Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/ Semester : 2 / I
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit
Pertemuan Ke : 1
Standar Kompetensi :
Al-Qur’an
1. Menghafal Al-Qur’an
Kompetensi Dasar :
1. 1. Mengenal huruf hijaiyah.
Indikator:
Melafalkan 29 huruf Hijaiyah
Menuliskan 29 huruf Hijaiyah.
I. Tujuan Pembelajaran:
· Siswa dapat melafalkan dan menuliskan 29 huruf Hijaiyah
II. Materi Pokok:
III. Metode:
§ Drill dan penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
Kegiatan Awal ( 5 menit )
· Salam dan do’a
· Guru melakukan appersepsi
Kegiatan Inti ( 25 menit )
· Pada setiap awal pembelajaran, guru membimbing siswa dengan membaca Al-Qur’an dengan baik selama 5 menit.
· 1. Guru melafalkan 29 huruf Hijaiyah dengan suara jelas dan perlahan secara berulang [3 kali].
· 2. Siswa mendengar dengan seksama kemudian mengulang pelafalan 29 huruf Hijaiyah dengan suara jelas dan perlahan secara klasikal
· 3. Guru menunjuk seorang siswa untuk melafalkan29 huruf Hijaiyah dengan suara jelas dan perlahan [dilakukan perindividu dan dicobakan pada beberapa siswa lain]
· Guru memperbaiki pelafalan hafalan siswa yang kurang tepat.
Kegiatan Penutup ( 5 menit )
· Guru memberikan kesimpulan hasil belajar
· Guru dan siswa merefleksikan hasil pembelajaran, yaitu manfaat mempelajari kompetensi ini.
· Guru menugaskan siswa melafalkan 29 huruf Hijaiyah di rumah masing-masing dengan bimbingan orangtua.
V. Alat dan Sumber Belajar:
§ Media Audio-visual
§ buku teks (Hikmah Pendidikan AGAMA ISLAM_Kelas 2, Bogor: Yudhistira, 2009), Hal.2.
§ IQRO’ Klasikal, IQRO’ Privat Jilid 1
VI. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | |||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | KKM | |
o Melafalkan 29 huruf Hijaiyah o Menuliskan 29 huruf Hijaiyah | Lisan. Dan Tertulis | Unjuk penampilan. Essey | 1. Lafalkan 29 huruf Hijaiyah! 2. Tuliskan 29 huruf Hijaiyah! | 70 KKM disesuaikan dengan kondisi Unit masing-masing |
Format penilaian bacaan siswa (psikomotorik)
No | Aspek | Skor |
1 | Kelancaran a. Lancar b. kurang lancar c. tidak lancar | 5 3 1 |
2 | Adab membaca a. berani b. Malu-malu | 3 1 |
Mengubah skor menjadi nilai siswa | Kriteria Nilai |
Jumlah perolehan skor Skor= X100% Jumlah skor total | 90-100 = Amat Baik 71-89 = Baik 70= Cukup 0-69 = Kurang |
No. | Nama Siswa | Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] * | Nilai | |
0-69 | 70-100 | |||
| | 1. belum tuntas | √ | |
| | 2. tuntas | | √ |
§ *Bila siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, lakukan REMEDIAL, bila secara klasikal telah mencapai KKM boleh dilakukan PENGAYAAN[sesuaikan dengan alokasi waktu].
§ *Guru dianjurkan melakukan Penelitian Tindakan Kelas [PTK], dalam rangka melakukan perbaikan aspek-aspek tertentu dari pembelajaran.
Banyuasin, 2011
Mengetahui,
Kepala SDN Guru PAI
(Hidirman, S.Pd) ( Wahyono Saputro, S.Pd.I )
NIP.196412121989061001 NIP. 19751227 200902 1 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar