| Mata Pelajaran | : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
| Kelas/ Semester | : 3 / I |
| Alokasi Waktu | : 3 x 35 menit |
| Pertemuan Ke | : 1 |
Standar Kompetensi :
Al-Qur’an
1. Mengenal Kalimat dalam Al-Qur’an
Kompetensi Dasar :
1. 1. Membaca Kalimat dalam Al-Qur’an.
Indikator:
Melafalkan kalimat Al-Qur’an dengan harakat dan makhraj yang baik dan benar
Mendemonstrasikan lafal kalimat Al-Qur’an dengan harakat dan makhraj yang benar.
I. Tujuan Pembelajaran:
· Siswa dapat membaca Kalimat Al-Qur’an dengan makhraj yang baik dan benar
II. Materi Pokok:
III. Metode:
Drill, demonstrasi dan penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
Kegiatan Awal ( 5 menit )
· Salam dan do’a
· Guru melakukan appersepsi
Kegiatan Inti ( 25 menit )
· Pada setiap awal pembelajaran, guru membimbing siswa dengan membaca Al-Qur’an dengan baik selama 5 menit.
· 1. Guru melafalkan kalimat Al-Qur’an dengan harakat dan makhraj yang baik dan benar secara berulang [3 kali].
· 2. Siswa mendengar dengan seksama kemudian mengulang pelafalan kalimat Al-Qur’an dengan harakat dan makhraj yang baik dan benar secara klasikal
· 3. Guru menunjuk seorang siswa untuk melafalkan kalimat Al-Qur’an dengan harakat dan makhraj yang baik dan benar [dilakukan perindividu dan dicobakan pada beberapa siswa lain]
· Guru memperbaiki pelafalan hafalan siswa yang kurang tepat.
· Siswa menuliskan kalimat Al-Qur’an dengan harakat yang baik dan benar.
· Guru memperhatikan cara menulis siswa serta memberikan penjelasan cara menulis huruf berbahasa Arab, yaitu dimulai dari sebelah kanan ke kiri
Kegiatan Penutup ( 5 menit )
· Siswa secara perseorangan mendemonstrasikan bacaan kalimat Al-Qur’an dengan harakat dan makhraj yang baik dan benar di sepan kelas.
· Guru memberikan penguatan atau menyimpulkan materi
· Guru menutup, mengakhiri pelajaran dengan membaca Hamdallah.
V. Alat dan Sumber Belajar:
Media Audio-visual
Buku teks (Hikmah Pendidikan AGAMA ISLAM_Kelas 3, Bogor: Yudhistira, 2009), Hal.2-3.
IQRO’ Klasikal, IQRO’ Privat Jilid 3
VI. Penilaian:
| Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | |||
| Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | KKM | |
| o Melafalkan kalimat Al-Qur’an dengan harakat dan makhraj yang baik dan benar o Mendemonstrasikan lafal kalimat Al-Qur’an dengan harakat dan makhraj yang benar. | Lisan. | Unjuk penampilan. | 1. Lafalkan kalimat Al-Qur’an berikut dengan harakat dan makhraj yang benar!. وَالْعَصْرِ خُسْرٍ الصَّمَدُ أَحَدٌ ضَبْحًا يُؤْمِنُونَ أُولَئِكَ يَسْأَلُونَكَ 2. Demonstrasikan di depan kelas lafal kalimat Al-Qur’an berikut dengan harakat dan makhraj yang benar! لَيْلَةُ الْقَدْرِ وَيْلٌ لِكُلِّ هُمَزَةٍ لُمَزَةٍ | 70 KKM disesuaikan dengan kondisi Unit masing-masing |
Format penilaian bacaan siswa (psikomotorik)
| No | Aspek | Skor |
| 1 | Kelancaran a. Lancar b. kurang lancar c. tidak lancar | 5 3 1 |
| 2 | Adab membaca a. berani b. Malu-malu | 3 1 |
| Mengubah skor menjadi nilai siswa | Kriteria Nilai |
| Jumlah perolehan skor Jumlah skor total | 90-100 = Amat Baik 71-89 = Baik 70= Cukup 0-69 = Kurang |
| No. | Nama Siswa | Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] * | Nilai | |
| 0-69 | 70-100 | |||
| | | 1. belum tuntas | √ | |
| | | 2. tuntas | | √ |
§ *Bila siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, lakukan REMEDIAL, bila secara klasikal telah mencapai KKM boleh dilakukan PENGAYAAN[sesuaikan dengan alokasi waktu].
§ *Guru dianjurkan melakukan Penelitian Tindakan Kelas [PTK], dalam rangka melakukan perbaikan aspek-aspek tertentu dari pembelajaran.
| | ..............................., 2011 |
| Mengetahui, Kepala | Guru PAI |
| (Fulan Bin Fulan, S.Pd) NIP. | ( Laly Binti Raeling, S.Pd.I ) NIP. |



Tidak ada komentar:
Posting Komentar