Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Selasa, 05 Juli 2011

RPP-Pendidikan Agama Islam[PAI]1SD-SMS1-Pert1-2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)     
 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 1 SD
e-mail:wahyonosaputro@ymail.com, blog: http://wahyonosaputro. wordpress.com/
http://wahyono-saputro.blogspot.com/






Mata Pelajaran                     : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/ Semester                  : 1 / I
Alokasi Waktu                      : 3 x 35 menit
Pertemuan Ke                     : 1
Standar Kompetensi          :
Al-Qur’an
1.   Menghafal Al-Qur’an surah pendek pilihan

Kompetensi Dasar                :
1. 1. Melafalkan QS. al-Fatihah dengan lancar.

Indikator:   
Melafalkan QS. al-Fatihah dengan lancar.

I.               Tujuan Pembelajaran:
·   Siswa dapat melafalkan QS al-Fatihah dengan lancar

II.              Materi Pokok:
·   Surah QS Al-Fatihah Ayat 1-7
·   Al-Fatihah wajib dibaca saat shalat

Terjemahan
Text Qur'an
Ayat
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
1
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam,
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
2
Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,
الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
3
Yang menguasai hari pembalasan.
مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ
4
Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
5
Tunjukilah kami jalan yang lurus,
اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ
6
(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ  غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ
7
           
III.            Metode:
§   Drill dan penugasan

IV.            Langkah-langkah Pembelajaran:
Kegiatan Awal ( 5 menit )
·         Salam dan do’a
·         Guru melakukan appersepsi
        Kegiatan Inti ( 25 menit )
·         Pada setiap awal pembelajaran, guru membimbing siswa dengan membaca Al-Qur’an dengan baik selama 5 menit.
·         1. Guru melafalkan bacaan  QS. Al-Fatihah / 1 Ayat 1-4 dengan suara jelas dan sesuai tajwid secara berulang [3 kali].
·         2. Siswa mendengar dengan seksama kemudian mengulang pelafalan QS. Al-Fatihah/1 ayat 1-4 secara klasikal
·         3. Guru menunjuk seorang murid untuk melafalkan QS. Al-Fatihah/1 ayat 1-4 [dilakukan perindividu dan dicobakan pada beberapa siswa lain]
·         Guru memperbaiki pelafalan hafalan siswa yang kurang tepat.
·         Selanjutnya guru mengulangi kembali langkah 1-3 untuk pelafalan QS Al-Fatihah ayat 4-7.
Kegiatan Penutup ( 5 menit )
·         Guru  memberikan kesimpulan hasil belajar
·         Guru dan siswa merefleksikan hasil pembelajaran, yaitu manfaat mempelajari kompetensi ini.
·         Guru menugaskan siswa melafalkan surah Al-Fatihah / 1 Ayat 1-7 di rumah masing-masing

V.             Alat dan Sumber Belajar:
§   Media Audio-visual (MP3)bacaan ayat-ayat pendek.
§   buku teks (Hikmah Pendidikan AGAMA ISLAM  saleh_Kelas 1, Bogor: Yudhistira, 2009), Hal.2.

VI.            Penilaian:
                                                                               
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
KKM
o  Melafalkan QS. al-Fatihah dengan lancar
lisan.
Unjuk penampilan.
1.    Lafalkan surah QS. al-Fatihah dengan lancar
70
KKM disesuaikan dengan kondisi Unit masing-masing
   
Format penilaian bacaan siswa (psikomotorik)

No
Aspek
Skor
1
Kelancaran
a.        Lancar
b.       kurang lancar
c.        tidak lancar

5
3
1
2
Adab membaca
a.        berani  
b.       Malu-malu

3
1


Mengubah skor menjadi nilai siswa
Kriteria Nilai

Jumlah perolehan skor
Skor=                                                                                                X100%      
Jumlah skor total
90-100 = Amat Baik
71-89 = Baik
70= Cukup
0-69 = Kurang
No.
Nama Siswa
Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] *
Nilai
0-69
70-100


1. belum tuntas



2. tuntas

§    *Bila siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, lakukan REMEDIAL, bila secara klasikal telah mencapai KKM boleh  dilakukan PENGAYAAN[sesuaikan dengan alokasi waktu].
§    *Guru dianjurkan melakukan Penelitian Tindakan Kelas [PTK], dalam rangka melakukan perbaikan aspek-aspek tertentu dari pembelajaran.


                                                                                                Banyuasin,            2011
Mengetahui,
Kepala SDN                                                                         Guru PAI




(Hidirman, S.Pd)                                                                   ( Wahyono Saputro, S.Pd.I )
NIP.196412121989061001                                                     NIP. 19751227 200902 1 002

  


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 1 SD
e-mail:wahyonosaputro@ymail.com, blog: wahyonosaputro’s blog@wordpress.com
http://wahyono-saputro.blogspot.com/


Mata Pelajaran            : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/ Semester              : 1 / I
Alokasi Waktu            : 3 x 35 menit
Pertemuan Ke             : 2
Standar Kompetensi    
Al-Qur’an
1.   Menghafal Al-Qur’an surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar        
1. 2. Menghafal QS. Al-Fatihah dengan lancar
Indikator
Menghafal QS. Al-Fatihah dengan lancar.
Mendemonstrasikan hafalan QS. Al-Fatihah.              
I.       Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menghafal QS. Al-Fatihah dengan lancar.

II.    Materi Pokok
            QS. Al-Fatihah ayat 1-7

Terjemahan
Text Qur'an
Ayat
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
1
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam,
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
2
Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,
الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
3
Yang menguasai hari pembalasan.
مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ
4
Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
5
Tunjukilah kami jalan yang lurus,
اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ
6
(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ  غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ
7
                                                                                   
III. Metode
§   Drill dan penugasan


IV.  Langkah-langkah Pembelajaran:
            Kegiatan Awal ( 5 menit )
·         Salam dan do’a
·         Guru melakukan appersepsi
        Kegiatan Inti ( 25 menit )
·         Pada setiap awal pembelajaran, guru membimbing siswa dengan membaca Al-Qur’an dengan baik selama 5 menit.
·         1. Guru melafalkan hafalan bacaan  QS. Al-Fatihah / 1 Ayat 1-4 dengan suara jelas dan sesuai tajwid secara berulang [3 kali].
·         2. Siswa mendengar dengan seksama kemudian mengulang pelafalan hafalan QS. Al-Fatihah/1 ayat 1-4 secara klasikal
·         3. Guru menunjuk seorang siswa untuk menampilkan hafalan QS. Al-Fatihah/1 ayat 1-4 [dilakukan perindividu dan dicobakan pada beberapa siswa lain]
·         Guru memperbaiki pelafalan hafalan siswa yang kurang tepat.
·         Selanjutnya guru mengulangi kembali langkah 1-3 untuk penghafalan QS Al-Fatihah ayat 4-7.
Kegiatan Penutup ( 5 menit )
·         Guru  memberikan kesimpulan hasil belajar
·         Guru dan siswa merefleksikan hasil pembelajaran, yaitu manfaat mempelajari kompetensi ini.
·         Guru menugaskan siswa menghafal surah Al-Fatihah / 1 Ayat 1-7 di rumah masing-masing
V.     Alat dan Sumber Belajar:
§         Media Audio-visual (MP3)bacaan ayat-ayat pendek As-Sudais.
§         buku teks (Hikmah Pendidikan AGAMA ISLAM  saleh_Kelas 1, Bogor: Yudhistira, 2009), Hal. 3-4
VI.  Penilaian:
                                                                               
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
KKM
o  Menghafal QS. Al-Fatihah dengan lancar.
lisan.
Unjuk penampilan.
1.  Hafalkan QS. Al-Fatihah dengan lancar.

70
KKM disesuaikan dengan kondisi Unit masing-masing

            Format penilaian hafalan siswa (psikomotorik)

No
Aspek
Skor
1
Kelancaran
a.        Lancar
b.        kurang lancar
c.        tidak lancar

5
3
1
2
Adab membaca
a.        berani  
b.        Malu-malu

3
1











Mengubah skor menjadi nilai siswa
Kriteria Nilai

Jumlah perolehan skor
Skor=                                                                                                X100%      
Jumlah skor total
90-100 = Amat Baik
71-89 = Baik
70= Cukup
0-69 = Kurang



No.
Nama Siswa
Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] *
Nilai
0-69
70-100


1. belum tuntas



2. tuntas

§    *Bila siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, lakukan REMEDIAL, bila secara klasikal telah mencapai KKM boleh  dilakukan PENGAYAAN[sesuaikan dengan alokasi waktu].
§    *Guru dianjurkan melakukan Penelitian Tindakan Kelas [PTK], dalam rangka melakukan perbaikan aspek-aspek tertentu dari pembelajaran.

                                                                                                                                                                                                                                                                                Banyuasin,               2011
Mengetahui,
Kepala                                                                                   Guru PAI



(Hidirman, S.Pd)                                                                   ( Wahyono Saputro, S.Pd.I )
NIP.196412121989061001                                                     NIP. 19751227 200902 1 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar