Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Rabu, 29 Juni 2011

RPP-Pendidikan Agama Islam[PAI]5SD-SMS1


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP]
 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 5 SD
e-mail:wahyonosaputro@ymail.com, blog: http://wahyonosaputro. wordpress.com/
http://wahyono-saputro.blogspot.com/

Mata Pelajaran                     : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/ Semester                  : V / I
Alokasi Waktu                      : 3 x 35 menit
Pertemuan Ke                     : 1
Standar Kompetensi          :
Al-Qur’an
1.   Mengartikan al-Qur’an surah pendek pilihan

Kompetensi Dasar                :
1. 1. Membaca QS. al-Lahab dan al-Kafirun.

Indikator:   
o   membaca QS. al-Lahab

I.               Tujuan Pembelajaran:
·   Siswa dapat membaca surah Al-Lahab / 111 Ayat 1-5

II.              Materi Pokok:
·   Surah Al-Lahab / 111 Ayat 1-5

Terjemahan
Text Qur'an
Ayat
Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa.
تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ
1
Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan.
مَا أَغْنَى عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَبَ
2
Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak.
سَيَصْلَى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ
3
Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar.
وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ
4
Yang di lehernya ada tali dari sabut.
فِي جِيدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ
5


III.            Metode:
§   Drill dan penugasan

IV.            Langkah-langkah Pembelajaran:
                Kegiatan Awal ( 5 menit )
·         Salam dan do’a
·         Guru melakukan appersepsi

        Kegiatan Inti ( 25 menit )
·         Pada setiap awal pembelajaran, guru membimbing siswa dengan membaca Al-Qur’an dengan baik selama 5 menit.
·         Guru menunjuk salah seorang murid untuk membacakan  QS. al-Lahab
·         Guru memperbaiki bacaan murid yang kurang tepat. Kemudian seluruh murid diminta untuk membacakan QS.al-Lahab
·         Siswa menulis/menyalin Q.S.al-Lahab

Kegiatan Penutup ( 5 menit )
·         Guru memberikan kesimpulan hasil belajar
·         Guru dan siswa merefleksikan hasil pembelajaran, yaitu manfaat mempelajari kompetensi ini.
·         Guru menugaskan siswa menghafal surah al-Lahab

V.             Alat dan Sumber Belajar:
§   Media Audio-visual (MP3)bacaan ayat-ayat pendek.
§   buku teks (Saya ingin menjadi anak saleh_Kelas V, Jakarta: Grafindo, 2008), Hal.5.

VI.            Penilaian:
                                                                               
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
KKM
o  Membaca QS. al-Lahab
lisan.
Unjuk penampilan.
1.    Lafalkan surah al-Lahab dengan benar!


70
KKM disesuaikan dengan kondisi Unit masing-masing


Format penilaian bacaan siswa (psikomotorik)

No
Aspek
Skor
1
Kelancaran
a.        Lancar
b.       kurang lancar
c.        tidak lancar

5
3
1
2
Adab membaca
a.        berani  
b.       Malu-malu

3
1
 


No.
Nama Siswa
Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] *
Nilai
0-69
70-100


1. belum tuntas



2. tuntas

§    *Bila siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, lakukan REMEDIAL, bila secara klasikal telah mencapai KKM boleh  dilakukan PENGAYAAN[sesuaikan dengan alokasi waktu].
§    *Guru dianjurkan melakukan Penelitian Tindakan Kelas [PTK], dalam rangka melakukan perbaikan aspek-aspek tertentu dari pembelajaran.


                                                                                                                Banyuasin,           20
Mengetahui,
Kepala                                                                                                  Guru PAI




(Hidirman, S.Pd)                                                                                   ( Wahyono Saputro, S.Pd.I )
NIP.                                                                                                          NIP. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar