MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
ALOKASI WAKTU : 16 JP @ 2 JP
PERTEMUAN II
I. STANDAR KOMPETENSI DASAR
· MENDENGARKAN
Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan
· BERBICARA
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi
II. KOMPETENSI DASAR
Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
III. INDIKATOR
Siswa dapat Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun melalui tanya jawab secara kelompok kecil
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-2 · KEGIATAN AWAL (APERSEPSI) 1. Doa bersama dan mengucapkan salam (jika diawal pembelajaran) 2. Siswa berkenalan dengan guru kelas · KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA) 1. Siswa mendengarkan cerita “perkenalan” 2. Siswa menjawab pertanyaan dari guru seputar cerita · KEGIATAN AKHIR 1.Siswa berkenalan dengan teman sebangku (nama lengkap dan nama panggilan) 2.Dilanjutkan dengan berkenalan dengan teman yang ada di sebelah kiri, kanan, belakang dan depan 3.Siswa diminta untuk berkenalan dengan 2 orang teman sekelasnya lainnya (di luar jam kelas) Cat: selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak |
V. SUMBER DAN MEDIA
Sumber Media | : : | Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta. Karli, Hilda,dkk.(2007). Panduan Buku Tematik 1A dan Buku kerja Tematik untuk Bahasa Indonesia jilid 1A. Jakarta: Erlangga Alat dan benda di sekitar |
VI. PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan Metode | : : | Tematik Bermain, kelompok |
VII. PENILAIAN
1.Penilaian secara lisan (bercerita)
‘”BERKOMUNIKASI”
Nilai 9 Nilai 8 Nilai 7 Nilai 6 Nilai 5 | : : : : : | Berkomunikasi dengan tata bahasa yang baik dan lancar serta mau menerima pendapat orang lain Berkomunikasi dengan tata bahasa yang baik tetapi kurang lancar serta mau menerima pendapat orang lain Berkomunikasi dengan tata bahasa yang kurang baik tetapi lancar serta mau menerima pendapat orang lain Berkomunikasi dengan tata bahasa yang kurang baik dan kurang lancar serta tidak mau menerima pendapat orang lain Diam serta tidak mau menerima pendapat orang lain |
2.Pengamatan (sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9 Nilai 8 Nilai 7 Nilai 6 Nilai 5 | : : : : : | Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru bila ada perintah berulang-ulang dari guru Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru |
Banyuasin, Juli 2011
Mengetahui, Kepala Sekolah _____________________ | Guru Kelas, ____________________ |
| |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar