Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Sabtu, 18 Juni 2011

RPP_B.INGG_6SMS1



Kemudian sang guru
157 × 200 - 9 k - jpg
nizaringinbelajar...



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
 
SD                                         : Antah Berantah
Mata Pelajaran                       : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                      : VI/1
Standar Kompetensi               : 1.          Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar                   : 1.1        Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas                                                          
Indikator Pencapaian              : 1.1.1     Merespon dengan melakukan tindakan secara berterima
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran**           : Siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan secara berterima
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran             : Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
·  Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik menyebutkan nama-nama sayuran, guru bertanya pada siswa mengenai nama-nama sayuran yang mereka tahu dalam bahasa Inggris.
2.      Kegiatan Inti
§         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan secara berterima
§         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Siswa diminta membuka buku pada halaman materi yang akan dipelajari.
Pada halaman tersebut, terdapat nama-nama sayuran yang harus dipilih sesuai dengan tepat.
Siswa diminta mendengarkan kaset/CD dan memilih nama sayuran yang tepat sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD.
Guru dapat memutar kaset/CD dua kali agar siswa dapat lebih yakin dengan jawabannya.
§         Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
Guru membahas jawaban siswa secara bersama-sama. Sebelumnya, guru dapat meminta siswa untuk membandingkan jawabannya dengan teman yang duduk di sebelahnya.

Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 6, Esis
  2. Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
  3. Rekaman kaset/CD
  4. Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Merespon dengan  melakukan tindakan secara berterima

Unjuk kerja


Responding

Listen and circle the correct answer.
Kaset/CD: (informasi tentang nama-nama sayuran yang harus siswa lingkari)
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1
LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                      Guru Mapel Bahasa Inggris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar