meyakini Melengkapi Meyakinakn Memperjelas Memprakarsai Mengimani Mengundang Menggabungkan Mengusulkan Menekankan Menyumbang | Menganut Mengubah Menata Mengklasifikasikan Mengombinasikan Mempertahankan Membangun Membentuk pendapat Memadukan Mengelola Menegosiasi Merembuk | Mengubah prilaku Berakhlak mulia Mempengaruhi Mendengarkan Mengkualifikasi Melayani Menunjukkan Membuktikan Memecahkan |
TABEL 4: KKO RANAH PSIKOMOTORIK
PENIRUAN (P.1) | MANIPULASI (P.2) | ARTIKULASI (P.3) | PENGALAMAN (P.4) |
Mengaktifkan; Menyesuaikan; Menggabungkan; Melamar; Mengatur; Mengumpulkan; Menimbang; Mengonstruksikan; Memperkecil; Membangun; Mengubah; Membersihkan; Memposisikan. | Mengoreksi; Mendemonstrasikan; Merancang; Mencampur; Memilah; Melatih; Memperbaiki; Membuat; Menempatkan; Mengidentifikasikan; Mengisi; Memanipulasi; Mereparasi. | Mengalihkan; Mengemas; Memutar; Menarik; Mendorong; Memindahkan; Mengirim; Memproduksi; Mengoperasikan; Mencampur; Membungkus; Menggantikan. | Mengalihkan; Mempertajam; Membentuk; Memadankan; Menggunakan; Memulai; Menyetir; Menempel; Menimbang; Menseketsa; Melonggarkan; Menjeniskan. |
Tabel 5: KKO, COGNITIF by Anderson & Krathwohle:2001
Mengingat (Remember) C.1 | Mengerti (Understand) C.2 | Menerapkan (Apply) C.3 | Menguraikan (Analyze) C.4 | Menilai (Evaluate) C.5 | Mencipta (Create) C.6 |
Mengenal/ identifikasi Menghafal/ telusuri | Interpretasi Eksemplifikasi Klasifikasi Merangkum Inferensi Komparasi Eksplanasi | Melaksanakan Implementasi | Diferensiasi Organisasi Dekonstruksi | Mengecek Mengkritik | Menurunkan/berhipotesis Merencanakan Menghasilkan/membangun |
KATEGORI PROSES | CONTOH |
Remember | (Memanggil pengetahuan relevan dari memori jangka panjang) Mengenal tanggal penting tertent, Menghafal tanggal penting tertentu |
Understand | (Membangun makna dari pesan pembelajaran) Mengubah bentuk penyajian, klasifikasi, translasi Menemukan contoh spesifik, ilustras. Mengelompokkan, mengkategorikan Berabstraksi, generalisas. Menyimpulkan, interpolasi, ekstrapolasi, prediksi Mengontraskan, memetakan, mencocokka. Membangun hub. sebab akibat |
Apply | (Menggunakan prosedur pada situasi tertentu.Menerapkan suatu prosedur pada tugas umum.Menggunakan suatu prosedur pada tugas khusus |
Analyze | (Menguraikan bagian-bagian tertentu dan menentukan hubungan-hubungannya. Membedakan, memfokuskan, menyeleksi. Memadukan, menentukan, membuat struktur. Menetapkan bias/pandangan/nilai/perhatian |
Evaluate | (Membuat pertimbangan berdasarkan criteria dan standar) mengkoordinasikan, memonitor, menguji. Menimbang/ mempertimbangkan |
Create | (Memasang unsure-unsur untuk membentuk kesatuan yang fungsional; mereorganisasi bagian-bagian pola/ struktur baru). Mengusulkan hipotesis berdasarkan criteria. Menyusun prosedur untuk melengkapi tugas Menemukan suatu produk |
KARAKTERISTIK PENILAIAN KELOMPOK MATA PELAJARAN
KELOMPOK MAPEL | MATA PELAJARAN | ASPEK YANG DINILAI |
1. Agama dan Ahlak Mulia | Pendidikan Agama | Afektif dan Kognitif |
2. Kewarganegaraan dan Kepribadian | Pendidikan Kewarganegaraan | Kognitif dan Afektif |
3. Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan | Psikomotorik, Afektif dan Kognitif |
4. Estetika | Seni Budaya | Afektif dan Psikomotorik |
5. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi | Matematika, IPA, IPS, Bahasa dan TIK | Kognitif, Afektif dan/atau Psikomotorik sesuai karakter mata pelajaran |
informasi pembelajaran lebih dilengkapi
BalasHapusSyukron, terimakasih atas masukannya,btw jenis informasi pembelajaran apa yang akan ditindak lanjuti.
Hapuskata kerja yang untuk anderson ada gak?
BalasHapus