Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Selasa, 12 Juli 2011

RPP-Pendidikan Agama Islam[PAI]8SMP-SMS1_QOLQOLAH-




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)     
 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP
e-mail:wahyonosaputro@ymail.com, http://wahyonosaputro.wordpress.com/
http://wahyono-saputro.blogspot.com/

Mata Pelajaran      : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/ Semester      : VIII / I
Alokasi Waktu      : 2 x 40 menit
Pertemuan Ke        : 1
Standar Kompetensi    
Al Qur’an
1.   Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah dan ra
Kompetensi Dasar        
1. 1. Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah dan ra.
Indikator
Menjelaskan pengertian qalqalah
Menjelaskan pengertian qalqalah sugra
Menjelaskan pengertian qalqalah kubra
Menyebutkan huruf-huruf qalqalah
Menyebutkan  contoh-contoh qalqalah sugra
Menyebutkan contoh-contoh qalqalah kubra

I.             Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan hukum bacaan qalqalah beserta contohnya.

II.          Materi Pokok




III.       Metode
Drill, demonstrasi,  dan penugasan

IV.        Langkah-langkah Pembelajaran:
            Kegiatan Awal ( 5 menit )
·         Salam dan do’a
·         Guru melakukan appersepsi
        Kegiatan Inti ( 30 menit )
·         Pada setiap awal pembelajaran, guru membimbing siswa dengan membaca Al-Qur’an surah al-An’am [6]: 1-4 dengan baik selama 5 menit.


الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَجَعَلَ الظُّلُمَاتِ وَالنُّورَ ثُمَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِرَبِّهِمْ يَعْدِلُونَ (1) هُوَ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ طِينٍ ثُمَّ قَضَى أَجَلًا وَأَجَلٌ مُسَمًّى عِنْدَهُ ثُمَّ أَنْتُمْ تَمْتَرُونَ (2) وَهُوَ اللَّهُ فِي السَّمَاوَاتِ وَفِي الْأَرْضِ يَعْلَمُ سِرَّكُمْ وَجَهْرَكُمْ وَيَعْلَمُ مَا تَكْسِبُونَ (3) وَمَا تَأْتِيهِمْ مِنْ آَيَةٍ مِنْ آَيَاتِ رَبِّهِمْ إِلَّا كَانُوا عَنْهَا مُعْرِضِينَ (4)


·         Guru menjelaskan pengertian qalqalah sementara siswa menyimak penjelasan guru dengan seksama
·         Selanjutnya guru kembali menjelaskan pengertian qalqalah sugra  dan menuliskan contohnya di papan tulis.
·         Setelah itu, guru menjelaskan pengertian qalqalah kubra dan menuliskan contohnya di papan tulis.
·         Guru meminta salah seorang siswa menyebutkan kembali pengertian qalqalah sugra dan menyebutkan contohnya.
·         Guru meminta salah seorang siswa menyebutkan kembali pengertian qalqalah kubra dan menyebutkan contohnya
·         Guru memberikan aplause bagi siswa yang menyebutkan pengertian qalqalah dan contohnya dengan benar.
·         pengertian membacakan QS at-Tin ayat per ayat secara perlahan, jelas dan tartil diikuti oleh siswa secara klasikal [lakukan sebanyak 2 atau 3 kali]
·         Guru dan siswa bertanya jawab mengenai materi yang baru saja dipelajari

Kegiatan Penutup ( 5 menit )
·         Guru dan siswa merefleksikan hasil pembelajaran, yaitu manfaat mempelajari kompetensi ini.
·         Guru meminta siswa membaca kembali tentang pengertian qalqalah  beserta contohnya  di rumah masing-masing
V.           Alat dan Sumber Belajar:
§         Media Audio-visual bacaan Al-Qur’an surah pendek.
§         Al-Qur’an, Juz Amma
§         buku teks (Mutiara Akhlak dalam Pendidikan Agama Islam-2_Kelas VII, Solo: Tiga Serangkai, 2007), Hal. 2-3.
§         HaditsWeb 3.0_Al Qur’an dan terjemah.

VI.        Penilaian:
                                                               
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
KKM
·   Menjelaskan pengertian qalqalah
·   Menjelaskan pengertian qalqalah sugra
·   Menjelaskan pengertian qalqalah kubra
·   Menyebutkan huruf-huruf qalqalah
·   Menyebutkan  contoh-contoh qalqalah sugra
·   Menyebutkan contoh-contoh qalqalah kubra

Tes
Tes lisan dan Unjuk kemampuan.

1.  jelaskan pengertian qalqalah
2.  jelaskan pengertian qalqalah sugra
3.  jelaskan pengertian qalqalah kubra
4.  Sebutkan huruf-huruf qalqalah
5.  Sebutkan  contoh-contoh qalqalah sugra
6.  Sebutkan contoh-contoh qalqalah kubra

70
KKM disesuaikan dengan kondisi Unit masing-masing


Format penilaian praktik bacaan Al-Qur’an siswa (psikomotorik)

No
Aspek
Skor
1
Bacaan (makhraj dan fasih)
a.        Baik
b.       Cukup
c.        Kurang

5
3
1
2
Tajwid
a.        baik
b.       kurang

3
1



Mengubah skor menjadi nilai siswa
Kriteria Nilai


Jumlah perolehan skor
Skor=                                                                                    X100%      
Jumlah skor total

  8 (100)         = Amat Baik
  6 (75)            = Baik
2-4 (  25-50)   = Kurang



No.
Nama Siswa
Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] *
Nilai
0-69
70-100


1. belum tuntas



2. tuntas

§    *Bila siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, lakukan REMEDIAL, bila secara klasikal telah mencapai KKM boleh  dilakukan PENGAYAAN[sesuaikan dengan alokasi waktu].
§    *Guru dianjurkan melakukan Penelitian Tindakan Kelas [PTK], dalam rangka melakukan perbaikan aspek-aspek tertentu dari pembelajaran.

                                                                                                                                                                                                                   Banyuasin,               2011
Mengetahui,
Kepala                                                                                   Guru PAI



(Hidirman, S.Pd)                                                                   ( Wahyono Saputro, S.Pd.I )
NIP.196412121989061001                                                     NIP. 19751227 200902 1 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar