Kelas VII, Semester I
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Al-Qur’an 1. Menerapkan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah | 1.1 Menjelaskan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah 1.2 Membedakan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah 1.3 Menerapkan bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar |
Aqidah 2. Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT melalui pemahaman sifat-sifatNya | 2.1 Membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah 2.2 Menyebutkan arti ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT 2.3 Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah SWT 2.4 Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT |
3. Memahami Asmaul Husna | 3.1 Menyebutkan arti ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna 3.2 Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna |
Akhlak 4. Membiasakan perilaku terpuji | 4.1 Menjelaskan pengertian tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar 4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar 4.3 Membiasakan perilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Fiqih 5. Memahami ketentuan – ketentuan thaharah (bersuci) | 5.1 Menjelaskan ketentuan –ketentuan mandi wajib 5.2 Menjelaskan perbedaan hadas dan najis |
6. Memahami tatacara shalat | 6.1 Menjelaskan ketentuan –ketentuan shalat wajib 6.2 Memperaktikkan shalat wajib |
7. Memahami tatacara shalat jamaah dan munfarid (sendiri) | 7.1 Menjelaskan pengertian shalat jama’ah dan munfarid 7.2 Memperaktikkan shalat jama’ah dan shalat munfarid |
Tarikh dan kebudayaan Islam 8. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW | 8.1 Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW 8.2 Menjelaskan misi nabi Muhammad untuk semua manusia dan bangsa |
Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Al-Qur’an 9. Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati | 9.1 Menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati 9.2 Membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati 9.3 Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar. |
Aqidah 10. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat | 10.1 Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat 10.2 Menjelaskan tugas-tugas Malaikat |
Akhlak 11. Membiasakan perilaku terpuji | 11.1 Menjelaskan arti kerja keras, tekun, ulet dan teliti 11.2 Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti 11.3 Membiasakan perilaku kerja keras, ulet, tekun dan teliti |
Fiqih 12. Memahami tatacara shalat Jum’at | 12.1 Menjelaskan ketentuan – ketentuan shalat jum’at 12.2 Mempraktekkan shalat jum’at |
13. Memahami tatacara shalat jama’ dan qashar | 13.1 Menjelaskan shalat jama’ dan qashar 13.2 Mempraktekkan shalat jama’ dan qashar |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Tarikh dan Kebudayaan Islam 14. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW | 14.1 Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat 14.2 Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat 14.3 Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah |
Kelas VIII, Semester I
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Al-Qur’an 1. Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra | 1.1 Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah dan Ra 1.2 Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar. |
Aqidah 2. Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah | 2.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah 2.2 Menyebutkan nama Kitab-kitab Allah SWT yang di turunkan kepada para Rasul 2.3 Menampilkan sikap mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah |
Akhlak 3. Membiasakan perilaku terpuji | 3.1 Menjelaskan pengertian zuhud dan tawakkal 3.2 Menampilkan contoh perilaku zuhud dan tawakkal 3.3 Membiasakan perilaku zuhud dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari. |
4. Menghindari perilaku tercela | 4.1 Menjelaskan pengertian ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah 4.2 Menyebutkan contoh - contoh perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah 4.3 Menghindari perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah dalam kehidupan sehari-hari. |
Fiqih 5. Mengenal tatacara shalat sunnat | 5.1 Menjelaskan ketentuan shalat sunnat rawatib 5.2 Memperaktikkan shalat sunnat rawatib |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
6. Memahami macam-macam sujud | 6.1 Menjelaskan pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah 6.2 Menjelaskan tatacara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah 6.3 Memperaktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah |
7. Memahami tatacara puasa | 7.1 Menjelaskan ketentuan puasa wajib 7.2 Memperaktekkan puasa wajib 7.3 Menjelaskan ketentuan puasa sunnah Senin – Kamis, Syawal, dan Arafah 7.4 Memperaktikkan puasa sunnah Senin – Kamis, Syawal, dan Arafah |
8. Memahami zakat | 8.1 Menjelaskan pengertian zakat fitrah dan zakat mal 8.2 Membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal 8.3 Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal 8.4 Memperaktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal |
Tarikh dan Kebudayaan Islam 9. Memahami Sejarah Nabi | 9.1 Menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan 9.2 Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah |
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Al-Qur’an 10. Menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf | 10.1 Menjelaskan hukum bacaan mad dan waqaf 10.2 Menunjukkan contoh hukum bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an 10.3 Mempraktikkan bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an |
Aqidah 11. Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah | 11.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Rasul Allah 11.2 Menyebutkan nama dan sifat-sifat Rasul Allah 11.3 Meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW |
Akhlak 12. Membiasakan perilaku terpuji | 12.1 Menjelaskan adab makan dan minum 12.2 Menampilkan contoh adab makan dan minum 12.3 Memperaktekkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari |
13. Menghindari Perilaku tercela | 13.1 Menjelaskan pengertian perilaku dendam dan munafik 13.2 Menjelaskan ciri-ciri pendendam dan munafik 13.3 Menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari |
14. Memahami hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan | 14.1 Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan 14.2 Menghindari makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan. |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Tarikh dan Kebudayaan Islam 15. Memahami sejarah dakwah Islam | 15.1 Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah 15.2 Menyebutkan tokoh ilmuwan muslim dan perannya sampai masa daulah Abbasiyah. |
Kelas , IX Semester I
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Al-Qur’an dan Al-Hadits 1. Memahami Ajaran Al Qur’an surat At-Tin | 1.1 Membaca QS At-Tin dengan tartil 1.2 Menyebutkan arti QS At-Tin 1.3 Menjelaskan makna QS At-Tin |
2. Memahami Ajaran Al – Hadits tentang menuntut ilmu | 2.1 Membaca hadits tentang menuntut ilmu 2.2 Menyebutkan arti Hadits tentang menuntut ilmu 2.3 Menjelaskan makna menuntut ilmu seperti dalam Al-Hadits |
Aqidah 3. Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir | 3.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Hari Akhir 3.2 Menyebutkan ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan hari Akhir 3.3 Menceritakan proses kejadian kiamat sughro dan kubro seperti terkandung dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits |
Akhlak 4. Membiasakan perilaku terpuji | 4.1 Menjelaskan pengertian qana’ah dan tasamuh 4.2 Menampilkan contoh perilaku qana’ah dan tasamuh 4.3 Membiasakan perilaku qana’ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari. |
Fiqih 5. Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan | 5.1 Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan 5.2 Menjelaskan ketentuan aqiqah dan qurban 5.3 Memperagakan cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
6. Memahami hukum Islam tentang Haji dan Umrah | 6.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan haji dan umrah 6.2 Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah |
Tarikh dan Kebudayaan Islam 7. Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara | 7.1 Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran 7.2 Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi |
Kelas IX, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Al-Qur’an dan Al Hadits 8. Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah | 8.1 Menampilkan bacaan QS Al-Insyirah dengan tartil dan benar 8.2 Menyebutkan arti QS Al-Insyirah 8.3 Mempraktikkan perilaku dalam bekerja selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS Al-Insyirah |
9. Memahami Ajaran Al – Hadits tentang kebersihan | 9.1 Membaca hadits tentang kebersihan 9.2 Menyebutkan arti hadits tentang kebersihan 9.3 Menampilkan perilaku bersih seperti dalam hadits |
Aqidah 10. Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan Qadhar | 10.1 Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadhar 10.2 Menjelaskan hubungan antara qadha dan qadhar 10.3 Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadhar dalam kehidupan sehari-hari 10.4 Menyebutkan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan qadha dan qadhar. |
Akhlak 11. Menghindari perilaku tercela | 11.1 Menyebutkan pengertian takabbur 11.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabbur 11.3 Menghindari perilaku takabbur dalam kehidupan sehari-hari |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Fiqih 12. Memahami tatacara berbagai shalat sunnah | 12.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan sholat sunnat berjamaah dan munfarid 12.2 Menyebutkan contoh shalat sunnat berjamaah dan munfarid 12.3 Mempraktikkan shalat sunnat berjamaah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari. |
Tarikh dan Kebudayaan Islam 13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara | 13.1 Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam 13.2 Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar