Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Selasa, 05 Juli 2011

RP_[PAI]1SD-SMS1-Pert3_MengenalRukunIman




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 1 SD
e-mail:wahyonosaputro@ymail.com, blog: wahyonosaputro’s blog@wordpress.com
http://wahyono-saputro.blogspot.com/


Mata Pelajaran                     : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/ Semester                  : 1 / I
Alokasi Waktu                      : 3 x 35 menit
Pertemuan Ke                     : 3
Standar Kompetensi          :
Aqidah
2.   Mengenal Rukun Iman

Kompetensi Dasar                :
2. 1. Menunjukkan ciptaan Allah melalui ciptaan-Nya.

Indikator:   
o   Menyebutkan macam-macam ciptaan Allah SWT yang nyata dan yang ghaib
o   Membedakan antara ciptaan Allah dengan buatan manusia
o   Menuliskan beberapa ciptaan Allah SWT yang nyata dan yang ghaib

I.         Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat menunjukkan ciptaan Allah melalui ciptaan-Nya.

II.        Materi Pokok:
o   Ciptaan Allah
1.         Bumi dan isinya ciptaan Allah












2.         






Langit dan isinya ciptaan Allah






















III.      Metode:
§   Ceramah, kisah, bernyanyi, drill dan penugasan.

IV.      Langkah-langkah Pembelajaran:
                Kegiatan Awal ( 5 menit )
·         Salam dan do’a
·         Guru memotivasi siswa
·         Guru mengkondisikan kelas
·         Guru mengabsen siswa
·         Mengemukakan tujuan pembelajaran “Menunjukkan ciptaan Allah melalui ciptaan-Nya”.
·         Guru menstimulasi siswa dengan tepuk siswa
·         Guru menstimulasi siswa dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Rukun Iman”.
Kegiatan Inti
·         Guru megajak siswa untuk memperhatikan, melihat dan mengamati macam-macam ciptaan Allah SWT, seperti bumi, daratan lautan, hewan, tumbuhan dll.
·         Guru memotivasi untuk membantu siswa dalam mengamati macam-macam ciptaan Allah SWT sehingga siswa dapat menyebutkan ciptaan Allah SWT sebanyak-banyaknya.
·         Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa mengenai ciptaan Allah SWT serta membetulkan apabila ada siswa yang keliru menjawab dengan cara mengkonfrontir dengan jawaban teman yang lain.
·         Selanjutnya guru mengajak siswa untuk memperhatikan benda-benda di sekitarnya [dalam kelas].
·         Siswa menyebutkan macam-macam benda di dalam kelas.
·         Siswa menyebut macam-macam benda buatan manusia.
·         Siswa membedakan antara ciptaan Allah dengan benda-benda buatan manusia.
·         Guru memberikan sedikit penjelasan bahwa ciptaan Allah WT tidak bisa ditiru oleh manusia
·         Selanjutnya guru mengajak siswa untuk menuliskan macam-macam ciptaan Allah yang telah disebutkan siswa.
·         Guru mengajak siswa untuk menuliskan macam-macam benda buatan manusia yang telah disebutkan oleh siswa.
·         Siswa menuliskan macam-macam ciptaan Allah SWT dan  menuliskan macam-macam buatan manusia masing-masing dalam kolom yang berbeda sehingga terlihat jelas perbedaannya.
Kegiatan Akhir
·         Guru memeriksa hasil tulisan siswa serta memberi pujian kepada siswa yang dapat menyebutkan serta mennuliskan macam-macam ciptaan Allah dengan benar
·         Guru memberikan penguatan serta menyimpulkan materi
·         Memberitahukan pelajaran yang akan datang
·         Pekerjaan Rumah: Buatlah sedikitnya sepuluh macam gambar ciptaan Allah SWT di kertas folio, hasil karya yang paling bagus akan ditempelkan di MADING
·         Guru menutup, mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah/ doa
·         Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.


V.       Alat dan Sumber Belajar:
§   buku teks (Hikmah Pendidikan AGAMA ISLAM _Kelas 1, Bogor: Yudhistira, 2009), Hal. 10
§   Media visual, Gambar gunung, laut globe, sungai, pohon, tumbuhan, hewan, tanah, langit , gugusan planet, kursi, meja, papan tulis, baju, pensil, pena, penghapus, rumah dst.


VI.      Penilaian:
                Lisan dan tertulis
                (Afektif-psikomotorik dan kognitif)
                                                               
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
KKM
o  Menyebutkan macam-macam ciptaan Allah SWT yang nyata dan yang ghaib
o  Membedakan antara ciptaan Allah dengan buatan manusia
o  Menuliskan beberapa ciptaan Allah SWT yang nyata dan yang ghaib

lisan.


Tertulis
Unjuk penampilan.

Menjawab pertanyaan
1. Ayo sebutkan benda-benda ciptaan Allah SWT yang tampak!
2. Ayo sebutkan benda-benda buatan manusia!
3. Tuliskan 5 ciptaan Allah SWT yang nyata dan 5 ciptaan ciptaan Allah SWT yang ghaib.

70
KKM disesuaikan dengan kondisi Unit masing-masing
                                               
Mengubah skor menjadi nilai siswa
Kriteria Nilai

Jumlah perolehan skor
Skor=                                                                                                X100%      
Jumlah skor total
90-100 = Amat Baik
71-89 = Baik
70= Cukup
0-69 = Kurang

No.
Nama Siswa
Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] *
Nilai
0-69
70-100


1. belum tuntas



2. tuntas

§    *Bila siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, lakukan REMEDIAL, bila secara klasikal telah mencapai KKM boleh  dilakukan PENGAYAAN[sesuaikan dengan alokasi waktu].
§    *Guru dianjurkan melakukan Penelitian Tindakan Kelas [PTK], dalam rangka melakukan perbaikan aspek-aspek tertentu dari pembelajaran.
               
                                                                                                                                                Banyuasin,                       2011
Mengetahui,
Kepala                                                                                    Guru PAI

(Hidirman, S.Pd)                                                                  ( Wahyono Saputro, S.Pd.I )
NIP.196412121989061001                                                   NIP. 19751227 200902 1 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar