Lampiran 2: Rencana Pembelajaran (RP) Kelas X MA. Maariful Ulum Banyuasin
Rencana Pembelajaran
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadits
Kelas/ Semester : X/ II
Alokasi waktu : 4 X 40 menit
Standar Kompetensi : Keikhlasan Dalam Beribadah
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan kandungan ayat dan hadits Nabi SAW tentang keikhlasan dalam beribadah
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa menerapkan sikap keikhlasan dalam beribadah menurut Al-Qur’an dan Hadits dalam praktik kehidupan berbangsa dan bermasyarakat
II. Indikator Pencapaian :
ü Membaca ayat dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah
ü Menulis/menyalin ayat dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah
ü Menerjemahkan ayat dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah dengan benar.
III.Materi Pokok/pembelajaran : Keikhlasan dalam beribadah
a. Ayat Al-Qur’an tentang ikhlas
قُلْ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (162) لَا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ (163)
Artinya :
Katakanlah: Sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.
tiada sekutu bagiNya; dan demikian Itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)".
وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ (5)
Artinya :
Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus.
IV. Metode Pembelajaran : Ceramah,Tanya jawab, drill.
V. Skenario Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
· Guru mengucapkan salam
· Guru mengkondisikan kelas
· Melafalkan Q.S. Al- An’am (6): 162-163 dan QS Al-Bayyinah (98): 5 selama sepuluh menit.
· Mengemukakan tujuan pembelajaran “menerapkan sikap keikhlasan dalam beribadah menurut Al-Qur’an dan Hadits dalam praktik kehidupan berbangsa dan bermasyarakat”.
· Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan kepada siswa tentang tujuan beramal
· Siswa termotivasi untuk menjawab pertanyaan guru tentang tujuan beramal.
b. Kegiatan Inti
· Guru membacakan Q.S. Al-An’am (6): 162-163 dan Q.S. Al-Bayyinah (98): 5 dengan suara jelas dan sesuai kaidah tajwid
· Guru menjelaskan mufradat (kosa kata) Q.S. Al-An’am (6): 162-163 dan Q.S. Al-Bayyinah (98): 5
· Guru membacakan sekali lagi Q.S. Al- An’am (6): 162-163 dan Q.S. Al-Bayyinah (98): 5 diikuti oleh semua siswa
· Siswa (dipilih acak) diminta maju ke depan berlatih menterjemah Q.S. Al-An’am (6): 162-163 dan Q.S. Al-Bayyinah (98):
· Guru menyempurnakan hasil terjemah dan identifikasi tujuan beramal siswa.
c. Kegiatan Akhir
· Tanya jawab dan kesimpulan evaluasi
· Tugas individu : menghafal dan meghayati Q.S. Al-An’am (6): 162-163 dan QS Al-Bayyinah (98): 5
· Memberitahukan pelajaran yang akan datang
· Guru menutup, mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah/ doa
VI. Media dan Sumber Belajar
· Al- Qur’an
· Buku teks Al-Qur’an Hadits kelas X ‘Aliyah
VII. Penilaian Proses dan Hasil
· Jenis Penilaian :
1. Penilaian Proses : Observasi siswa dalam kelas
2. Penilaian Hasil : Tulis dan Praktek/Lisan
· Bentuk tagihan : Essay
VIII. Evaluasi
· Penilaian Proses : mengamati keterlibatan
· Jawablah pertanyaan- pertanyaan berikut dengan jelas!
1. Ikhlas secara bahasa artinya ....
2. Orang Islam dalam melakukan segala aktifitasnya harus ditujukan kepada ....
3. Orang yang melakukan suatu kebaikan, tetapi bukan karena Allah akibatnya adalah ....
4. Sikap orang Yahudi dan Nasrani dalam menanggapi perintah Allah selalu ....
5. Ikhlas juga artinya membersihkan amal perbuatan dari ....
6. Allah berfirman yang artinya: Maka apabila engkau telah selesai (dari satu urusan), ....
7. Rasulullah saw. Bersabda: Perbuatan apapun tergantung ....
8. Barangsiapa orientasi hidupnya ditujukan kepada Allah dan Rasul- Nya, aktifitasnya akan diabdikan untuk ....
9. Barangsiapa orientasi hidupnya untuk harta atau wanita, ia akan memperolehnya, tetapi tidak akan mendapatkan ....
IX. Menentukan Hasil Evaluasi
Mengubah skor menjadi nilai siswa | Kriteria Nilai |
Jumlah perolehan skor Skor X100% Jumlah skor total | 7-9 (77-100)=Baik 4-6 (44-66) =Cukup 1-3 (11-33) =Kurang |
Kunci Jawaban
1. Murni, bersih, atau mulus.
2. Allah Swt.
3. Sia-sia atau tidak diridhai Allah Swt.
4. Menentang atau membangkang.
5. Riya’ atau ingin dipuji.
6. Maka kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain.
7. Niatnya.
8. Allah dan Rasul-Nya.
9. Ridha Allah dan Rasul-Nya.
Banyuasin,15 Juli 20....
Mengetahui
Kepala MA. Maariful Ulum Guru PAI/Mahasiswa
(M. Suhud, S. Ag) (Wahyono Saputro)
NIM. 0803402
Lampiran 3: Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP) Kelas X MA.Maariful Ulum Banyuasin
Rencana Perbaikan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadits
Kelas/ Semester : X/ II
Alokasi waktu : 4 X 40 menit
Standar Kompetensi : Keikhlasan Dalam Beribadah
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan kandungan ayat dan hadits Nabi SAW tentang keikhlasan dalam beribadah
1. Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu menjelaskan kandungan ayat dan hadits Nabi tentang keikhlasan dalam beribadah.
2. Indikator Pencapaian :
a. Menyimpulkan kandungan ayat dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah
b. Menerapkan sikap keikhlasan dalam beribadah menurut Al-Qur’an dan hadits dalam praktik kehidupan berbangsa dan bermasyarakat
3. Tujuan Perbaikan Pembelajaran :
Meningkatkan kemampuan siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui metode drill
4. Materi Pokok/pembelajaran : Keikhlasan dalam beribadah.
b. Hadits Nabi tentang ikhlas
عن عمر بن الخطاب رضي الله عنه قال:
قال النبي صلى الله عليه وسلم: (العمل بالنية، وأنما لامرئ ما نوى، فمن كانت هجرته إلى الله ورسوله، فهجرته إلى الله ورسوله صلى الله عليه وسلم، ومن كانت هجرته إلى الدنيا يصيبها، أوامرأة ينكحها، فهجرته إلى ما هاجر اليه).
قال النبي صلى الله عليه وسلم: (العمل بالنية، وأنما لامرئ ما نوى، فمن كانت هجرته إلى الله ورسوله، فهجرته إلى الله ورسوله صلى الله عليه وسلم، ومن كانت هجرته إلى الدنيا يصيبها، أوامرأة ينكحها، فهجرته إلى ما هاجر اليه).
Artinya
Dari Umar bin Khaththab ra. Ia berkata: telah bersabda Rasulullah saw bersabda, ‘Amal itu bergantung niyat, dan setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niati. Barangsiapa yang hijrahnya itu karena Allah dan Rasul- Nya, maka hijrahnya akan tertuju kepada Allah dan Rasul- Nya. Barangsiapa yang hijrahnya karena dunia yang ia inginkan, atau karena wanita yang akan ia nikahi, maka hijrahnya akan tertuju kepada sesuatu yang ia hijrahi itu’. (HR. Bukhari)
5. Metode Pembelajaran : Drill.
6. Skenario Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
· Berdoa dan membaca/menghafal ayat-ayat pendek
· Guru menunjukkan kompetensi dan peta konsep materi yang akan dicapai dan makna/manfaat belajar yang harus dilatihkan
· Menggali pengetahuan awal kebiasaan dan kemampuan siswa membaca hadits
· Menunjuk salah seorang siswa yang bersedia (volentir) untuk memberikan contoh membaca hadits Nabi saw. tentang keikhlasan dalam beribadah
· Guru melatihkan cara menarik kesimpulan dengan baik dan benar sesuai kaidah penalaran hukum islam.
· Guru memberikan contoh bagaimana menerapkan sikap keikhlasan dalam beribadah menurut Al-Qur’an dan Hadits dalam praktik kehidupan berbangsa dan bermasyarakat”.
B. Kegiatan Inti
· Siswa dibagi menjadi enam kelompok
· Tiap kelompok bertugas membaca mufradat hadits di buku/ kitab hadits/fotokopi dibantu teman sebaya
· Tiap kelompok bertugas menyimpulkan hukum serta faedah dari hadits yang dibahas mengenai keikhlasan dalam beribadah
· Dengan teknik adu cepat, siswa secara kelompok mencari dan menyimpulkan hukum serta faedah hadits Nabi saw. mengenai keikhlasan dalam beribadah
· Dengan teknik adu cepat, siswa secara kelompok melengkapi kesimpulan faedah hadits yang belum rampung
· Tiap kelompok membacakan hasil kesimpulannya di depan kelas
· Guru memberikan klarifikasi kesimpulan faedah hadits yang benar
· Beberapa siswa ditunjuk untuk memperaktekkan cara menyimpulkan faedah hadits dengan benar
C. Kegiatan Akhir
· Guru memberikan latihan soal
· Siswa menukar pekerjaannya dengan pekerjaan teman-temannya yang lain.
· Guru membuat jawaban yang benar selanjutnya siswa mencocokkannya dengan latihannya masing-masing.
· Siswa mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah tersedia terlebih dahulu.
· Guru memberikan refleksi atau reward bagi kelompok/individu yang benar jawabannya
· Guru memberikan tugas setiap kelompok untuk berdiskusi tentang tema “ Dampak positif ikhlas dalam beramal”, yang objek kegiatannya difokuskan dalam kegiatan remaja di lingkungan siswa tinggal
· Siswa bersama-sama membaca surah Al-Asr/do’a sebagai penutup kegiatan pembelajaran
· Guru mengucapkan salam kepada siswa dan dibalas oleh siswa
7. Media dan Sumber Belajar
· Buku teks Al-Qur’an Hadits kelas X ‘Aliyah
· Kitab hadits
· Fotokopi materi hadits dari buku teks
8. Penilaian Proses dan Hasil
· Jenis Penilaian :
1. Penilaian Proses : Observasi siswa dalam kelas
2. Penilaian Hasil : Tulis dan Praktek/Lisan
· Bentuk tagihan : Essay
9. Evaluasi
· Jawablah pertanyaan- pertanyaan berikut dengan jelas!
1. Bacalah dengan benar ayat 162-163 surah Al-An’am, dan jelaskan isinya!
2. Secara redaksional, kepada siapa ayat 5 surah Al-Bayyinah ditujukan?
3. Apa dampak positif beramal dengan ikhlas bagi sipelakunya?
4. Jelaskan latar belakang lahirnya hadits لنيات با إنماالأعمال ?
5. Apa kesimpulan hadits tadi?
10. Menentukan Hasil Evaluasi
Mengubah skor menjadi nilai siswa | Kriteria Nilai |
Jumlah perolehan skor Skor X100% Jumlah skor total | 5 (100)= Amat Baik 4 (80) = Baik 3 (60) = Cukup 1-2 (20-40) =Kurang |
Kunci Jawaban
1. Dalam melakukan apa saja yang positif harus ditujukan untuk Allah semata.
2. Ahli Kitab (Orang Yahudi dan Nasrani).
3. Ia tidak akan kecewa apabila tidak mendapat imbalan dari orang lain.
4. Latar belakang lahirnya hadits tersebut berkaitan dengan seorang laki-laki yang ikut hijrah dari Mekkah ke Madinah karena kekasihnya ikut hijrah dengan Nabi Saw.
5. Amal perbuatan manusia bergantung pada orientasinya, ada yang berorientasi dunia, wanita, atau berorientasi Allah dan Rasul-Nya.
Banyuasin,15 Juli 20....
Mengetahui
Kepala MA. Maariful Ulum Guru PAI/Mahasiswa
(M. Suhud, S. Ag) (Wahyono Saputro)
NIM.
Lampiran 4.1: Respon Kepala MA Maariful Ulum Banyuasin Siklus 1
LEMBARAN PENILAIAN
ASPEK: KOMPETENSI PEDAGOGIG DAN PROFESIONAL
NAMA : Wahyono Saputro
NIM : 0803402
BIDANG STUDI : Al-Qur’an Hadits
TEMPAT TUGAS : MA Maariful Ulum
NAMA SEKOLAH : MA Maariful Ulum
ALAMAT SEKOLAH : Jl. Kauman RT 15 Tl. Keramat,
KECAMATAN : Talang Kelapa
KABUPATEN : Banyuasin
Siklus 1
NO | Aspek yang dinilai | Nilai |
1 | Kejelasan perumusan tujuan pembelajaran (tidak menimbulkan penafsiran ganda dan mengandung perilaku hasil belajar) | 80 |
2 | Pemilihan materi ajar (sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik) | 80 |
3 | Pengorganisasian Materi ajar (keruntutan, sistematika materi dan kesesuaian dengan alokasi waktu) | 80 |
4 | Pemilihan sumber/media pembelajaran (sesuai dengan tujuan, materi dan karakteristik peserta didik) | 80 |
5 | Kejelasan skenario pembelajaran (langkah-langkah kegiatan pembelajaran: kegiatan awal, inti dan penutup) | 90 |
6 | Kerincian skenario pembelajaran (setiap langkah tercermin dalam strategi/metode dan alokasi waktu pada setiap tahap) | 80 |
7 | Kesesuaian teknik dengan tujuan pembelajaran | 80 |
8 | Kelengkapan instrument (soal, kunci, pedoman penskoran) | 80 |
Jumlah Nilai | 640 |
Catatan: Rentang Nilai: 10-100
Penilai
Banyuasin, 27 Mei 20...
Kepala MA
Maariful Ulum
(M. Suhud, S. Ag)
Lampiran 4.2: Respon Kepala MA Maariful Ulum Banyuasin Siklus 1
LEMBARAN PENILAIAN
ASPEK: KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU
NAMA : Wahyono Saputro
NIM : 0803402
BIDANG STUDI : Al-Qur’an Hadits
TEMPAT TUGAS : MA Maariful Ulum
NAMA SEKOLAH : MA Maariful Ulum
ALAMAT SEKOLAH : Jl. Kauman RT 15 Tl. Keramat
KECAMATAN : Talang Kelapa
KABUPATEN : Banyuasin
Siklus 1
NO | Aspek yang dinilai | Nilai |
1 | Ketaatan dalam menjalankan ajaran agama (rajin menjalankan ajaran yang dianut,misal: rajin menjalankan sholat,puasa sunat,pengajian,dll) | 80 |
2 | Tanggung jawab (sanggup menyelsaikan tugas sesuai dengan ketentuan, misal: melaksanakan pembelajaran dengan baik dan sesuai dengan jadwal) | 70 |
3 | Kejujuran (menyampaikan sesuatu apa adanya, misal: izin tidak masuk atau mengajar dengan alasan yang sebenarnya) | 80 |
4 | Kedisiplinan (kepatuhan terhadap ketentuan yang berlaku, misal: mulai dan mengakhiri kegiatan pembelajaran sesuai dengan jadwal) | 70 |
5 | Keteladanan (menjadi contoh atau rujukan dalam sikap dan perilaku bagi orang lain, misal: menjadi teladan bagi sejawat dan peserta didik dalam tutur kata, berpakaian, dll) | 80 |
6 | Etos kerja (komitmen dan semangat dalam melaksanakan tugas, misal: memiliki etos kerja tinggi, bersemangat melaksanakan dan mentaati kaidah-kaidah dalam tugas) | 70 |
7 | Inovasi dan kreativitas (kemampuan dan kemampuan untuk mengadakan pembaharuan melalui oleh pikirnya, misal: selalu berusaha menggunakan alam sekitar dan bahan-bahan yang ada di sekitarnya dalam proses pembelajaran di kelas) | 70 |
8 | Kemampuan menerima kritik dan saran (perilaku dalam merespon kritik dan saran dari orang lain, misal: mendapat kritik tidak marah dan akomodatif terhadap saran orang lain) | 70 |
9 | Kemampuan berkomunikasi (dapat menyampaikan ide-idenya dengan bahasa yang baik dan dapat difahami oleh sasaran, misal: dalam keseharian dapat berkomunikasi secara baik dengan sejawat) | 80 |
10 | Kemampuan bekerjasama dengan pejabat sekolah, guru dan karyawan | 80 |
Jumlah Nilai | 750 |
Catatan: Rentang Nilai: 10-100
Penilai
Banyuasin, 27 Mei 20....
Kepala MA Maariful Ulum
(M. Suhud, S. Ag)
Lampiran 5.1: Respon Kepala MA Maariful Ulum Banyuasin Siklus 2
LEMBARAN PENILAIAN
ASPEK: KOMPETENSI PEDAGOGIG DAN PROFESIONAL
NAMA : Wahyono Saputro
NIM : 0803402
BIDANG STUDI : Al-Qur’an Hadits
TEMPAT TUGAS : MA Maariful Ulum
NAMA SEKOLAH : MA Maariful Ulum
ALAMAT SEKOLAH : Jl. Kauman RT 15 Tl. Keramat,
KECAMATAN : Talang Kelapa
KABUPATEN : Banyuasin
Siklus 2
NO | Aspek yang dinilai | Nilai |
1 | Kejelasan perumusan tujuan pembelajaran (tidak menimbulkan penafsiran ganda dan mengandung perilaku hasil belajar) | 90 |
2 | Pemilihan materi ajar (sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik) | 95 |
3 | Pengorganisasian Materi ajar (keruntutan, sistematika materi dan kesesuaian dengan alokasi waktu) | 85 |
4 | Pemilihan sumber/media pembelajaran (sesuai dengan tujuan, materi dan karakteristik peserta didik) | 85 |
5 | Kejelasan skenario pembelajaran (langkah-langkah kegiatan pembelajaran: kegiatan awal, inti dan penutup) | 100 |
6 | Kerincian skenario pembelajaran (setiap langkah tercermin dalam strategi/metode dan alokasi waktu pada setiap tahap) | 85 |
7 | Kesesuaian teknik dengan tujuan pembelajaran | 85 |
8 | Kelengkapan instrument (soal, kunci, pedoman penskoran) | 90 |
Jumlah Nilai | 715 |
Catatan: Rentang Nilai: 10-100
Penilai
Banyuasin, 27 Mei 20...
Kepala MA
Maariful Ulum
(M. Suhud, S. Ag)
Lampiran 5.2: Respon Kepala MA Maariful Ulum Banyuasin Siklus 2
LEMBARAN PENILAIAN
ASPEK: KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU
NAMA : Wahyono Saputro
NIM : 0803402
BIDANG STUDI : Al-Qur’an Hadits
TEMPAT TUGAS : MA Maariful Ulum
NAMA SEKOLAH : MA Maariful Ulum
ALAMAT SEKOLAH : Jl. Kauman RT 15 Tl. Keramat
KECAMATAN : Talang Kelapa
KABUPATEN : Banyuasin
Siklus 2
NO | Aspek yang dinilai | Nilai |
1 | Ketaatan dalam menjalankan ajaran agama (rajin menjalankan ajaran yang dianut,misal: rajin menjalankan sholat,puasa sunat,pengajian,dll) | 90 |
2 | Tanggung jawab (sanggup menyelsaikan tugas sesuai dengan ketentuan, misal: melaksanakan pembelajaran dengan baik dan sesuai dengan jadwal) | 80 |
3 | Kejujuran (menyampaikan sesuatu apa adanya, misal: izin tidak masuk atau mengajar dengan alasan yang sebenarnya) | 90 |
4 | Kedisiplinan (kepatuhan terhadap ketentuan yang berlaku, misal: mulai dan mengakhiri kegiatan pembelajaran sesuai dengan jadwal) | 80 |
5 | Keteladanan (menjadi contoh atau rujukan dalam sikap dan perilaku bagi orang lain, misal: menjadi teladan bagi sejawat dan peserta didik dalam tutur kata, berpakaian, dll) | 90 |
6 | Etos kerja (komitmen dan semangat dalam melaksanakan tugas, misal: memiliki etos kerja tinggi, bersemangat melaksanakan dan mentaati kaidah-kaidah dalam tugas) | 80 |
7 | Inovasi dan kreativitas (kemampuan dan kemampuan untuk mengadakan pembaharuan melalui oleh pikirnya, misal: selalu berusaha menggunakan alam sekitar dan bahan-bahan yang ada di sekitarnya dalam proses pembelajaran di kelas) | 80 |
8 | Kemampuan menerima kritik dan saran (perilaku dalam merespon kritik dan saran dari orang lain, misal: mendapat kritik tidak marah dan akomodatif terhadap saran orang lain) | 80 |
9 | Kemampuan berkomunikasi (dapat menyampaikan ide-idenya dengan bahasa yang baik dan dapat difahami oleh sasaran, misal: dalam keseharian dapat berkomunikasi secara baik dengan sejawat) | 90 |
10 | Kemampuan bekerjasama dengan pejabat sekolah, guru dan karyawan | 90 |
Jumlah Nilai | 850 |
Catatan: Rentang Nilai: 10-100
Penilai
Banyuasin, 27 Mei 20...
Kepala MA Maariful Ulum
(M. Suhud, S. Ag)
Lampiran 6: Respon Guru Siklus 1
Lembar Pengamatan
Proses Belajar Mengajar
Responden Guru
Nama Sekolah : MA Maariful Ulum
Tahun Pembelajaran : 20.../20...
Kelas/Semester : X(sepuluh)/II
Pokok Bahasan : Keikhlasan dalam Beribadah
Siklus 1
NO | KEGIATAN | 4 | 3 | 2 | 1 |
1 | Apersepsi | v | | | |
2 | Penjelasan | v | | | |
3 | Penjelasan Metode Tanya Jawab | v | | | |
4 | Teknik pembagian kelompok | | v | | |
5 | Pengelolaan kegiatan diskusi | | v | | |
6 | Pemberian pertanyaan atau kuis | v | | | |
7 | Kemampuan melakukan Evaluasi | | v | | |
8 | Memberikan penghargaan individu dan kelompok | | v | | |
9 | Menentukan nilai individu dan kelompok | v | | | |
10 | Menyimpulkan materi pembelajaran | v | | | |
11 | Menutup pembelajaran | v | | | |
KETERANGAN
SB = Sangat Baik (4)
B = Baik (3)
C = Cukup (2)
K = Kurang (1)
Banyuasin, Juni 20
Pengamat,
Dewi H.M, S. Pt
Lampiran 7: Respon Guru Siklus 2
Lembar Pengamatan
Proses Belajar Mengajar
Responden Guru
Nama Sekolah : MA Maariful Ulum
Tahun Pembelajaran : 2009/2010
Kelas/Semester : X(sepuluh)/II
Pokok Bahasan : Keikhlasan dalam Beribadah
Siklus 2
NO | KEGIATAN | 4 | 3 | 2 | 1 |
1 | Apersepsi | v | | | |
2 | Penjelasan | v | | | |
3 | Penjelasan Metode Drill | v | | | |
4 | Teknik pembagian kelompok | v | | | |
5 | Pengelolaan kegiatan diskusi | v | | | |
6 | Pemberian pertanyaan atau kuis | v | | | |
7 | Kemampuan melakukan Evaluasi | v | | | |
8 | Memberikan penghargaan individu dan kelompok | v | | | |
9 | Menentukan nilai individu dan kelompok | v | | | |
10 | Menyimpulkan materi pembelajaran | v | | | |
11 | Menutup pembelajaran | v | | | |
KETERANGAN
SB = Sangat Baik (4)
B = Baik (3)
C = Cukup (2)
K = Kurang (1)
Banyuasin, Juni 20
Pengamat,
Dewi H.M, S. Pt
Lampiran 8: Respon Siswa Siklus 1
Respon Siswa Kelas X
No | Nama Siswa | Minat | Perhatian | Partisipasi | ||||||
B | C | K | B | C | K | B | C | K | ||
1 | Asroroi Agus Latif | v | | | v | | | v | | |
2 | Ambo Assa | | v | | v | | | | v | |
3 | Abu Naim | | v | | v | | | | v | |
4 | Atiq Rofiah | v | | | v | | | v | | |
5 | Ani Kurniati | v | | | v | | | v | | |
6 | Amelia | v | | | v | | | v | | |
7 | Ani Puspitasari | v | | | v | | | v | | |
8 | Desi Arizandi | v | | | v | | | v | | |
9 | Khusnul Khotimah | v | | | v | | | v | | |
10 | Kisnadi | v | | | | v | | v | | |
11 | M. Al Hadi Haqqi | v | | | v | | | v | | |
12 | Nur Hasmah | v | | | v | | | v | | |
13 | Syahril | | v | | v | | | v | | |
14 | Siti Munawaroh | v | | | v | | | v | | |
15 | Sri Watini | v | | | v | | | v | | |
16 | Umi Lailatul Qodariah | v | | | v | | | v | | |
17 | Ermie Rahmawati | v | | | v | | | v | | |
18 | Rachmad Dirga Rizki | v | | | | v | | | v | |
| Jumlah | 15 | 3 | 0 | 16 | 2 | 0 | 15 | 3 | 0 |
KETERANGAN
B = Baik (3)
C = Cukup (2)
K = Kurang (1)
Lampiran 9: Respon Siswa Siklus 2
Respon Siswa Kelas X
No | Nama Siswa | Minat | Perhatian | Partisipasi | ||||||
B | C | K | B | C | K | B | C | K | ||
1 | Asroroi Agus Latif | v | | | v | | | v | | |
2 | Ambo Assa | | v | | v | | | | v | |
3 | Abu Naim | v | | | v | | | v | | |
4 | Atiq Rofiah | v | | | v | | | v | | |
5 | Ani Kurniati | v | | | v | | | v | | |
6 | Amelia | v | | | v | | | v | | |
7 | Ani Puspitasari | v | | | v | | | v | | |
8 | Desi Arizandi | v | | | v | | | v | | |
9 | Khusnul Khotimah | v | | | v | | | v | | |
10 | Kisnadi | v | | | v | | | v | | |
11 | M. Al Hadi Haqqi | v | | | v | | | v | | |
12 | Nur Hasmah | v | | | v | | | v | | |
13 | Syahril | v | | | v | | | v | | |
14 | Siti Munawaroh | v | | | v | | | v | | |
15 | Sri Watini | v | | | v | | | v | | |
16 | Umi Lailatul Qodariah | v | | | v | | | v | | |
17 | Ermie Rahmawati | v | | | v | | | v | | |
18 | Rachmad Dirga Rizki | v | | | | v | | | v | |
| Jumlah | 17 | 1 | 0 | 17 | 1 | 0 | 16 | 2 | 0 |
KETERANGAN
B = Baik (3)
C = Cukup (2)
K = Kurang (1)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar