Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Kamis, 23 Juni 2011

RPP_KLS1-SMS1_TEMA_diri-sendiri_Pertemuan2


MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
ALOKASI WAKTU : 16 JP @ 2 JP
PERTEMUAN II

I.  STANDAR KOMPETENSI DASAR

·         MENDENGARKAN
Memahami bunyi bahasa, perintah, dan  dongeng yang dilisankan

·         BERBICARA
Mengungkapkan pikiran, perasaan,  dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh,  dan deklamasi  

II. KOMPETENSI DASAR
Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun

III. INDIKATOR
Siswa dapat Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun melalui tanya jawab secara kelompok kecil

IV. LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan ke-2

·   KEGIATAN AWAL (APERSEPSI)

1.      Doa bersama dan mengucapkan salam (jika diawal pembelajaran)
2.      Siswa berkenalan dengan guru kelas

·   KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)

1.      Siswa mendengarkan cerita “perkenalan”
2.      Siswa menjawab pertanyaan dari guru seputar cerita

·   KEGIATAN AKHIR

1.Siswa berkenalan dengan teman sebangku (nama lengkap dan nama panggilan)
2.Dilanjutkan dengan berkenalan dengan teman yang ada di sebelah kiri, kanan, belakang dan depan
3.Siswa diminta untuk berkenalan dengan 2 orang teman sekelasnya lainnya (di luar jam kelas)

Cat: selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak

V.  SUMBER DAN MEDIA

Sumber




Media
:




:
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta.
Karli, Hilda,dkk.(2007). Panduan Buku Tematik 1A dan Buku kerja Tematik untuk  Bahasa Indonesia jilid 1A. Jakarta: Erlangga

Alat dan benda di sekitar

VI.  PENDEKATAN DAN METODE

Pendekatan
Metode
:
:
Tematik
Bermain, kelompok

VII.  PENILAIAN

1.Penilaian secara lisan (bercerita)

 ‘”BERKOMUNIKASI”
Nilai 9

Nilai 8

Nilai 7

Nilai 6

Nilai 5
:

:

:

:

:
Berkomunikasi dengan tata bahasa yang baik dan lancar serta mau menerima pendapat orang lain
Berkomunikasi dengan tata bahasa yang baik tetapi kurang lancar serta mau menerima pendapat orang lain
Berkomunikasi dengan tata bahasa yang kurang  baik tetapi lancar serta mau menerima pendapat orang lain
Berkomunikasi dengan tata bahasa yang kurang baik dan kurang lancar serta tidak mau menerima pendapat orang lain
Diam serta tidak mau menerima pendapat orang lain

2.Pengamatan (sikap dan perilaku)

KEMANDIRIAN
Nilai 9
Nilai 8
Nilai 7
Nilai 6

Nilai 5
:
:
:
:

:
Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan  bantuan dari pihak luar
Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru bila ada perintah berulang-ulang dari guru
Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru


                               Banyuasin, Juli 2011 

Mengetahui,

Kepala Sekolah


_____________________
Guru Kelas,




____________________



Tidak ada komentar:

Posting Komentar