Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/ Semester : 2 / I
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit
Pertemuan Ke : 2
Standar Kompetensi
Al-Qur’an
1. Menghafal Al-Qur’an
Kompetensi Dasar
1. 2. Mengenal tanda baca
Indikator
Melafalkan huruf Hijaiyah yang berharakat fathah (a) dan fathatain (an).
Menuliskan huruf Hijaiyah yang berharakat fathah (a) dan fathatain (an).
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat melafalkan dan menuliskan huruf Hijaiyah yang berharakat fathah (a) dan fathatain (an).
II. Materi Pokok
III. Metode
Drill dan penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
Kegiatan Awal ( 5 menit )
· Salam dan do’a
· Guru melakukan appersepsi
Kegiatan Inti ( 25 menit )
· Pada setiap awal pembelajaran, guru membimbing siswa dengan membaca Al-Qur’an dengan baik selama 5 menit.
· 1. Guru melafalkan huruf Hijaiyah yang berharakat fathah (a) dan fathatain (an) dengan suara jelas dan perlahan secara berulang [3 kali].
· 2. Siswa mendengar dengan seksama kemudian mengulang pelafalan huruf Hijaiyah yang berharakat fathah (a) dan fathatain (an) dengan suara jelas dan perlahan secara klasikal
· 3. Guru menunjuk seorang siswa untuk melafalkan huruf Hijaiyah yang berharakat fathah (a) dan fathatain (an).dengan suara jelas dan perlahan [dilakukan perindividu dan dicobakan pada beberapa siswa lain]
· Guru memperbaiki pelafalan hafalan siswa yang kurang tepat.
Kegiatan Penutup ( 5 menit )
· Guru memberikan kesimpulan hasil belajar
· Guru dan siswa merefleksikan hasil pembelajaran, yaitu manfaat mempelajari kompetensi ini.
· Guru menugaskan siswa melafalkan huruf Hijaiyah yang berharakat fathah (a) dan fathatain (an). di rumah masing-masing dengan bimbingan orangtua.
V. Alat dan Sumber Belajar:
Media Audio-visual
buku teks (Hikmah Pendidikan AGAMA ISLAM_Kelas 2, Bogor: Yudhistira, 2009), Hal.3.
IQRO’ Klasikal, IQRO’ Privat Jilid 1
VI. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | KKM | |
o Melafalkan huruf Hijaiyah yang berharakat fathah (a) dan fathatain (an). o Menuliskan huruf Hijaiyah yang berharakat fathah (a) dan fathatain (an). | Lisan Dan Tertulis. | Unjuk penampilan. Jawaban singkat | 1. Lafalkan huruf-huruf Hijaiyah berikut! 2. Berilah harakat fathatain (an) pada huruf-huruf Hijaiyah berikut! | 70 KKM disesuaikan dengan kondisi Unit masing-masing |
Format penilaian hafalan siswa (psikomotorik)
No | Aspek | Skor |
1 | Kelancaran a. Lancar b. kurang lancar c. tidak lancar | 5 3 1 |
2 | Adab membaca a. berani b. Malu-malu | 3 1 |
Mengubah skor menjadi nilai siswa | Kriteria Nilai |
Jumlah perolehan skor Skor= X100% Jumlah skor total | 90-100 = Amat Baik 71-89 = Baik 70= Cukup 0-69 = Kurang |
No. | Nama Siswa | Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] * | Nilai | |
0-69 | 70-100 | |||
| | 1. belum tuntas | √ | |
| | 2. tuntas | | √ |
§ *Bila siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, lakukan REMEDIAL, bila secara klasikal telah mencapai KKM boleh dilakukan PENGAYAAN[sesuaikan dengan alokasi waktu].
§ *Guru dianjurkan melakukan Penelitian Tindakan Kelas [PTK], dalam rangka melakukan perbaikan aspek-aspek tertentu dari pembelajaran.
Banyuasin, 2011
Mengetahui,
Kepala Guru PAI
( , S.Pd) ( , S.Pd.I )
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar