| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INGGRIS KELAS 4 SD |
Sekolah | : SDN 10 Tungkal Ilir |
Mata Pelajaran | : Bahasa Inggris |
Kelas/ Semester | : IV/I |
Alokasi Waktu | : 1 JP [2 x 35 menit] |
Pertemuan Ke : 1
Standar Kompetensi :
Mendengarkan [listening]
- Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah.
Kompetensi Dasar :
1.1. Merespons instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan sekolah.
Indikator:
o Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima.
I. Tujuan Pembelajaran:
o Siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima.
Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya (Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian (Respect)
Tekun (Diligence)
Tanggung jawab (Responsibility)
Berani (Courage)
II. Materi Pokok:
§ Listen and fill in the blanks [hlm. 7-8].
III. Metode:
§ Drill , demonstrasi, simulasi, tanya jawab dan penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal | ü Salam dan do’a ü Guru melakukan appersepsi dan motivasi. ü Guru mengawali pelajaran dengan membahas meteri pokok dalam bab yang sedang dipelajari. |
Kegiatan Inti | ü Siswa diminta mendengar instruksi guru atau dari kaset/CD/DVD dan merespon dengan cara melengkapi kalimat yang belum sempurna dengan bantuan gambar yang tersedia secara klasikal [Fase eksplorasi] (hlm.7-8). ü Setelah instruksi selesai, siswa segera melengkapi kalimat yang belum sempurna dengan bantuan gambar yang tersedia untuk setiap item soal (waktu untuk melengkapi kalimat persoal adalah 10 detik-sesuaikan dengan situasi dan kondisi setiap unit- [Fase elaborasi]. ü Guru melakukan fase eksplorasi tersebut hingga tuntas sampai ke akhir soal yang terakhir. ü Guru meminta hasil pekerjaan siswa, dilanjutkan dengan mengoreksi dengan cermat. ü Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan. [Fase konfirmasi]. |
Kegiatan Penutup | ü Guru mengumumkan prestasi pekerjaan siswa. ü Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau good pada siswa yang nilainya melampaui KKM agar mereka termotivasi, sedangkan bagi yang belum mencapai KKM terus dimotivasi dan dilakukan remedial. |
V. Alat dan Sumber Belajar:
· Contoh gambar
· Kaset, CD/DVD
· Buku teks
· Buku paket Speed Up ENGLISH 4, kelas 4 SD, (Jakarta: Yudhistira, 2006).
VI. Penilaian:
LEMBAR Penskoran Aspek
No | Aspek | Skor |
1 | Kelancaran a. Lancar b. kurang lancar c. tidak lancar | 5 3 1 |
2 | keberanian a. berani b. Malu-malu | 3 1 |
LEMBAR Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Jumlah Skor | Nilai | |
Kelancaran | keberanian | ||||
1 | Melyana Rainy | 5 | 3 | 8 | 100 |
2 | | | | | |
3 | | | | | |
4 | | | | | |
5 | | | | | |
6 | | | | | |
7 | | | | | |
8 | | | | | |
9 | | | | | |
10 | | | | | |
11 | | | | | |
12 | | | | | |
13 | | | | | |
14 | | | | | |
15 | | | | | |
16 | | | | | |
17 | | | | | |
18 | | | | | |
19 | | | | | |
20 | | | | | |
Mengubah skor menjadi nilai siswa | Kriteria Nilai |
Jumlah perolehan skor Skor= X100% Jumlah skor total | 8 (100) = Baik 6 (75) = cukup 2-4 (00-50) = Kurang |
LEMBAR Ketuntasan Siswa
No | Nama Siswa | Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] * 70 | |
1. belum tuntas | 2. tuntas | ||
0-69 | 70-100 | ||
√ | | ||
| √ | ||
1 | Qurrota A’yun | | √ |
2 | | | |
3 | | | |
4 | | | |
5 | | | |
6 | | | |
7 | | | |
8 | | | |
9 | | | |
10 | | | |
11 | | | |
12 | | | |
13 | | | |
14 | | | |
15 | | | |
16 | | | |
17 | | | |
18 | | | |
19 | | | |
20 | | | |
Jumlah | | |
| ......................., 2011 |
Mengetahui, Kepala | Guru B.Inggris |
(Fulan Bin Fulan, S.Pd) NIP. | ( Laly Binti Raeling, S.Pd.I ) NIP. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar