Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Minggu, 05 Juni 2011

SKRIPSI_UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MELALUI METODE DRILL DI KELAS X MADRASAH ALIYAH MAARIFUL ULUM BANYUASIN_BAG_1

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA  
PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS
MELALUI METODE DRILL
DI KELAS X MADRASAH ALIYAH MAARIFUL ULUM  BANYUASIN

Oleh
Wahyono Saputro

SKRIPSI


Diajukan kepada Program Kualifikasi S1
Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang
Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat guna Memperoleh Gelar
Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I)


FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI  (IAIN) RADEN FATAH PALEMBANG



PERSETUJUAN TIM PENGUJI
UJIAN SKRIPSI

Skripsi berjudul           :  Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Melalui Metode Drill di Kelas X Madrasah Aliyah Maariful Ulum Banyuasin
Nama                           :  Wahyono Saputro
NIM                               :  0803402
Program                      :  Kualifikasi S1

Telah disetujui tim penguji ujian Munaqasyah.
Ketua             : Drs. Karoma,  M. Pd                       (…………………….  )
                        Nip.19630922199303 1002

Sekretaris      : A m i l d a,  M. A                             (…………………….  )
                        Nip.19770715 200604 2003

Penguji I        : Drs. H. Robinson. M, M. Pd. I      (…………………….. )
                        Nip.19460808 196510 1001
                
Penguji II       : Dra.  Enok  Rohayati                     (…………………….. )
                        Nip.19600406 198803 2001


Diuji di Palembang pada tanggal 18 Agustus 2…..
Waktu           : 08.00 s.d 12.00 Wib
Hasil             : B / 3,…..
Predikat        : ………


Dekan Fakultas Tarbiyah
IAIN Raden Fatah Palembang


Drs. H. Akmal Hawi, M. Ag
Nip. 19610730 198803 1002








ABSTRAK
Pelajaran Al-Qur’an Hadits pada mata pelajaran PAI memiliki kepentingan tersendiri dalam kaitannya dengan tujuan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di tingkat Madrasah Aliyah (Sekolah Menengah Atas), yaitu agar peserta didik gemar membaca A-Qur’an dan Hadits dengan benar, serta mempelajarinya, memahami, meyakini kebenarannya, dan mengamalkan ajaran-ajaran dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sebagai petunjuk dan pedoman dalam seluruh aspek kehidupannya. Sehubungan dengan hal tersebut peran guru sebagai pengelola kelas, pembimbing, inisiator (penggagas) dan demonstrator sangat diperlukan agar kemampuan kognitif, secara umum dan kemampuan psikomotor secara khusus para siswa dapat meningkat. Untuk meningkatkan kemampuan psikomotor siswa dimaksud, dalam mengelola kelas harus mempersiapkan segala sesuatunya secermat mungkin, termasuk bagaimana menggunakan metode yang selektif, efektif dan efisien supaya hasil yang diharapkan dapat maksimal.
            Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, tindakan yang dimunculkan, adalah Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Melalui Metode Drill, yang dilaksanakan di kelas X MA. Ma’ariful Ulum Banyuasin.. Dalam rencana pelaksanaan yang telah ditetapkan terlebih dahulu, tahapan-tahapan Siklus (siklus 1 dan 2) yang akan dilalui masing- masing terdiri atas; 1). Rencana, 2). Pelaksanaan, 3). Pengamatan, dan 4). Refleksi. Setelah melalui dua siklus, diperoleh hasil bahwa Penggunaan metode Drill, ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas X MA. Ma’ariful Ulum Banyuasin.
Berdasarkan hasil pengamatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits, selama kegiatan perbaikan pembelajaran yaitu: pada siklus I siswa yang telah memperoleh nilai 70 mencapai 12 siswa  dengan angka rata-rata 71,1, angka keaktifan siswa  67% serta ketuntasan belajar 65,6%, pada siklus II siswa yang telah memperoleh nilai 70 ke atas meningkat menjadi  18 siswa dengan rata-rata 77,7, angka keaktifan siswa 89% serta ketuntasan belajar 100%. Dengan demikian target yang diinginkan sudah tercapai dan hasil belajar siswa sudah memuaskan.

Kata Kunci:   Kemampuan Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits dan Metode Drill.




KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT. Tuhan semesta alam. Berkat rahmat, dan inayah Allah SWT penelitian saya yang berjudul Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Melalui Metode Drill di Kelas X Madrasah Aliyah Ma’ariful Ulum Banyuasin, dapat selesai tepat pada waktunya. Penulis patut bersyukur ke hadirat-Nya atas karunia yang telah dilimpahkan kepada penulis.
Penulis yakin atas petunjuk-Nya pula sehingga berbagai pihak berkenan memberikan bantuan, kemudahan kepada penulis dalam penyelesaian penelitian ini. Untuk itu, penulis ingin menyampaikan penghargaan yang setinggi tingginya dan menghaturkan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada semua pihak, baik langsung maupun secara tidak langsung,  telah membantu dalam penyelesaian tugas mulia ini.
Ucapan terima kasih yang tak terhingga patut saya sampaikan kepada Bapak Prof. Dr. H. Aflatun Muchtar, MA, baik sebagai Rektor IAIN Raden Fatah maupun sebagai pribadi, yang telah memberikan bantuan dan motivasi yang berharga bagi penulis.
Ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya penulis haturkan kepada Bapak Drs. Akmal Hawi, M. Ag, baik sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah maupun sebagai pribadi, yang telah  memberikan bantuan dan motivasi yang  berharga bagi penulis.
Ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya penulis haturkan kepada Bapak Dosen Drs. Jumhur, M. A., dan Ibu Dosen Renny Kurnia Sari, M. Pd, yang dengan senang hati bersedia menjadi Supervisor sekaligus Pembimbing  dalam penulisan ini.
Ucapan terima kasih juga penulis haturkan kepada Kiromil Mudir PONPES Ma’ariful Ulum Banyuasin Drs. K.H. Amin Dimyati Hamzah yang telah memberikan nasehat serta masukan tak ternilai bagi penulis, juga kepada Kepala MA Ma’ariful Ulum Banyuasin, Al-Ustadz M. Suhud, M. Ag, baik sebagai atasan langsung maupun sebagai pribadi, juga kepada Kepala MTs Ma’ariful Ulum Banyuasin, Al-Ustadz Drs. Supendi Zarkasih yang telah memberikan bantuan dan motivasi bagi penulis, teman-teman guru di MA dan  MTs Ma’ariful Ulum, serta tak lupa pula ucapan terima kasih kepada Ibu Dewi Hari Mulyati, S.Pt, selaku teman sejawat penulis selama proses penelitian berlangsung, serta terima kasih untuk seluruh santri dan siswa MA/MTs Ma’ariful Ulum yang telah mengiringi penulis dengan do’a yang tulus.
Ucapan terima kasih juga penulis haturkan kepada Pimpinan serta segenap Staf Perpustakaan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang yang tidak bisa penulis sebutkan namanya satu persatu atas kerelaan dan keikhlasannya dalam menyediakan literatur yang dibutuhkan dalam penyelesaian penulisan ini.
Ucapan terima kasih juga penulis haturkan kepada Bapak Drs. Tastin dan Drs. Muh. Misdar, M. Ag, selaku panitia program kualifikasi S.1. IAIN Raden Fatah Palembang yang telah menyisihkan waktu secara tulus ikhlas memberikan bantuan fikiran, motivasi dan tenaga dalam penyelesaian penulisan ini.
Ucapan terima kasih penulis haturkan kepada seluruh Staf dan Pegawai Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang, khususnya bagian administrasi atas bantuan dalam penyelsaian berkas-berkas yang dibutuhkan dalam penyelesaian penulisan ini.
Kepada Allah Penulis mohon semoga mereka dilimpahkan pahala yang berlipat ganda dan segala bantuan yang telah diberikannya itu dicatat sebagai ibadah di sisi-Nya. Amin Ya Mujib al-Saailin. 


                                                                                    Banyuasin, 21 Juni 20....
                                                                                    Mahasiswa

                                   
                                                                                    Wahyono Saputro
                                                                                    NIM.


DEDICATION

In the name of Allah Most Gracious Most Merciful.
Shalawat and salam to our Prophet Muhammad Saw., to his family, his friends, and all of his followers till the end of the day.
This paper is dedicated  to:
*      My beloved Father and Mother, thanks for support and advise both of you when I was sad.
*  All of Fakultas Tarbiyah Lecturers IAIN Raden Fatah Palembang, specially Mr. Drs. Jumhur, M. A., and Mrs. Renny Kurnia Sari, M. Pd who gave me valueable critics and advises  along consulting periods.
*    My fellow teachers in Maariful Ulum Banyuasin and all of my students of MA. Maariful Ulum “God Bless You All”.
*      My lecturing fellow (Success for all of you, perhaps).
*      My almamater.


Motto:

وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الرُّوحِ قُلِ الرُّوحُ مِنْ أَمْرِ رَبِّي وَمَا أُوتِيتُمْ مِنَ الْعِلْمِ إِلَّا قَلِيلًا
Q. S. Al-Isra’ (17): 85
“Of knowledge it is only a little that communicated to you,
(O men!)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آَمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ
Q. S. Al-Mujadilah (58): 11
“O ye who believe! When ye are told you to make room in the assemblies, (spread out and) make room: (ample) room will God provide for you. And when ye are told  to rise up, rise up
God will rise up, to (suitable) ranks (and degrees), those of you believe and who have been granted (mystic) knowledge.
And God is well-Acquainted with all you do”.

DAFTAR ISI
Halaman Judul……………………………………………………………………i
Lembar Pengesahan……………………………………………………………..ii
Persetujuan Tim Penguji…………………………………………………………iii
Abstrak…………………………………………………………………………….. iv
Kata Pengantar……………………………………………………………………v
Dedication………………………………………………………………………… viii
Motto………………………………………………………………………………. ix
Daftar Isi……………………………………………………………………………x
Daftar Tabel………………………………………………………………………..xii
Daftar Diagram…………………………………………………………………… xiv
Daftar Lampiran………………………………………………………………….. xv
Daftar Singkatan…………………………………………………………………. xvi

BAB I :  PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang Masalah……………………………………           1
B.     Perumusan Masalah……………….……………………………    3
C.    Tujuan dan Kegunaan Penelitian……………………………      3
D.    Kajian Pustaka………….……………………………………           4
E.     Kerangka Teori…………………………………………………        6
F.     Metodologi Penelitian            …………………………………        26
G.    Sistematika Pembahasan…………………………………………30

BAB II : LANDASAN TEORI
A.     Upaya………………………………………………………..             31
B.     Meningkatkan/Peningkatan……………………………………….32
C.    Kemampuan…………………………………………………………33
D.    Metode Drill…………………………………………………………. 33
E.     Al-Qur’an……………………………………………………………. 38
F.     Al-Hadits…………………………………………………………….. 40
G.    Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Kelas X Madrasah Aliyah..43

BAB III : SETTING WILAYAH PENELITIAN
A.     Letak Geografis dan Sejarah Berdiri Madrasah Aliyah (MA) Ma’ariful Ulum Banyuasin51
B.     Subjek Penelitian60

BAB IV : PELAKSANAAN PENELITIAN, HASIL DAN PEMBAHASAN
A.     Pelaksanaan Penelitian
      1.  Siklus I…………………………………………………………… 68
      2.  Siklus II…………………………………………………………..  78
B.     Hasil…………………………………………………………………. 86
C.    Pembahasan………………………………………………..............87

BAB V : PENUTUP
A.     Kesimpulan…………………………………………………………. 88
B.     Saran…………………………………………………………………88

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

DAFTAR TABEL

Tabel 1           SK dan KD Kelas X MA Ma’ariful Ulum Banyuasin Semeter II,                     hlm. 24
Tabel 2           SK dan KD Kelas X MA Ma’ariful Ulum Banyuasin Semester II,                   hlm. 48
Tabel 3           Keadaan Sarana dan Prasarana MA Ma’ariful Ulum Banyuasin,                 hlm. 56
Tabel 4           Keadaan Guru MA Ma’ariful Ulum Banyuasin Tahun Pembelajaran 2009-2010, hlm. 58
Tabel 5           Keadaan   Siswa/I    MA   Ma’ariful   Ulum   Banyuasin  Tahun Pembelajaran 2009-2010, hlm. 59
Tabel 6           Jadwal perbaikan persiklus, hlm. 61
Tabel 7           Nilai  siswa  kelas  X  MA  Ma’ariful Ulum  Banyuasin  pada perbaikan pembelajaran pra siklus, hlm. 71
Tabel 8           Aktivitas  Belajar  Siswa Kelas  X MA Ma’ariful Ulum Banyuasin dengan Pokok Bahasan Keikhlasan dalam Beribadah, hlm.72
Tabel 9           Nilai Siswa Kelas  X  MA  Ma’ariful    Ulum  Banyuasin  Pada Perbaikan Pembelajaran Siklus I, hlm. 73      
Tabel 10         Aktivitas  Belajar  Siswa  Kelas  X  MA  Ma’ariful  Ulum Banyuasin dengan Pokok Bahasan Keikhlasan dalam Beribadah Siklus I, hlm. 74
Tabel 11         Ketuntasan   Belajar   Siswa   Kelas  X   MA   Ma’ariful  Ulum Banyuasin  dalam  Pembelajaran  Al-Qur’an  Hadits  Siklus I, hlm.76
Tabel 12         Nilai  Siswa  Kelas X  MA  Ma’ariful  Ulum Banyuasin pada Perbaikan Pembelajaran Siklus II, hlm. 81
Tabel 13         Aktivitas Belajar Siswa Kelas X  MA  Ma’ariful  Ulum  Banyuasin dengan Pokok Bahasan Keikhlasan dalam Beribadah Siklus II, hlm. 82
Tabel 14         Ketuntasan    Belajar    Siswa    Kelas   X   MA   Ma’ariful   Ulum Banyuasin  dalam  pembbelajaran  Al-Qur’an   Hadits   Siklus II,  hlm. 84
DAFTAR  DIAGRAM
Diagram 1     Siklus dalam Penelitian Tindakan, hlm. 29
Diagram 2     Struktur  Organisasi  MA  Ma’ariful  Ulum  Tahun  Pembelajaran 2009/2010, hlm. 57
Diagram 3     Aktivitas  Belajar  Siswa  Kelas  X  MA  Ma’ariful  Ulum  dengan Pokok Bahasan Keikhlasan dalam Beribadah Siklus I, hlm.75
Diagram 4     Ketuntasan    Belajar    Siswa    Kelas    X   MA   Ma’ariful  Ulum Banyuasin   dalam   Pembelajaran   Al-Qur’an   Hadits   Siklus I
                        hlm. 77
Diagram 5     Aktivitas  Belajar  Siswa  Kelas  X  MA  Ma’ariful  Ulum  dengan Pokok Bahasan Keikhlasan dalam Beribadah Siklus II, hlm. 83
Diagram 6     Keteuntasan    Belajar    Siswa   Kelas  X   MA   Ma’ariful  Ulum Banyuasin   dalam  Pembelajaran   Al-Qur’an   Hadits   Siklus II   hlm. 85
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1    Silabus Kelas X MA. Ma’ariful Ulum Banyuasin, hlm. 93
Lampiran 2    Rencana Pembelajaran (RP) Kelas X MA. Ma’ariful Ulum,     hlm. 99
Lampiran 3    Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP), Kelas X MA. Ma’ariful Ulum, hlm. 105
Lampiran 4    Respon Kepala MA. Ma’ariful Ulum Siklus 1/ APKG 1 , hlm. 111
Lampiran 5    Respon Kepala MA. Ma’ariful Ulum Siklus 2/ APKG 2, hlm. 113
Lampiran 6    Respon Guru Siklus 1, hlm. 115
Lampiran 7    Respon Guru Siklus 2, hlm. 116
Lampiran 8    Respon Siswa Siklus 1, hlm. 117
Lampiran 9    Respon Siswa Siklus 2, hlm. 118
DAFTAR SINGKATAN
SPN                : Sistem Pendidikan Nasional
MA                  : Madrasah Aliyah
YSMB             : Yayasan Sultan Mahmud Badaruddin
PAI                  : Pendidikan Agama Islam
KBBI               : Kamus Besar Bahasa Indonesia
SK/KD            : Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar
PTK                : Penelitian Tindakan Kelas
NSPP             : Nomor Statistik Pondok Pesantren
APKG             : Alat Penilaian Kemampuan Guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar