Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Sabtu, 09 Juli 2011

RPP_B.INGG_4SMS1_Pert-1_Listening


                                                                                               

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)     
 BAHASA INGGRIS KELAS 4 SD
e-mail:wahyonosaputro@ymail.com, blog wahyonosaputro’s blog@wordpress.com


Sekolah
: SDN 10 Tungkal Ilir
Mata Pelajaran
: Bahasa Inggris
Kelas/ Semester
: IV/I
Alokasi Waktu
: 1 JP [2 x 35 menit]
                                                   
Pertemuan Ke        : 1

Standar Kompetensi :
Mendengarkan [listening]
  1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah.           
Kompetensi Dasar :
1.1. Merespons instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan sekolah.

Indikator:  
o       Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima.

I.      Tujuan Pembelajaran:
o  Siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima.

Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya (Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian (Respect)
Tekun (Diligence)
Tanggung jawab (Responsibility)
Berani (Courage)


II.    Materi Pokok:
§  Listen and fill in the blanks [hlm. 7-8].





III. Metode:
§   Drill , demonstrasi, simulasi, tanya jawab dan penugasan

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Awal

ü     Salam dan do’a
ü     Guru melakukan appersepsi dan motivasi.
ü     Guru mengawali pelajaran dengan membahas meteri pokok dalam bab yang sedang dipelajari.

Kegiatan Inti
ü     Siswa diminta mendengar instruksi guru atau dari kaset/CD/DVD dan merespon dengan cara melengkapi kalimat yang belum sempurna dengan bantuan gambar yang tersedia secara klasikal [Fase eksplorasi] (hlm.7-8).
ü     Setelah instruksi selesai, siswa  segera melengkapi kalimat yang belum sempurna dengan bantuan gambar yang tersedia untuk setiap item soal (waktu untuk melengkapi kalimat persoal adalah 10 detik-sesuaikan dengan situasi dan kondisi setiap unit- [Fase elaborasi].
ü     Guru melakukan  fase eksplorasi tersebut hingga tuntas sampai ke akhir soal yang terakhir.
ü     Guru meminta hasil pekerjaan siswa, dilanjutkan dengan mengoreksi dengan cermat.
ü     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan. [Fase konfirmasi].
Kegiatan Penutup

ü     Guru mengumumkan prestasi pekerjaan siswa.
ü     Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau good pada siswa yang nilainya melampaui KKM agar mereka termotivasi, sedangkan bagi yang belum mencapai KKM terus dimotivasi dan dilakukan remedial.



V.    Alat dan Sumber Belajar:
·        Contoh gambar
·        Kaset, CD/DVD
·        Buku teks
·        Buku paket Speed Up ENGLISH 4, kelas 4 SD, (Jakarta: Yudhistira, 2006).

VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Tek
nik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
KKM*
o   Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima.

Tes unjuk kerja dan tulis.
Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima.





70
KKM dise
suaikan dengan unit sekolah masing-masing

LEMBAR Penskoran Aspek

No
Aspek
Skor
1
Kelancaran
a.        Lancar
b.       kurang lancar
c.        tidak lancar

5
3
1
2
keberanian
a.        berani  
b.       Malu-malu

3
1
                               
LEMBAR Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Jumlah
Skor
Nilai
Kelancaran
keberanian
1
Melyana Rainy
5
3
8
100
2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





12





13





14





15





16





17





18





19





20






Mengubah skor menjadi nilai siswa
Kriteria Nilai


Jumlah perolehan skor
Skor=                                                                          X100%      
Jumlah skor total

  8         (100)        = Baik
  6           (75)        = cukup
  2-4   (00-50)        = Kurang



LEMBAR Ketuntasan Siswa
No
Nama Siswa
Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] *
70
1. belum tuntas
2. tuntas
0-69
70-100


1
Qurrota A’yun

2



3



4



5



6



7



8



9



10



11



12



13



14



15



16



17



18



19



20



Jumlah





.......................,        2011

Mengetahui,
Kepala
Guru B.Inggris



(Fulan Bin Fulan, S.Pd)
NIP.



( Laly Binti Raeling, S.Pd.I )
NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar