Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Kerajinan | |
1. Mengapresiasi benda kerajinan tapestry | 1.1 Mengenal berbagai produk kerajinan tapestry 1.2 Mengapresiasi keterampilan teknis kerajinan tapestry |
2. Membuat benda kerajinan tapestry | 2.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan dengan teknik tapestry |
| 2.2 Mendesain kerajinan tapestry untuk fungsi ekspresi/hias |
2.3 Membuat benda kerajinan tapestry untuk fungsi ekspresi/hias | |
2.4 Membuat kemasan benda kerajinan tapestry untuk dipamerkan atau dijual | |
Teknologi Rekayasa | |
3. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa | 3.1 Mengenal berbagai tempat hewan ais yang sehat 3.2 Mengapresiasi keterampilan teknis pembuatan produk tempat hewan air yang sehat |
4. Menciptakan karya teknologi rekayasa | 4.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan tempat hewan air sehat |
| 4.2 Membuat tempat hewan air sehat |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Teknologi Budidaya | |
Mengapresiasi karya budidaya | 5.1 Mengenal berbagai produk budidaya unggas potong 5.2 Mengapresiasi keterampilan teknis budidaya unggas potong |
6. Melaksanakan teknologi budidaya | 6.1 Merencanakan budidaya unggas potong |
6.2 Memelihara unggas potong | |
Teknologi Pengolahan | |
7. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan | 7.1 Mengenal produk pengawetan dengan pengasapan 7.2 Mengapresiasi keterampilan teknis produk pengawetan dengan pengasapan |
Menerapkan karya teknologi pengolahan | 8.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan makanan jadi atau setengah jadi dengan teknik pengawetan dengan pengasapan |
| 8.2 Membuat produk makanan jadi atau setengah jadi dengan teknik pengawetan dengan pengasapan |
| 8.3 Membuat kemasan produk pengawetan dengan pengasapan sehingga siap dipamerkan dan dijual |
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Kerajinan | |
9. Mengapresiasi benda kerajinan dengan teknik pembentukan manual | 9.1 Mengenal berbagai produk kerajinan dengan teknik pembentukan manual 9.2 Mengapresiasi keterampilan teknis kerajinan dengan teknik pembentukan manual |
Membuat benda kerajinan dengan teknik pembentukan manual | 10.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan dengan teknik dengan teknik pembentukan manual |
10.2 Mendesain kerajinan dengan teknik pembentukan manual untuk fungsi ekspresi/hias | |
10.3 Membuat benda kerajinan dengan teknik pembentukan manual untuk fungsi ekspresi/hias | |
10.4 Membuat kemasan benda kerajinan dengan teknik pembentukan manual untuk dipamerkan atau dijual | |
Teknologi Rekayasa | |
11. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa | 11.1 Mengenal berbagai tempat hewan darat yang sehat 11.2 Mengapresiasi keterampilan teknis pembuatan produk tempat hewan darat yang sehat |
12. Menciptakan karya teknologi rekayasa | 12.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan tempat hewan darat sehat |
| 12.2 Membuat tempat hewan darat sehat |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Teknologi Budidaya | |
Mengapresiasi karya budidaya | 13.1 Mengenal berbagai produk budidaya unggas hias 13.2 Mengapresiasi keterampilan teknis budidaya unggas hias |
14. Melaksanakan teknologi budidaya | 14.1 Merencanakan budidaya unggas hias |
14.2 Memelihara unggas hias | |
Teknologi Pengolahan | |
15. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan | 15.1 Mengenal produk pengawetan dengan menggunakan uap dari bahan hewani 15.2 Mengapresiasi keterampilan teknis produk pengawetan dengan menggunakan uap dari bahan hewani |
16. Menerapkan karya teknologi pengolahan | 16.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan makanan jadi atau setengah jadi dengan teknik pengawetan dengan menggunakan uap dari bahan hewani |
| 16.2 Membuat produk makanan jadi atau setengah jadi dengan teknik pengawetan dengan menggunakan uap dari bahan hewani |
| 16.3 Membuat kemasan produk pengawetan dengan menggunakan uap sehingga siap dipamerkan dan dijual |
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Kerajinan | |
Mengapresiasi benda kerajinan dengan teknik celup ikat dan atau teknik batik | 1.1 Mengenal berbagai produk kerajinan dengan teknik celup ikat dan atau teknik batik 1.2 Mengapresiasi keterampilan teknis kerajinan dengan teknik celup ikat dan atau teknik batik |
Membuat benda kerajinan dengan teknik celup ikat dan atau teknik batik | 2.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan dengan teknik celup ikat dan atau teknik batik |
2.2 Mendesain kerajinan dengan teknik celup ikat dan atau teknik batik untuk fungsi ekspresi/hias | |
2.3 Membuat benda kerajinan dengan teknik celup ikat dan atau teknik batik untuk fungsi ekspresi/hias | |
2.4 Membuat kemasan benda kerajinan dengan teknik celup ikat dan atau teknik batik untuk dipamerkan atau dijual | |
Teknologi Rekayasa | |
3. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa | 3.1 Mengenal berbagai produk benda konstruksi sederhana 3.2 Mengapresiasi keterampilan teknis pembuatan produk benda konstruksi sederhana |
4. Menciptakan karya teknologi rekayasa | 4.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan miniatur benda konstruksi sederhana |
| 4.2 Membuat produk benda konstruksi sederhana |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Teknologi Budidaya | |
5. Mengapresiasi karya budidaya | 5.1 Mengenal berbagai produk budidaya tanaman hias 5.2 Mengapresiasi keterampilan teknis budidaya tanaman hias |
6. Melaksanakan teknologi budidaya | 6.1 Merencanakan budidaya tanaman hias |
6.2 Merawat tanaman hias | |
Teknologi Pengolahan | |
7. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan | 7.1 Mengenal produk bahan padat dengan teknik fermentasi 7.2 Mengapresiasi keterampilan teknis fermentasi bahan padat |
8. Menerapkan karya teknologi pengolahan | 8.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan produk bahan padat dengan teknik fermentasi |
| 8.2.Membuat produk bahan padat dengan teknik fermentasi |
| 8.3 Membuat kemasan produk bahan padat dengan teknik fermentasi sehingga siap dipamerkan dan dijual |
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Kerajinan | |
Mengapresiasi benda kera-jinan dengan menggunakan bahan keras alami dengan berbagai teknik | 9.1 Mengenal berbagai produk kerajinan dengan menggunakan bahan keras alami dengan berbagai teknik 9.2 Mengapresiasi keterampilan teknis kerajinan dengan menggunakan bahan keras alami dengan berbagai teknik |
Membuat benda kerajinan dengan menggunakan bahan keras alami dengan berbagai teknik | 10.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan dengan menggunakan bahan keras alami dengan berbagai teknik |
10.2 Mendesain kerajinan dengan teknik celup ikat dan atau teknik batik untuk fungsi ekspresi/hias | |
10.3 Membuat benda kerajinan dengan menggunakan bahan keras alami dengan berbagai teknik untuk fungsi ekspresi/hias | |
10.4 Membuat kemasan benda kerajinan dengan menggunakan bahan keras alami dengan berbagai teknik untuk dipamerkan atau dijual | |
Teknologi Rekayasa | |
11. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa | 11.1 Mengenal berbagai produk benda konstruksi yang lebih kompleks 11.2 Mengapresiasi keterampilan teknis pembuatan produk benda konstruksi yang lebih kompleks |
12. Menciptakan karya teknologi rekayasa | 12.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan miniatur benda konstruksi yang lebih kompleks |
| 12.2 Membuat produk benda konstruksi yang lebih kompleks |
Teknologi Budidaya | |
Mengapresiasi karya budidaya | 13.1 Mengenal berbagai produk budidaya tanaman hias dengan menggunakan berbagai media 13.2 Mengapresiasi keterampilan teknis budidaya tanaman hias dengan menggunakan berbagai media |
14. Melaksanakan teknologi budidaya | 14.1 Merencanakan budidaya tanaman hias dengan menggunakan berbagai media |
| 14.2 Merawat tanaman hias dengan menggunakan berbagai media |
Teknologi Pengolahan | |
15. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan | 15.1 Mengenal produk bahan cair/kental dengan teknik fermentasi 15.2 Mengapresiasi keterampilan teknis fermentasi bahan cair/kental |
16. Menerapkan karya teknologi pengolahan | 16.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan produk bahan cair/kental dengan teknik fermentasi |
| 16.2 Membuat produk bahan cair/kental dengan teknik fermentasi |
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Kerajinan | |
1. Mengapresiasi benda kera-jinan dengan menggunakan teknik potong sambung dan atau teknik potong konstruksi | 1.1 Mengenal berbagai produk kerajinan dengan menggunakan teknik potong sambung dan atau teknik potong konstruksi 1.2 Mengapresiasi keterampilan teknis kerajinan dengan menggunakan teknik potong sam-bung dan atau teknik potong konstruksi |
2. Membuat benda kerajinan dengan menggunakan teknik potong sambung dan atau teknik potong konstruksi | 2.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan dengan menggunakan teknik potong sambung dan atau teknik potong konstruksi |
2.2 Mendesain kerajinan dengan teknik potong sambung dan atau teknik potong konstruksi untuk fungsi ekspresi/hias | |
2.3 Membuat benda kerajinan dengan menggunakan teknik potong sambung dan atau teknik potong konstruksi untuk fungsi ekspresi/hias | |
2.4 Membuat kemasan benda kerajinan dengan menggunakan teknik potong sambung dan atau teknik potong konstruksi untuk dipamerkan atau dijual | |
Teknologi Rekayasa | |
3. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa | 3.1 Mengenal berbagai produk alat transportasi 3.2 Mengapresiasi keterampilan teknis pembuatan produk alat transportasi |
4. Menciptakan karya teknologi rekayasa | 4.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan alat transportasi mainan |
4.2 Membuat produk alat transportasi mainan | |
Teknologi Budidaya | |
5. Mengapresiasi karya budidaya | 5.1 Mengenal berbagai produk budidaya ikan hias air tawar dalam aquarium 5.2 Mengapresiasi keterampilan teknis budidaya ikan hias air tawar dalam aquarium |
6. Melaksanakan teknologi budidaya | 6.1 Merencanakan budidaya ikan hias air tawar dalam aquarium |
| 6.2 Memelihara ikan hias air tawar dalam aquarium |
Teknologi Pengolahan | |
7. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan | 7.1 Mengenal produk makanan dengan teknik daur ulang 7.2 Mengapresiasi keterampilan teknis makanan dengan teknik daur ulang |
8. Menerapkan karya teknologi pengolahan | 8.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan produk makanan dengan teknik daur ulang |
| 8.2 Membuat produk makanan dengan teknik daur ulang |
| 8.3 Membuat kemasan produk makanan dengan teknik daur ulang sehingga siap dipamerkan dan dijual |
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Kerajinan | |
9. Mengapresiasi benda kerajinan dengan menggunakan teknik sayat dan ukir | 9.1 Mengenal berbagai produk kerajinan dengan menggunakan teknik sayat dan ukir 9.2 Mengapresiasi keterampilan teknis kerajinan dengan menggunakan teknik sayat dan ukir |
10. Membuat benda kerajinan dengan menggunakan teknik sayat dan ukir | 10.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan dengan menggunakan bahan keras alami maupun buatan yang menerapkan motif tradisional, mancanegara maupun modifikasinya, menggunakan teknik sayat dan ukir |
| 10.2 Mendesain kerajinan dengan bahan keras alami maupun buatan yang menerapkan motif tradisional, mancanegara maupun modifikasinya, menggunakan teknik sayat dan ukir |
10.3 Membuat benda kerajinan dengan menggunakan bahan keras alami maupun buatan yang menerapkan motif tradisional, mancanegara maupun modifikasinya, menggunakan teknik sayat dan ukir | |
10.4 Membuat kemasan benda kerajinan dengan menggunakan bahan keras alami maupun buatan yang menerapkan motif tradisional, mancanegara maupun modifikasinya, menggunakan teknik sayat dan ukir untuk dipamerkan atau dijual | |
Teknologi Rekayasa | |
11. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa | 11.1 Mengenal berbagai produk alat transportasi dengan energi mekanik 11.2 Mengapresiasi keterampilan teknis pembuatan produk alat transportasi dengan energi mekanik |
12. Menciptakan karya teknologi rekayasa | 12.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan alat transportasi mainan dengan energi mekanik |
12.2 Membuat produk alat transportasi mainan dengan energi mekanik | |
Teknologi Budidaya | |
13. Mengapresiasi karya budidaya | 13.1 Mengenal berbagai produk budidaya udang air tawar/laut 13.2 Mengapresiasi keterampilan teknis budidaya udang air tawar/laut |
14. Melaksanakan teknologi budidaya | 14.1 Merencanakan budidaya udang air tawar/laut |
14.2 Memelihara udang air tawar/laut | |
Teknologi Pengolahan | |
15. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan | 15.1 Mengenal berbagai produk makanan yang dibuat dari satu bahan 15.2 Mengapresiasi keterampilan teknis pengolahan satu bahan menjadi berbagai produk makanan |
16. Menerapkan karya teknologi pengolahan | 16.1 Merencanakan prosedur kerja pengolahan satu bahan menjadi berbagai produk makanan |
| 16.2 Membuat produk hasil pengolahan satu bahan menjadi berbagai produk makanan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar