Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Kamis, 14 Juli 2011

RP_[PAI]_XI-SMA_kompetensi dalam kebaikan




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)     
 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI SMA
e-mail:wahyonosaputro@ymail.com, http://wahyonosaputro.wordpress.com/
http://wahyono-saputro.blogspot.com/

Mata Pelajaran  : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/ Semester : XI / I
Alokasi Waktu  : 2 x 45 menit
Pertemuan Ke   : 1
Standar Kompetensi         
Al Qur’an
1.   Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang kompetensi dalam kebaikan
Kompetensi Dasar 
1. 1. Membaca QS Al-Baqarah 148 dan QS Al-Fathir 32
Indikator
Membaca QS Al-Baqarah 148 dan QS Al-Fathir 32 dengan baik dan benar
Mengidentifikasikan tajwid QS Al-Baqarah 148 dan QS Al-Fathir 32 dengan baik dan benar

I.             Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat Membaca QS Al-Baqarah 148 dan QS Al-Fathir 32

II.          Materi Pokok



 





III.       Metode
Ceramah, Drill, demonstrasi,  dan penugasan

IV.        Langkah-langkah Pembelajaran:
            Kegiatan Awal ( 5 menit )
·         Salam dan do’a
·         Guru melakukan appersepsi
        Kegiatan Inti ( 35 menit )
·         Pada setiap awal pembelajaran, guru membimbing siswa dengan membaca Al-Qur’an surah al-An’am [6]: 1-4 dengan baik selama 5 menit.



الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَجَعَلَ الظُّلُمَاتِ وَالنُّورَ ثُمَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِرَبِّهِمْ يَعْدِلُونَ (1) هُوَ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ طِينٍ ثُمَّ قَضَى أَجَلًا وَأَجَلٌ مُسَمًّى عِنْدَهُ ثُمَّ أَنْتُمْ تَمْتَرُونَ (2) وَهُوَ اللَّهُ فِي السَّمَاوَاتِ وَفِي الْأَرْضِ يَعْلَمُ سِرَّكُمْ وَجَهْرَكُمْ وَيَعْلَمُ مَا تَكْسِبُونَ (3) وَمَا تَأْتِيهِمْ مِنْ آَيَةٍ مِنْ آَيَاتِ رَبِّهِمْ إِلَّا كَانُوا عَنْهَا مُعْرِضِينَ (4)


·         1. Guru membacakan QS Al-Baqarah 148 dan secara perlahan, jelas dan tartil diikuti oleh siswa secara klasikal [lakukan sebanyak 2 atau 3 kali]
·         2. Guru membacakan QS Al-Fathir 32 secara perlahan, jelas dan tartil diikuti oleh siswa secara klasikal [lakukan sebanyak 2 atau 3 kali]
·         Langkah 1-2 di atas boleh diganti dengan memutar murattal Al-Quran MP3/MP4 pada surah dan ayat yang bersangkutan.
·         Selanjutnya, siswa diminta mengidentifikasi kata dan kalimat yang mengandung bacaan idgham bighunnah, izhar, mad thabi’i, mad arid lissukun, mad ‘iwad, ghunnah, Mufakhham (tebal) dan ikhfa’ pada ayat yang sedang dibahas. Dalam tahap ini, disarankan agar siswa yang dapat mengidentifikasi kata dan kalimat yang mengandung bacaan idgham bighunnah, izhar, mad thabi’i, mad arid lissukun, mad ‘iwad, ghunnah, Mufakhham (tebal) dan ikhfa’ pada ayat yang sedang dibahas, agar melafadzkan contoh  kata dan kalimat yang telah teridentifikasi_sedangkan guru mencermati pelafadzan tersebut, dan hanya membetulkan bila dianggap betul-betul keliru.
·         Bila bacaan siswa keliru guru diharapkan berucap seperti : “....eiit, dengungnya kelamaan, bisa diulangi lagi, .....” demikian seterusnya.
·         Selanjutnya guru menugaskan siswa untuk melakukan kegiatan seperti tercantum sebagai berikut:



·         Selanjutnya pekerjaan siswa diserahkan kepada guru untuk dikoreksi.
·         Guru dan siswa bertanya jawab mengenai bacaan QS Al-Baqarah 148 dan QS Al-Fathir 32, terutama yang berkaitan dengan idgham bighunnah, izhar, mad thabi’i, mad arid lissukun, mad ‘iwad, ghunnah, Mufakhham (tebal) dan ikhfa’ .

Kegiatan Penutup ( 5 menit )
·         Guru dan siswa merefleksikan hasil pembelajaran, yaitu manfaat mempelajari kompetensi ini.
·         Guru menugaskan siswa untuk membaca kembali QS Al-Baqarah 148 dan QS Al-Fathir 32 secara perlahan, jelas dan tartil di rumah masing-masing

V.           Alat dan Sumber Belajar:
§         Media Audio-visual bacaan Al-Qur’an .
§         Al-Qur’an
§         buku teks (Pendidikan Agama Islam-2SMA_Kelas XI, Jakarta: ERLANGGA, 2007), Hal. 1-10.
§         HaditsWeb 3.0_Al Qur’an dan terjemah.

VI.        Penilaian:

                                                               
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
KKM
·  Membaca QS Al-Baqarah 148 dan QS Al-Fathir 32 dengan baik dan benar.
·  Mengidentifikasikan tajwid QS Al-Baqarah 148 dan QS Al-Fathir 32 dengan baik dan benar


Tes
Tes lisan dan Unjuk kemampuan.
1.  Bacalah QS Al-Baqarah 148 dan QS Al-Fathir 32 dengan baik dan benar.
2.  Identifikasikan hukum bacaan apa saja yang terdapat dalam QS Al-Baqarah 148 dan QS Al-Fathir 32 dengan baik dan benar

70
KKM disesuaikan dengan kondisi Unit masing-masing


Format penilaian praktik bacaan Al-Qur’an siswa (psikomotorik)

No
Aspek
Skor
1
Bacaan (makhraj dan fasih)
a.        Baik
b.       Cukup
c.        Kurang

5
3
1
2
Tajwid
a.        baik
b.       kurang

3
1





Mengubah skor menjadi nilai siswa
Kriteria Nilai


Jumlah perolehan skor
Skor=                                                                                    X100%      
Jumlah skor total

  8 (100)         = Amat Baik
  6 (75)            = Baik
2-4 (  25-50)   = Kurang




No.
Nama Siswa
Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] *
Nilai
0-69
70-100


1. belum tuntas



2. tuntas

§    *Bila siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, lakukan REMEDIAL, bila secara klasikal telah mencapai KKM boleh  dilakukan PENGAYAAN[sesuaikan dengan alokasi waktu].
§    *Guru dianjurkan melakukan Penelitian Tindakan Kelas [PTK], dalam rangka melakukan perbaikan aspek-aspek tertentu dari pembelajaran.

                                                                                                                                                                                                                       Banyuasin,               2011
Mengetahui,
Kepala                                                                                   Guru PAI



(Hidirman, S.Pd)                                                                   ( Wahyono Saputro, S.Pd.I )
NIP.196412121989061001                                                     NIP. 19751227 200902 1 002

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar