Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Selasa, 12 Juli 2011

RP_[PAI]_XII-SMA_Toleran-QS.Al-Kafirun-Yunus40-41danAl-Kahfi-29



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)     
 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XII SMA
e-mail:wahyonosaputro@ymail.com, http://wahyonosaputro.wordpress.com/
http://wahyono-saputro.blogspot.com/

Mata Pelajaran  : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kelas/ Semester : XII / I
Alokasi Waktu  : 2 x 45 menit
Pertemuan Ke   : 1
Standar Kompetensi         
Al Qur’an
1.   Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang anjuran bertoleransi
Kompetensi Dasar 
1. 1. Membaca Surah Al-Kafirun, surah Yunus Ayat 40-41, dan surah Al-Kahfi Ayat 29
Indikator
Membaca Surah Al-Kafirun, surah Yunus Ayat 40-41, dan surah Al-Kahfi Ayat 29

I.             Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu membaca Surah Al-Kafirun, surah Yunus Ayat 40-41, dan surah Al-Kahfi Ayat 29

II.          Materi Pokok



 

SURAT 109. AL KAAFIRUUN


Terjemahan
Text Qur'an
Ayat
Katakanlah: "Hai orang-orang yang kafir,
قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ
1
aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah.
لا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ
2
Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah.
وَلا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ
3
Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah.
وَلا أَنَا عَابِدٌ مَا عَبَدْتُمْ
4
Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah.
وَلا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ
5
Untukmulah agamamu dan untukkulah agamaku".
لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ
6

QS. Yunus Ayat 40-41

Terjemahan
Text Qur'an
Ayat
Di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepada Al Qur'an, dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan.
وَمِنْهُمْ مَنْ يُؤْمِنُ بِهِ وَمِنْهُمْ مَنْ لَا يُؤْمِنُ بِهِ وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِينَ (40)
40
Jika mereka mendustakan kamu, maka katakanlah: "Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu berlepas diri terhadap apa yang aku kerjakan dan aku pun berlepas diri terhadap apa yang kamu kerjakan".
وَإِنْ كَذَّبُوكَ فَقُلْ لِي عَمَلِي وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ أَنْتُمْ بَرِيئُونَ مِمَّا أَعْمَلُ وَأَنَا بَرِيءٌ مِمَّا تَعْمَلُونَ (41)
41


QS. Al-Kahfi Ayat 29

Terjemahan
Text Qur'an
Ayat
. Dan katakanlah: "Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barang siapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir". Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang-orang lalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek.
وَقُلِ الْحَقُّ مِنْ رَبِّكُمْ فَمَنْ شَاءَ فَلْيُؤْمِنْ وَمَنْ شَاءَ فَلْيَكْفُرْ إِنَّا أَعْتَدْنَا لِلظَّالِمِينَ نَارًا أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا وَإِنْ يَسْتَغِيثُوا يُغَاثُوا بِمَاءٍ كَالْمُهْلِ يَشْوِي الْوُجُوهَ بِئْسَ الشَّرَابُ وَسَاءَتْ مُرْتَفَقًا (29)
29


III.       Metode
Ceramah, Drill, demonstrasi,  dan penugasan

IV.        Langkah-langkah Pembelajaran:
            Kegiatan Awal ( 5 menit )
·         Salam dan do’a
·         Guru melakukan appersepsi
        Kegiatan Inti ( 35 menit )
·         Pada setiap awal pembelajaran, guru membimbing siswa dengan membaca Al-Qur’an surah al-An’am [6]: 1-4 dengan baik selama 5 menit.



الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَجَعَلَ الظُّلُمَاتِ وَالنُّورَ ثُمَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِرَبِّهِمْ يَعْدِلُونَ (1) هُوَ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ طِينٍ ثُمَّ قَضَى أَجَلًا وَأَجَلٌ مُسَمًّى عِنْدَهُ ثُمَّ أَنْتُمْ تَمْتَرُونَ (2) وَهُوَ اللَّهُ فِي السَّمَاوَاتِ وَفِي الْأَرْضِ يَعْلَمُ سِرَّكُمْ وَجَهْرَكُمْ وَيَعْلَمُ مَا تَكْسِبُونَ (3) وَمَا تَأْتِيهِمْ مِنْ آَيَةٍ مِنْ آَيَاتِ رَبِّهِمْ إِلَّا كَانُوا عَنْهَا مُعْرِضِينَ (4)


·         1. Guru membacakan QS Al-Kafirun ayat per ayat secara perlahan, jelas dan tartil diikuti oleh siswa secara klasikal [lakukan sebanyak 2 atau 3 kali]
·         2. Guru membacakan QS. Yunus Ayat 40-41 secara perlahan, jelas dan tartil diikuti oleh siswa secara klasikal [lakukan sebanyak 2 atau 3 kali]
·         3. Guru membacakan QS Al-Kahfi Ayat 29 secara perlahan, jelas dan tartil diikuti oleh siswa secara klasikal [lakukan sebanyak 2 atau 3 kali]
·         Langkah 1-3 di atas boleh diganti dengan memutar murattal Al-Quran MP3/MP4 pada surah dan ayat yang bersangkutan.
·         Selanjutnya guru meminta 3 orang  siswa untuk membacakan secara berurutan  QS.Al-Kafirun, QS. Yunus Ayat 40-41, dan QS. Al-Kahfi Ayat 29 di depan kelas. Dalam tahap ini diharapkan guru memberikan respon positif bagi siswa yang telah membaca dengan ucapan : “Bagus, luar biasa, siapa lagi yang mau mencoba, beri jempol kalian”.
·         Guru dan siswa bertanya jawab mengenai bacaan QS.Al-Kafirun, QS. Yunus Ayat 40-41, dan QS. Al-Kahfi Ayat 29, terutama yang berkaitan dengan MAD tabi’i, Mad ‘aridl lissukun, Mad Jaiz Munfashil dan Qalqalah.

Kegiatan Penutup ( 5 menit )
·         Guru dan siswa merefleksikan hasil pembelajaran, yaitu manfaat mempelajari kompetensi ini.
·         Guru menugaskan siswa untuk membaca kembali QS.Al-Kafirun, QS. Yunus Ayat 40-41, dan QS. Al-Kahfi Ayat 29 secara perlahan, jelas dan tartil di rumah masing-masing

V.           Alat dan Sumber Belajar:
§         Media Audio-visual bacaan Al-Qur’an surah pendek.
§         Al-Qur’an, Juz Amma
§         buku teks (Integrasi Budi Pekerti dalam Pendidikan Agama Islam-3_Kelas XII, Solo: Tiga Serangkai, 2007), Hal. 3-9.
§         HaditsWeb 3.0_Al Qur’an dan terjemah.


VI.        Penilaian:
                                                               
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
KKM
·   Membaca  Surah Al-Kafirun, surah Yunus Ayat 40-41, dan surah Al-Kahfi Ayat 29


Tes
Tes lisan dan Unjuk kemampuan.
1.  Bacalah Surah Al-Kafirun, surah Yunus Ayat 40-41, dan surah Al-Kahfi Ayat 29

70
KKM disesuaikan dengan kondisi Unit masing-masing


Format penilaian praktik bacaan Al-Qur’an siswa (psikomotorik)

No
Aspek
Skor
1
Bacaan (makhraj dan fasih)
a.        Baik
b.       Cukup
c.        Kurang

5
3
1
2
Tajwid
a.        baik
b.       kurang

3
1



Mengubah skor menjadi nilai siswa
Kriteria Nilai


Jumlah perolehan skor
Skor=                                                                                    X100%      
Jumlah skor total

  8 (100)         = Amat Baik
  6 (75)            = Baik
2-4 (  25-50)   = Kurang




No.
Nama Siswa
Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] *
Nilai
0-69
70-100


1. belum tuntas



2. tuntas

§    *Bila siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, lakukan REMEDIAL, bila secara klasikal telah mencapai KKM boleh  dilakukan PENGAYAAN[sesuaikan dengan alokasi waktu].
§    *Guru dianjurkan melakukan Penelitian Tindakan Kelas [PTK], dalam rangka melakukan perbaikan aspek-aspek tertentu dari pembelajaran.

                                                                                                                                                                                                                           Banyuasin,               2011
Mengetahui,
Kepala                                                                                   Guru PAI



(Hidirman, S.Pd)                                                                   ( Wahyono Saputro, S.Pd.I )
NIP.196412121989061001                                                     NIP. 19751227 200902 1 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar