Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Al-Qur’an 1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi. | 1.1 Membaca QS Al-Baqarah; 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78 1.2 Menyebutkan arti QS Al-Baqarah; 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78. 1.3 Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS Al-Baqarah;30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78. |
2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah. | 2.1 Membaca QS Al An’am; 162-163 dan Al-Bayyinah; 5. 2.2 Menyebutkan arti QS Al An’am;162-163 dan Al-Bayyinah; 5. 2.3 Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam QS Al An’am;162-163 dan Al-Bayyinah; 5. |
Aqidah 1. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna | 3.1 Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna. 3.2 Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna. 3.3 Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna. |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Akhlak 2. Membiasakan perilaku terpuji | 4.1 Menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan. 4.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia. 4.3 Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari. |
Fiqih 3. Memahami sumber hokum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah. | 5.1 Menyebutkan pengertian kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam 5.2 Menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam 5.3 Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari. |
Tarikh dan Kebudayaan Islam 6. Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah. | 6.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasullah SAW periode Makkah. 6.2 Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW periode Makkah |
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Al Qur’an 7. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi | 7.1 Membaca QS Ali Imran; 159 dan QS Asy Syura; 38. 7.2 Menyebutkan arti QS Ali Imran 159 dan QS Asy Syura; 38. 7.3 Menampilkan perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS Ali Imran 159, dan QS Asy Syura; 38 dalam kehidupan sehari-hari. |
Aqidah 8. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat. | 8.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada malaikat. 8.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat. 8.3 Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari. |
Akhlak 9. Membiasakan perilaku terpuji. | 9.1 Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan atau menerima tamu. 9.2 Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu. 9.3 Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari. |
10. Menghindari Perilaku Tercela | 10.1 Menjelaskan pengertian hasad, riya, aniaya dan diskriminasi 10.2 Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi 10.3 Menghindari hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Fiqih 11. Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf. | 11.1 Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf. 11.2 Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf. 11.3 Menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf. |
Tarikh dan Kebudayaan Islam 12. Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Madinah. | 12.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasullah SAW periode Madinah. 12.2 Mendeskripsikan strategi dakwah Rasullullah SAW periode Madinah. |
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | |
Al Qur’an | | |
1. Memahami ayat-ayat Al- Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan | 1.1 | Membaca QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir : 32 |
1.2 | Menjelaskan arti QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir : 32 | |
| 1.3 | Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir : 32 |
2. Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang perintah menyantuni kaum Dhu’afa | 2.1 | Membaca Qs. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177 |
2.2 | Menjelaskan arti QS. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177 | |
2.3 | Menampilkan perilaku menyantuni kaum Dhu’afa seperti terkandung dalam QS. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177 | |
Aqidah | | |
3. Meningkatkan keimanan kepada Rasul rasul Allah | 3.1 | Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasulrasul Allah |
3.2 | Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah | |
3.3 | Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari | |
Akhlaq | | |
4. Membiasakan berperilaku terpuji | 4.1 | Menjelaskan pengertian taubat dan raja’ |
4.2 | Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja’ | |
4.3 | Membiasakan perilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Fiqih | | | |
5. Memahami hukum Islam tentang Mu’amalah | 5.1 | Menjelaskan azas-azas transaksi ekonomi dalam Islam | |
5.2 | Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam | ||
5.3 | Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari | ||
Tarikh dan Kebudayaan Islam | | | |
6. Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan (1250 – 1800) | 6.1 | Menjelaskan perkembangan Islam pada abad pertengahan | |
6.2 | Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan | ||
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | |
Al Qur’an | | |
7. Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup | 7.1 | Membaca QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27 |
7.2 | Menjelaskan arti QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27 | |
| 7.3 | Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan Shad: 27 |
Aqidah | | |
8. Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah | 8.1 | Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah |
8.2 | Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah | |
Akhlak | | |
9. Membiasakan perilaku terpuji | 9.1 | Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain |
9.2 | Menampilkan contoh perilaku menghargai karya orang lain | |
9.3 | Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari | |
10. Menghindari perilaku tercela | 10.1 | Menjelaskan pengertian dosa besar |
10.2 | Menyebutkan contoh perbuatan dosa besar | |
10.3 | Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Fiqih | | | |
11. Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah | 11.1 | Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah | |
11.2 | Memperagakan tatacara pengurusan jenazah | ||
| | ||
12. Memahami khutbah, tabligh dan dakwah | 12.1 | Menjelaskan pengertian khutbah, tabligh dan dakwah | |
12.2 | Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh dan dakwah | ||
12.3 | Memperagakan khutbah, tabliqh dan dakwah | ||
Tarikh dan Kebudayaan Islam | | | |
13. Memahami perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang) | 13.1 | Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern | |
13.2 | Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern | ||
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | |
Al Qur’an | | |
1. Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang anjuran bertoleransi | 1.1 | Membaca QS. al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29 |
1.2 | Menjelaskan arti QS. al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29 | |
| 1.3 | Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS al Kafiiruun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29 |
2. Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang etos kerja | 2.1 | Membaca QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10 |
2.2 | Menjelaskan arti QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10 | |
2.3 | Membiasakan perilaku beretos kerja seperti terkandung dalam Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10 | |
Aqidah | | |
3. Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir | 3.1 | Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir |
3.2 | Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir | |
3.3 | Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari | |
Akhlaq | | |
4. Membiasakan perilaku terpuji | 4.1 | Menjelaskan pengertian adil, ridha dan amal shaleh |
4.2 | Menampilkan contoh perilaku adil, ridha dan amal shaleh | |
4.3 | Membiasakan perilaku adil, ridha dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | |
Fiqih | | |
5. Memahami Hukum Islam tentang Hukum Keluarga | 5.1 | Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam |
5.2 | Menjelaskan hikmah perkawinan | |
| 5.3 | Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia |
Tarikh dan Kebudayaan Islam | | |
6. Memahami perkembangan Islam di Indonesia | 6.1 | Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia |
6.2 | Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia | |
6.3 | Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia |
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | |
Al Qur’an | | |
7. Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang pengembangan IPTEK | 7.1 | Membaca QS. Yunus : 101 dan QS. al Baqarah : 164 |
7.2 | Menjelaskan arti QS Yunus : 101 dan QS. al Baqarah : 164 | |
| 7.3 | Melakukan pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam QS Yunus : 101 dan QS. al Baqarah : 164 |
Aqidah | | |
8. Meningkatkan keimanan kepada Qadha’ dan Qadhar | 8.1 | Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada Qadha’ dan Qadar |
8.2 | Menerapkan hikmah beriman kepada Qadha’ dan Qadhar | |
Akhlaq | | |
9. Membiasakan perilaku terpuji | 9.1 | Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan |
9.2 | Menampilkan contoh perilaku persatuan dan kerukunan | |
9.3 | Membiasakan perilaku persatuan dan kerukunan | |
10. Menghindari perilaku tercela | 10.1 | Menjelaskan pengertian Isyrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah |
10.2 | Menjelaskan contoh perilaku Isyrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah | |
10.3 | Menghindari perilaku Isyrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah dalam kehidupan sehari-hari | |
Fiqih | | |
11. Memahami Hukum Islam tentang Waris | 11.1 | Menjelaskan ketentuan hukum Waris |
11.2 | Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum Waris |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | ||
Tarikh dan Kebudayaan Islam | | | |
12. Memahami perkembangan Islam di dunia | 12.1 | Menjelaskan perkembangan Islam di dunia | |
12.2 | Menampilkan contoh perkembangan Islam di dunia | ||
12.3 | Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia | ||
untuk kurikulum 2013 mana ?
BalasHapussementara ada yang ini http://www.scribd.com/doc/231398374/Buku-PAI-Kls-X-Kurikulum-2013 dan http://www.scribd.com/doc/231396668/Silabus-Pelatihan-PAI-SMA-SMK-Kurikulum-2013 :)
BalasHapus