RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMP e-mail:wahyonosaputro@ymail.com, http://wahyonosaputro.wordpress.com/ http://wahyono-saputro.blogspot.com/ |
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/ Semester : VII / I
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan Ke : 1
Standar Kompetensi
Fiqih
6. Memahami tata cara shalat berjamaah dan munfarid
Kompetensi Dasar
6. 1. Menjelaskan pengertian shalat jamaah dan munfarid.
Indikator
Menjelaskan pengertian shalat jamaah dan munfarid
Menunjukkan dalil naqli tentang shalat berjamaah dan shalat munfarid
Menjelaskan syarat shalat berjamaah
Menjelaskan syarat imam
Menjelaskan syarat makmum
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat jamaah dan shalat munfarid.
II. Materi Pokok
III. Metode
Ceramah, tanya jawab dan penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
Kegiatan Awal ( 5 menit )
· Salam dan do’a
· Guru melakukan appersepsi
Kegiatan Inti ( 30 menit )
· Pada setiap awal pembelajaran, guru membimbing siswa dengan membaca Al-Qur’an dengan baik selama 5 menit.
· Guru menunjuk salah seorang siswa untuk membacakan materi pengertian shalat jamaah dan siswa yang lain menyimak dengan baik.
· Setelah siswa membacakan materi, guru menuliskan kata-kata kunci dari materi yang baru saja dibaca siswa di papan tulis, yaitu : SHALAT JAMAAH dan MUNFARID.
· Guru meminta salah seorang siswa menjelaskan pengertian shalat jamaah dan munfarid, sementara siswa lain mendengarkan jawaban tersebut.
· Selanjutnya, guru menugaskan seorang siswa untuk menuliskan syarat shalat jamaah di papan tulis, sementara siswa lain diminta menyalin tulisan siswa tersebut
· Selanjutnya, guru meminta seorang siswa menuliskan SYARAT IMAM dan Syarat MAKMUM di papan tulis, sementara siswa lain diminta menyalin tulisan siswa tersebut
· Guru dan siswa bertanya jawab mengenai materi yang masih samar dan belum dimengerti siswa
Kegiatan Penutup ( 5 menit )
· Guru memberikan kesimpulan hasil belajar
· Guru dan siswa merefleksikan hasil pembelajaran, yaitu manfaat mempelajari kompetensi ini.
· Guru menugaskan siswa untuk membaca kembali pengertian SHALAT BERJAMAAH dan MUNFARID, SYARAT SHALAT JAMAAH, SYARAT IMAM dan SYARAT MAKMUM di rumah masing-masing
V. Alat dan Sumber Belajar:
Media Audio-visual Praktek Shalat Berjamaah.
Gambar Shalat berjamaah
buku teks (Mutiara Akhlak dalam Pendidikan Agama Islam-1_Kelas VII, Solo: Tiga Serangkai, 2007), Hal.72-74.
VI. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | KKM | |
· Menjelaskan pengertian shalat jamaah dan munfarid · Menunjukkan dalil naqli tentang shalat berjamaah dan shalat munfarid · Menjelaskan syarat shalat berjamaah · Menjelaskan syarat imam · Menjelaskan syarat makmum | Tes | Tes Tulis dan Unjuk penampilan. | 1. Jelaskan pengertian shalat jamaah dan munfarid 2. Tunjukkan dalil naqli tentang shalat berjamaah dan shalat munfarid 3. Jelaskan syarat shalat berjamaah 4. Jelaskan syarat imam 5. Jelaskan syarat makmum | 70 KKM disesuaikan dengan kondisi Unit masing-masing |
Mengubah skor menjadi nilai siswa | Kriteria Nilai |
Jumlah perolehan skor Skor= X100% Jumlah skor total | 5 (100) = Amat Baik 4 (80) = Baik 1-3 ( 0-60) = Kurang |
No. | Nama Siswa | Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] * | Nilai | |
0-69 | 70-100 | |||
| | 1. belum tuntas | √ | |
| | 2. tuntas | | √ |
*Bila siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, lakukan REMEDIAL, bila secara klasikal telah mencapai KKM boleh dilakukan PENGAYAAN[sesuaikan dengan alokasi waktu].
*Guru dianjurkan melakukan Penelitian Tindakan Kelas [PTK], dalam rangka melakukan perbaikan aspek-aspek tertentu dari pembelajaran.
Banyuasin, 2011
Mengetahui,
Kepala Guru PAI
(Hidirman, S.Pd) ( Wahyono Saputro, S.Pd.I )
NIP.196412121989061001 NIP. 19751227 200902 1 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar