Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/ Semester : V / I
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit
Pertemuan Ke : 2
Standar Kompetensi :
Al-Qur’an
1. Mengartikan al-Qur’an surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar :
1. 1. Membaca QS. al-Lahab dan al-Kafirun.
Indikator:
o membaca QS. al-Kafirun
I. Tujuan Pembelajaran:
· Siswa dapat membaca surah Al-Kafirun / 109 Ayat 1-6
II. Materi Pokok:
· Surah Al-Kafirun / 109 Ayat 1-6
Terjemahan | Text Qur'an | Ayat |
Katakanlah: "Hai orang-orang yang kafir, | قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ | 1 |
aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. | لا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ | 2 |
Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. | وَلا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ | 3 |
Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah. | وَلا أَنَا عَابِدٌ مَا عَبَدْتُمْ | 4 |
Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. | وَلا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ | 5 |
Untukmulah agamamu dan untukkulah agamaku". | لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ | 6 |
III. Metode:
§ Drill dan penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
Kegiatan Awal ( 5 menit )
· Salam dan do’a
· Guru melakukan appersepsi
Kegiatan Inti ( 25 menit )
· Pada setiap awal pembelajaran, guru membimbing siswa dengan membaca Al-Qur’an dengan baik selama 5 menit.
· Guru menunjuk salah seorang murid untuk membacakan QS. al-Kafirun
· Guru memperbaiki bacaan murid yang kurang tepat. Kemudian seluruh murid diminta untuk membacakan QS.al-Kafirun
· Siswa menulis/menyalin Q.S.al-Kafirun
Kegiatan Penutup ( 5 menit )
· Guru memberikan kesimpulan hasil belajar
· Guru dan siswa merefleksikan hasil pembelajaran, yaitu manfaat mempelajari kompetensi ini.
· Guru menugaskan siswa menghafal surah al-Kafirun
V. Alat dan Sumber Belajar:
§ Media Audio-visual (MP3)bacaan ayat-ayat pendek.
§ buku teks (Saya ingin menjadi anak saleh_Kelas V, Jakarta: Grafindo, 2008), Hal.5.
VI. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | KKM | |
o Membaca QS. al-Kafirun | lisan. | Unjuk penampilan. | 1. Lafalkan surah al-Kafirun dengan benar! | 70 KKM disesuaikan dengan kondisi Unit masing-masing |
Format penilaian bacaan siswa (psikomotorik)
No | Aspek | Skor |
1 | Kelancaran a. Lancar b. kurang lancar c. tidak lancar | 5 3 1 |
2 | Adab membaca a. berani b. Malu-malu | 3 1 |
Banyuasin, 20
Mengetahui,
Kepala Guru PAI
(Hidirman, S.Pd) ( Wahyono Saputro, S.Pd.I )
NIP. NIP.
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/ Semester : V / I
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit
Pertemuan Ke : 3
Standar Kompetensi :
Al-Qur’an
1 Mengartikan Al-Qur’an ayat-ayat pilihan
Kompetensi Dasar :
· 1. 2. Mengartikan QS. Al-Lahab dan QS. Al-Kafirun
Indikator:
o Mengartikan surah Al-Lahab / 111 Ayat 1-5
I. Tujuan Pembelajaran:
· Siswa dapat Mengartikan QS. Al-Lahab/111 Ayat 1-5
II. Materi Pokok:
· Surah Al-Lahab / 111 Ayat 1-5
Terjemahan | Text Qur'an | Ayat |
Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa. | تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ | 1 |
Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan. | مَا أَغْنَى عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَبَ | 2 |
Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak. | سَيَصْلَى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ | 3 |
Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar. | وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ | 4 |
Yang di lehernya ada tali dari sabut. | فِي جِيدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ | 5 |
III. Metode:
§ Drill dan penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
Kegiatan Awal ( 5 menit )
· Salam dan do’a
· Guru melakukan appersepsi dan motivasi
Kegiatan Inti ( 25 menit )
· Pada setiap awal pembelajaran, guru membimbing siswa dengan membaca Al-Qur’an dengan baik selama 5 menit.
· Guru mengartikan QS. Al-Lahab, diikuti secara klasikal oleh semua siswa.
· Salah seorang siswa diminta maju ke depan kelas untuk mengartikan QS. Al-Lahab secara tertib.
· Guru meminta seorang siswa (secara acak) untuk mengartikan salah satu ayat dari QS.Al-Lahab.
· Siswa diminta menyimpulkan poin-poin penting dari QS. Al-Lahab, dan menulisnya di papan tulis/board, selanjutnya seluruh siswa mencatat kesimpulan QS. Al-Lahab di buku catatan masing-masing.
Kegiatan Penutup ( 5 menit )
· Guru dan siswa merefleksikan hasil pembelajaran, yaitu manfaat mempelajari kompetensi ini.
· Guru menugaskan siswa menghafal arti QS. Al-Lahab.
V. Alat dan Sumber Belajar:
§ Media Audio-visual (MP3)bacaan ayat-ayat pendek.
§ buku teks (Saya ingin menjadi anak saleh_Kelas V, Jakarta: Grafindo, 2008), Hal.5-6.
VI. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | KKM | |
Mengartikan surah Al-Lahab / 111 Ayat 1-5 | Tertulis | Essey. | 1. Apa arti ayat ke-3 QS. Al-Lahab berikut: سَيَصْلَى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ Jawaban: Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak. | 70 KKM disesuaikan dengan kondisi Unit masing-masing |
Mengubah skor menjadi nilai siswa | Kriteria Nilai |
Jumlah perolehan skor Skor= X100% Jumlah skor total | 90-100 = Amat Baik 71-89 = Baik 70= Cukup 0-69 = Kurang |
Banyuasin, 2011
Mengetahui,
Kepala Guru PAI
(Hidirman, S.Pd) ( Wahyono Saputro, S.Pd.I )
NIP.196412121989061001 NIP.
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/ Semester : V / I
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit
Pertemuan Ke : 4
Standar Kompetensi :
Al-Qur’an
1 Mengartikan Al-Qur’an ayat-ayat pilihan
Kompetensi Dasar :
· 1. 2. Mengartikan QS. Al-Lahab dan QS. Al-Kafirun
Indikator:
o Mengartikan surah Al-Kafirun / 109 Ayat 1-6
I. Tujuan Pembelajaran:
· Siswa dapat Mengartikan QS. Al-Kafirun/109 Ayat 1-6
II. Materi Pokok:
· Surah Al-Kafirun / 109 Ayat 1-6
Terjemahan | Text Qur'an | Ayat |
Katakanlah: "Hai orang-orang yang kafir, | قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ | 1 |
aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. | لا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ | 2 |
Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. | وَلا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ | 3 |
Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah. | وَلا أَنَا عَابِدٌ مَا عَبَدْتُمْ | 4 |
Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. | وَلا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ | 5 |
Untukmulah agamamu dan untukkulah agamaku". | لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ | 6 |
III. Metode:
§ Drill dan penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
Kegiatan Awal ( 5 menit )
· Salam dan do’a
· Guru melakukan appersepsi dan motivasi
Kegiatan Inti ( 25 menit )
· Pada setiap awal pembelajaran, guru membimbing siswa dengan membaca Al-Qur’an dengan baik selama 5 menit.
· Guru mengartikan QS. Al-Kafirun, diikuti secara klasikal oleh semua siswa.
· Salah seorang siswa diminta maju ke depan kelas untuk mengartikan QS. Al-Kafirun secara tertib.
· Guru meminta seorang siswa (secara acak) untuk mengartikan salah satu ayat dari QS.Al-Kafirun.
· Siswa diminta menyimpulkan poin-poin penting dari QS. Al-Kafirun, dan menulisnya di papan tulis/board, selanjutnya seluruh siswa mencatat kesimpulan QS. Al-Kafirun di buku catatan masing-masing.
Kegiatan Penutup ( 5 menit )
· Guru dan siswa merefleksikan hasil pembelajaran, yaitu manfaat mempelajari kompetensi ini.
· Guru menugaskan siswa menghafal arti QS. Al-Kafirun.
V. Alat dan Sumber Belajar:
§ Media Audio-visual (MP3)bacaan ayat-ayat pendek.
§ buku teks (Saya ingin menjadi anak saleh_Kelas V, Jakarta: Grafindo, 2008), Hal.5-6.
VI. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | KKM | |
Mengartikan surah Al-Kafirun / 109 Ayat 1-6 | Tertulis | Essey. | 1. Apa arti ayat ke-6 QS. Al-Kafirun berikut: لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ Jawaban: Untukmulah agamamu dan untukkulah agamaku". | 70 KKM disesuaikan dengan kondisi Unit masing-masing |
Mengubah skor menjadi nilai siswa | Kriteria Nilai |
Jumlah perolehan skor Skor= X100% Jumlah skor total | 90-100 = Amat Baik 71-89 = Baik 70= Cukup 0-69 = Kurang |
Banyuasin, 2011
Mengetahui,
Kepala Guru PAI
(Hidirman, S.Pd) ( Wahyono Saputro, S.Pd.I )
NIP.196412121989061001 NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar