| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INGGRIS KELAS 6 SD |
Sekolah | : SDN 10 Tungkal Ilir |
Mata Pelajaran | : Bahasa Inggris |
Kelas/ Semester | : VI/I |
Alokasi Waktu | : 1 JP [2 x 35 menit] |
Pertemuan Ke : 2
Standar Kompetensi :
Mendengarkan [Listening]
1. Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks peserta didik.
Kompetensi Dasar:
1.2. Memahami cerita lisan secara berterima dengan bantuan gambar.
Indikator:
Melengkapi kalimat dengan bantuan gambar
I. Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat melengkapi kalimat dengan bantuan gambar.
Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya (Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian (Respect)
Tekun (Diligence)
Tanggung jawab (Responsibility)
Berani (Courage)
II. Materi Pokok: Listen to the voices and fill in the blanks [hlm. 34-35]
III. Metode:
Drill, tanya jawab dan penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
Kegiatan Awal
· Salam dan do’a
· Guru melakukan appersepsi dan motivasi.
· Guru dapat meminta siswa untuk mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan materi pada pokok bab yang di bahas.
Kegiatan Inti
· Siswa diminta mendengar instruksi guru atau dari kaset/CD/DVD dan merespon dengan cara melengkapi kalimat yang belum sempurna dengan bantuan gambar yang tersedia secara klasikal [Fase eksplorasi] (hlm.34-35).
· Setelah instruksi selesai, siswa segera melengkapi kalimaat yang belum sempurna dengan bantuan tiga gambar pilihan yang tersedia untuk setiap item soal (waktu untuk melengkapi kalimat persoal adalah 10 detik-sesuaikan dengan situasi dan kondisi setiap unit- [Fase elaborasi].
· Guru melakukan fase eksplorasi tersebut hingga tuntas sampai ke akhir soal yang terakhir.
· Guru meminta hasil pekerjaan siswa, dilanjutkan dengan mengoreksi dengan cermat
· Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan. [Fase konfirmasi].
Kegiatan Penutup
· Guru mengumumkan prestasi pekerjaan siswa.
· Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau good pada siswa yang nilainya melampaui KKM agar mereka termotivasi, sedangkan bagi yang belum dimotivasi dan dilakukan remedial.
V. Alat dan Sumber Belajar:
· Kaset, CD/DVD
· Buku teks
· Buku paket Speed Up ENGLISH 6, kelas 6 SD, (Jakarta: Yudhistira, 2006).
VI. Penilaian:
Lisan
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | |||
Tek nik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | KKM* | |
o Melengkapi kalimat dengan bantuan gambar | Tes tulis | Melengkapi kalimat dengan bantuan gambar. | | 70 KKM dise suaikan dengan unit sekolah masing-masing |
LEMBAR Penskoran Aspek
No | Aspek | Skor |
1 | Kelancaran a. Lancar b. kurang lancar c. tidak lancar | 5 3 1 |
2 | keberanian a. berani b. Malu-malu | 3 1 |
LEMBAR Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Jumlah Skor | Nilai | |
Kelancaran | keberanian | ||||
1 | Liza Zapety | 5 | 3 | 8 | 100 |
2 | | | | | |
3 | | | | | |
4 | | | | | |
5 | | | | | |
6 | | | | | |
7 | | | | | |
8 | | | | | |
9 | | | | | |
10 | | | | | |
11 | | | | | |
12 | | | | | |
13 | | | | | |
14 | | | | | |
15 | | | | | |
16 | | | | | |
17 | | | | | |
18 | | | | | |
19 | | | | | |
20 | | | | | |
Mengubah skor menjadi nilai siswa | Kriteria Nilai |
Jumlah perolehan skor Skor= X100% Jumlah skor total | 5 (100) = Amat Baik 4 (80) = Baik 1-3 (20-60) = Kurang |
LEMBAR Ketuntasan Siswa
No | Nama Siswa | Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] * 70 | |
1. belum tuntas | 2. tuntas | ||
0-69 | 70-100 | ||
√ | | ||
| √ | ||
1 | Liza Zapety | | √ |
2 | | | |
3 | | | |
4 | | | |
5 | | | |
6 | | | |
7 | | | |
8 | | | |
9 | | | |
10 | | | |
11 | | | |
12 | | | |
13 | | | |
14 | | | |
15 | | | |
16 | | | |
17 | | | |
18 | | | |
19 | | | |
20 | | | |
Jumlah | | |
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 100.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
| ......................., 2011 |
Mengetahui, Kepala | Guru B.Inggris |
(Fulan Bin Fulan, S.Pd) NIP. | ( Laly Binti Raeling, S.Pd.I ) NIP. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar