Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Jumat, 03 Juni 2011

SILABUS_RPP_PROTA_B.INGG_5_SMS_1

SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : V (Lima)
Mata Pelajaran                         : BAHASA INGGRIS
Semester                                  : 1 (Satu)
Standar Kompetensi              : Mendengarkan
1.        Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan sekolah 


Contoh:

Kaset/CD: It’s ten o’clock.

Siswa: (melingkari gambar jam 10)

Kaset/CD: It’s wedensday.

Siswa: (melingkari nama hari)


Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima

Merespon dengan  melakukan tindakan secara berterima


Unjuk kerja













Responding










Listen and circle the correct time.
Kaset/CD: It’s half past three.
Siswa: (melingkari gambar jam 3.30)


2 x 35 menit


·  Rekaman kaset/CD
· Buku teks




Kompetensi
Dasar
Materi pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.2 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal






Contoh:

Kaset/CD: Listen and repeat the dialogues.

Siswa: (mengulang dialog)

Kaset/CD: Listen and answer orally. 

Siswa: (menjawab secara lisan)



§     Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD
§     Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD
§     Siswa bersama-sama merespon apa yang didengar dari kaset/CD secara lisan


§     Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
§     Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
§     Merespon apa yang diengar dari kaset/CD secara lisan


·  Unjuk kerja











·  Tes lisan










·   Responding












·   Merespon dengan menjawab secara lisan



Listen to the dialogues and repeat.
(rekaman kaset/CD): How many months are there in a week?
Siswa: (mengulang)


Listen and answer orally.
(rekaman kaset/CD): Tomorrow is Wednesday. What day was it yesterday?
Siswa: Monday (menjawab secara lisan)


2 x 35 menit


·   Rekaman kaset/CD
·    Buku teks
·   Script percakap-an


v       Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD                                                           :   _____________________
Mata Pelajaran                                    :   Bahasa Inggris
Kelas/Semester                                    :   V/1
Standar Kompetensi                           :   1.             Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar                              :   1.1          Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan sekolah                                                            
Alokasi Waktu                                     :   2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran**                    :   Siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan secara berterima
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran                        :   Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
·   Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
·   Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik menyebutkan waktu, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris.
2.       Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa diminta membuka buku pada halaman materi yang akan dipelajari.
Pada halaman tersebut, terdapat jam-jam yang harus dipilih sesuai dengan waktu yang tepat.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Siswa diminta mendengarkan kaset/CD dan memilih gambar jam yang tepat sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD.
Guru dapat memutar kaset/CD dua kali agar siswa dapat lebih yakin dengan jawabannya.
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
Guru membahas jawaban siswa secara bersama-sama. Sebelumnya, guru dapat meminta siswa untuk membandingkan jawabannya dengan teman yang duduk di sebelahnya.
Jawaban tidak hanya harus benar, tetapi siswa juga harus dapat menulis dengan ejaan yang benar.

Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
  2. Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
  3. Rekaman kaset/CD
  4. Buku-buku lain yang relevan

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Merespon dengan  melakukan tindakan secara berterima

Unjuk kerja




Responding






Listen and circle the correct time.


 








Kaset/CD: It’s half past three.
Siswa: (melingkari gambar jam 3.30)


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1


LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@    Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                                                     ............, .................20 ...
        Mengetahui                                                                                                 
        Kepala Sekolah                                                                                Guru Mapel Bahasa Inggris



             ..................................                                                                      ..................................
NIP :                                                                                              NIP :








PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran       : Bahasa Inggris.
Satuan Pendidikan : SD 10 Tungkal Ilir
Tahun Pelajaran     : 2010 / 2011
Kelas/Semester        : V/1

Smt
No
Standar Kopetensi/Kompetensi Dasar
Alokasi waktu
Ket
1
1








2



















3











4
Mendengarkan
Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah
1.1  Merespon Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan  sekolah
1.2  Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal

Berbicara
Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah
2.1  Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
2.2  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang
2.3  Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, dan melarang
2.4  Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Do you mind … dan Shall we …

Membaca
Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah
3.1  Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
3.2  Memahami kalimat, pesan tertulis dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima.
Menulis
Mengeja dan menyalin kalimat sangat sederhana dalam konteks sekolah
4.1     Mengeja kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima
4.2     Menyalin dan menulis kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat, ucapan terima kasih, dan undangan
Ulangan harian






      
J U M L A H


           

Mengetahui
Kepala SD / MI



( ................................. )

.............................., ...............
Guru Mapel Bahasa Inggris.



( ................................. )

Catatan
Prota  memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu tahun dengan alokasi waktu selama satu tahun. Jumlah alokasi waktu  pada prota diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif  Matematika  yang ada di suatu Sekolah Dasar  yaitu jumlah pekan efektif  satu tahun x alokasi waktu Matematika  di struktur kurikulum SD/MI  (minimal 5 jam).  Jumlah pekan efektif satu tahun sesuai aturan terentang 34 -38 minggu. Misalnya, minggu  efektif   semester 1 yang ada di SD/MI  17  dan semester 2 juga 17. Jam efektif matematika satu semester  sejumlah 17x5 = 85 jam.  Berarti satu tahun sekolah memiliki 170 jam efektif untuk mapel matematika. Alokasi waktu sejumlah 85 jam  per semester tersebut diatur untuk pembelajaran  semua KD yang  ada  pada satu semester dan untuk ulangan harian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar