Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Senin, 11 Juli 2011

RPP-Pendidikan Agama Islam[PAI]7SMP-SMS1_ShalatBerjamaah1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)     
 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMP
e-mail:wahyonosaputro@ymail.com, http://wahyonosaputro.wordpress.com/
http://wahyono-saputro.blogspot.com/

Mata Pelajaran      : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/ Semester      : VII / I
Alokasi Waktu      : 2 x 40 menit
Pertemuan Ke        : 1
Standar Kompetensi    
Fiqih
6.   Memahami tata cara shalat berjamaah dan munfarid
Kompetensi Dasar        
6. 1. Menjelaskan pengertian shalat jamaah dan munfarid.
Indikator
Menjelaskan pengertian shalat jamaah dan munfarid
Menunjukkan dalil naqli tentang shalat berjamaah dan shalat munfarid
Menjelaskan  syarat shalat berjamaah
Menjelaskan syarat imam
Menjelaskan syarat makmum

I.             Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat jamaah dan shalat munfarid.

II.          Materi Pokok









III.       Metode
Ceramah, tanya jawab dan penugasan

IV.        Langkah-langkah Pembelajaran:
            Kegiatan Awal ( 5 menit )
·         Salam dan do’a
·         Guru melakukan appersepsi
        Kegiatan Inti ( 30 menit )
·         Pada setiap awal pembelajaran, guru membimbing siswa dengan membaca Al-Qur’an dengan baik selama 5 menit.


·         Guru menunjuk salah seorang siswa untuk membacakan  materi pengertian shalat jamaah dan siswa yang lain menyimak dengan baik.
·         Setelah siswa membacakan materi, guru menuliskan kata-kata kunci dari materi yang baru saja dibaca siswa di papan tulis, yaitu : SHALAT JAMAAH dan MUNFARID.
·         Guru meminta  salah seorang siswa menjelaskan pengertian shalat jamaah dan munfarid, sementara siswa lain mendengarkan jawaban tersebut.
·         Selanjutnya, guru menugaskan seorang siswa untuk menuliskan syarat shalat jamaah di papan tulis, sementara siswa lain diminta menyalin tulisan siswa tersebut
·         Selanjutnya, guru meminta seorang siswa menuliskan SYARAT IMAM dan Syarat MAKMUM di papan tulis, sementara siswa lain diminta menyalin tulisan siswa tersebut
·         Guru dan siswa bertanya jawab mengenai materi yang masih samar dan belum dimengerti siswa
Kegiatan Penutup ( 5 menit )
·         Guru  memberikan kesimpulan hasil belajar
·         Guru dan siswa merefleksikan hasil pembelajaran, yaitu manfaat mempelajari kompetensi ini.
·         Guru menugaskan siswa untuk membaca kembali pengertian SHALAT BERJAMAAH dan MUNFARID, SYARAT SHALAT JAMAAH, SYARAT IMAM dan SYARAT MAKMUM di rumah masing-masing

V.           Alat dan Sumber Belajar:
Media Audio-visual Praktek Shalat Berjamaah.
Gambar Shalat berjamaah
buku teks (Mutiara Akhlak dalam Pendidikan Agama Islam-1_Kelas VII, Solo: Tiga Serangkai, 2007), Hal.72-74.

VI.        Penilaian:

                                                               
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
KKM
·    Menjelaskan pengertian shalat jamaah dan munfarid
·    Menunjukkan dalil naqli tentang shalat berjamaah dan shalat munfarid
·    Menjelaskan  syarat shalat berjamaah
·    Menjelaskan syarat imam
·    Menjelaskan syarat makmum

Tes
Tes Tulis dan Unjuk penampilan.
1.    Jelaskan pengertian shalat jamaah dan munfarid
2.   Tunjukkan dalil naqli tentang shalat berjamaah dan shalat munfarid
3.   Jelaskan  syarat shalat berjamaah
4.   Jelaskan syarat imam
5.   Jelaskan syarat makmum

70
KKM disesuaikan dengan kondisi Unit masing-masing


Mengubah skor menjadi nilai siswa
Kriteria Nilai


Jumlah perolehan skor
Skor=                                                                                    X100%      
Jumlah skor total

  5 (100)        = Amat Baik
  4 (80)          = Baik
1-3 (  0-60)   = Kurang


No.
Nama Siswa
Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] *
Nilai
0-69
70-100


1. belum tuntas



2. tuntas

*Bila siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, lakukan REMEDIAL, bila secara klasikal telah mencapai KKM boleh  dilakukan PENGAYAAN[sesuaikan dengan alokasi waktu].
*Guru dianjurkan melakukan Penelitian Tindakan Kelas [PTK], dalam rangka melakukan perbaikan aspek-aspek tertentu dari pembelajaran.

                                                                                                                                                                                                                           Banyuasin,               2011
Mengetahui,
Kepala                                                                                   Guru PAI



(Hidirman, S.Pd)                                                                   ( Wahyono Saputro, S.Pd.I )
NIP.196412121989061001                                                     NIP. 19751227 200902 1 002

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar