RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MULOK-[IQRO’] KELAS 2 SD http://wahyono-saputro.blogspot.com/ |
Mata Pelajaran : MULOK-[IQRO’]
Kelas/ Semester : 2 / I
Alokasi Waktu : 1 JP
Pertemuan Ke : 1
Standar Kompetensi :
Al-Qur’an
1. Mengenal huruf Hijaiyah
Kompetensi Dasar :
1. 1. Membaca variasi bunyi huruf A-O dalam 3 huruf sambung bunyi fathah.
INDIKATOR
Melafalkan 2 huruf sambung bunyi fathah variasi A-O
Membaca huruf 2 huruf sambung bunyi fathah variasi A-O
Menulis huruf 2 huruf sambung bunyi fathah variasi A-O
I. Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat membaca dan menulis huruf 2 huruf sambung bunyi fathah variasi A-O
II. Materi Pokok:
III. Metode:
§ BCM [Bermain, cerita, dan menyanyi],Drill dan penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
Kegiatan Awal ( 5 menit )
· Salam [Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh]
· Guru berseru “tepuk siswa/santri”, segera diikuti seluruh siswa: “prok prok”
· Guru dan siswa menyanyikan lagu “NAIK PERAHU” [lakukan dengan riang dan semangat]
NAIK PERAHU
Naik perahu kecil bergoyang-goyang,
Naik kapal besar tak punya uang,
Satu tambah satu sama dengan dua,
Dua tambah dua sama dengan empat,
Pat- pat gulipat tangannya dilipat,
Pat-pat gulipat duduknya ditempat,
Pat-pat gulipat duduknya yang rapi,
Pat-pat gulipat mulutnya dikunci,
Kuncinya disimpan pan,
Jangan dibuang wang,
Nanti nggak bisa ngomong-mong.
· Doa, guru diharapkan membimbing siswa/santri membaca do’a [pilih satu di antaranya atau semuanya, tapi untuk tahap permulaan disarankan satu saja]berikut:
· 1. Rabbishrahli shadrii, wa yassirli amri, wahlul ‘uqdatan millisani, yafqahuu qauli,
· 2. Rabbi zidni ‘ilma warzuqni fahma
Kegiatan Inti ( 25 menit )
1. Guru melafalkan dua huruf sambung bunyi fathah variasi A-O dengan suara jelas dan perlahan secara berulang dan diikuti siswa secara klasikal [3 kali].
2. Selanjutnya guru meminta siswa untuk mempersiapkan alat tulis dan menulis materi yang telah disiapkan.
3. Selanjutnya guru meminta seorang siswa/santri maju menghadap guru dengan membawa buku IQRO’ Klasikal atau IQRO’ Privat, dan mempersilahkan siswa/santri yang lain untuk menulis materi.
4. Saat proses pembelajaran berlangsung secara PRIVAT [Siswa dan guru berhadapan], yang perlu diperhatikan guru adalah:
1. Guru melafalkan huruf dua huruf sambung BA-TA sebagai pendahuluan, GURU: “BA-TA”, SISWA: “BA-TA” lakukan 2-3 kali, sambil menunjuk ke arah huruf
2. Selanjutnya guru meminta siswa/santri untuk membaca huruf “TA-RO” sementara guru menyimak
3. Lakukan langkah 1 dan 2 di atas untuk proses pembelajaran dua huruf sambung bunyi fathah variasi A-O yang lain
4. Guru sebaiknya tidak meminta siswa membaca secara cepat dan tergesa-gesa, yang menjadi patokan adalah BIAR LAMBAT asal tepat dan baik, hal ini diperlukan agar pencerapan unconsious [bawah sadar] siswa bekerja dengan baik, dan selanjutnya akan berguna bagi psikomotorik siswa pada pertemuan-pertemuan selanjutnya.
5. Hindari penggunaan komentar terhadap siswa sebagai berikut saat menyimak bacaan siswa:
1. Bodoh, 2. Tolol, 3. Matanya kemana, 4.Buyan, tapi sebaiknya :
1. Eiit, 2. Pelan-pelan sayang, 3. Coba sekali lagi. 4. Ya, baik, 5. Bagus, 6. Mantap,
· Bila ada siswa lain ricuh saat pembelajaran privat berlangsung, guru bisa berseru “tepuk siswa” yang diikuti tepukan guru dan siswa bersama-sama.
· Selanjutnya guru meminta siswa mengumpulkan hasil tulisan siswa di meja guru untuk dinilai.
Kegiatan Penutup ( 5 menit )
· Setelah proses kegiatan inti selesai, guru memberi aba-aba “tepuk siswa” yang diikuti secara bersamaan guru dan siswa.
· Guru dan siswa menyanyikan lagu “SATU SATU AKU CINTA ALLAH”:
Lagu SATU SATU AKU CINTA ALLAH
Syair SATU SATU AKU SAYANG IBU
Satu satu aku cinta Allah,
Dua dua cinta Rasulullah,
Tiga tiga sayang orangtua,
Satu dua tiga jalan masuk surga.
· Lanjutkan dengan membaca QS. Al-Fatihah bersama.
· Guru membagi hasil pekerjaan tulisan siswa sesuai urutan pengumpulan, dan selanjutnya siswa menyalami guru secara bergantian.
· Guru menugaskan siswa melafalkan, membaca dan menulis 2 huruf sambung bunyi fathah variasi A-O di rumah masing-masing dengan bimbingan orangtua.
· Guru mengucapkan salam.
V. Alat dan Sumber Belajar:
§ Media Audio-visual
§ buku teks (Hikmah Pendidikan AGAMA ISLAM_Kelas 2, Bogor: Yudhistira, 2009), Hal.2.
§ IQRO’ Klasikal, IQRO’ Privat Jilid 2
VI. Penilaian:
Format penilaian bacaan siswa (psikomotorik)
No | Aspek | Skor |
1 | Kelancaran a. Lancar b. kurang lancar c. tidak lancar | 5 3 1 |
2 | Adab membaca a. berani b. Malu-malu | 3 1 |
Mengubah skor menjadi nilai siswa | Kriteria Nilai |
Jumlah perolehan skor Skor= X100% Jumlah skor total | 90-100 = Amat Baik 71-89 = Baik 70= Cukup 0-69 = Kurang |
No. | Nama Siswa | Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] * | Nilai | |
0-69 | 70-100 | |||
1. belum tuntas | √ | |||
2. tuntas | √ |
§ *Bila siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, lakukan REMEDIAL, bila secara klasikal telah mencapai KKM boleh dilakukan PENGAYAAN[sesuaikan dengan alokasi waktu].
§ *Guru dianjurkan melakukan Penelitian Tindakan Kelas [PTK], dalam rangka melakukan perbaikan aspek-aspek tertentu dari pembelajaran.
Banyuasin, 2011
Mengetahui,
Kepala Guru MULOK/IQRO’
(Hidirman, S.Pd) ( Wahyono Saputro, S.Pd.I )
NIP.196412121989061001 NIP. 19751227 200902 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MULOK-[IQRO’] KELAS 2 SD http://wahyono-saputro.blogspot.com/ |
Mata Pelajaran : MULOK-[IQRO’]
Kelas/ Semester : 2 / I
Alokasi Waktu : 1 JP
Pertemuan Ke : 2
Standar Kompetensi :
Al-Qur’an
1. Mengenal huruf Hijaiyah
Kompetensi Dasar :
1. 1. Membaca variasi bunyi huruf A-O dalam 3 huruf sambung bunyi fathah.
INDIKATOR
Melafalkan variasi huruf BA-NA-TA dalam 3 huruf sambung bunyi fathah
Membaca variasi huruf BA-NA-TA dalam 3 huruf sambung bunyi fathah
Menulis variasi huruf BA-NA-TA dalam 3 huruf sambung bunyi fathah
I. Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat membaca dan menulis variasi huruf BA-NA-TA dalam 3 huruf sambung bunyi fathah
II. Materi Pokok:
III. Metode:
BCM [Bermain, cerita, dan menyanyi],Drill dan penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
Kegiatan Awal ( 5 menit )
· Salam [Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh]
· Guru berseru “tepuk siswa/santri”, segera diikuti seluruh siswa: “prok prok”
· Guru dan siswa menyanyikan lagu “NAIK PERAHU” [lakukan dengan riang dan semangat]
NAIK PERAHU
Naik perahu kecil bergoyang-goyang,
Naik kapal besar tak punya uang,
Satu tambah satu sama dengan dua,
Dua tambah dua sama dengan empat,
Pat- pat gulipat tangannya dilipat,
Pat-pat gulipat duduknya ditempat,
Pat-pat gulipat duduknya yang rapi,
Pat-pat gulipat mulutnya dikunci,
Kuncinya disimpan pan,
Jangan dibuang wang,
Nanti nggak bisa ngomong-mong.
· Doa, guru diharapkan membimbing siswa/santri membaca do’a [pilih satu di antaranya atau semuanya, tapi untuk tahap permulaan disarankan satu saja]berikut:
· 1. Rabbishrahli shadrii, wa yassirli amri, wahlul ‘uqdatan millisani, yafqahuu qauli,
· 2. Rabbi zidni ‘ilma warzuqni fahma
Kegiatan Inti ( 25 menit )
1. Guru melafalkan satu contoh variasi huruf BA-NA-TA dalam 3 huruf sambung bunyi fathah sebagai pendahuluan dengan suara jelas dan perlahan secara berulang dan diikuti siswa secara klasikal [3 kali].
2. Selanjutnya guru meminta siswa untuk mempersiapkan alat tulis dan menulis materi yang telah disiapkan.
3. Selanjutnya guru meminta seorang siswa/santri maju menghadap guru dengan membawa buku IQRO’ Klasikal atau IQRO’ Privat, dan mempersilahkan siswa/santri yang lain untuk menulis materi.
4. Saat proses pembelajaran berlangsung secara PRIVAT [Siswa dan guru berhadapan], yang perlu diperhatikan guru adalah:
1. Guru melafalkan satu contoh variasi huruf BA-NA-TA, GURU : “BA-NA-TA”, GURU: “BA-NA-TA” lakukan 2-3 kali, sambil menunjuk ke arah huruf .
2. Selanjutnya guru meminta siswa/santri untuk membaca satu contoh variasi huruf BA-NA-TA sementara guru menyimak
3. Lakukan langkah 1 dan 2 di atas untuk proses pembelajaran huruf-huruf hijaiyah yang lain
4. Guru sebaiknya tidak meminta siswa membaca secara cepat dan tergesa-gesa, yang menjadi patokan adalah BIAR LAMBAT asal tepat dan baik, hal ini diperlukan agar pencerapan unconsious [bawah sadar] siswa bekerja dengan baik, dan selanjutnya akan berguna bagi psikomotorik siswa pada pertemuan-pertemuan selanjutnya.
5. Hindari penggunaan komentar terhadap siswa sebagai berikut saat menyimak bacaan siswa:
1. Bodoh, 2. Tolol, 3. Matanya kemana, 4.Buyan, tapi sebaiknya :
1. Eiit, 2. Pelan-pelan sayang, 3. Coba sekali lagi. 4. Ya, baik, 5. Bagus, 6. Mantap,
· Bila ada siswa lain ricuh saat pembelajaran privat berlangsung, guru bisa berseru “tepuk siswa” yang diikuti tepukan guru dan siswa bersama-sama.
· Selanjutnya guru meminta siswa mengumpulkan hasil tulisan siswa di meja guru untuk dinilai.
Kegiatan Penutup ( 5 menit )
· Setelah proses kegiatan inti selesai, guru memberi aba-aba “tepuk siswa” yang diikuti secara bersamaan guru dan siswa.
· Guru dan siswa menyanyikan lagu “SATU SATU AKU CINTA ALLAH”:
Lagu SATU SATU AKU CINTA ALLAH
Syair SATU SATU AKU SAYANG IBU
Satu satu aku cinta Allah,
Dua dua cinta Rasulullah,
Tiga tiga sayang orangtua,
Satu dua tiga jalan masuk surga.
· Lanjutkan dengan membaca QS. Al-Fatihah bersama.
· Guru membagi hasil pekerjaan tulisan siswa sesuai urutan pengumpulan, dan selanjutnya siswa menyalami guru secara bergantian.
· Guru menugaskan siswa melafalkan, membaca dan menulis variasi huruf BA-NA-TA dalam 3 huruf sambung bunyi fathah di rumah masing-masing dengan bimbingan orangtua.
· Guru mengucapkan salam.
V. Alat dan Sumber Belajar:
Media Audio-visual
Buku teks (Hikmah Pendidikan AGAMA ISLAM_Kelas 2, Bogor: Yudhistira, 2009), Hal.2.
IQRO’ Klasikal, IQRO’ Privat Jilid 2
VI. Penilaian:
Format penilaian bacaan siswa (psikomotorik)
No | Aspek | Skor |
1 | Kelancaran a. Lancar b. kurang lancar c. tidak lancar | 5 3 1 |
2 | Adab membaca a. berani b. Malu-malu | 3 1 |
Mengubah skor menjadi nilai siswa | Kriteria Nilai |
Jumlah perolehan skor Skor= X100% Jumlah skor total | 90-100 = Amat Baik 71-89 = Baik 70= Cukup 0-69 = Kurang |
No. | Nama Siswa | Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] * | Nilai | |
0-69 | 70-100 | |||
1. belum tuntas | √ | |||
2. tuntas | √ |
§ *Bila siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, lakukan REMEDIAL, bila secara klasikal telah mencapai KKM boleh dilakukan PENGAYAAN[sesuaikan dengan alokasi waktu].
§ *Guru dianjurkan melakukan Penelitian Tindakan Kelas [PTK], dalam rangka melakukan perbaikan aspek-aspek tertentu dari pembelajaran
Banyuasin, 2011
Mengetahui,
Kepala Guru MULOK/IQRO’
(Hidirman, S.Pd) ( Wahyono Saputro, S.Pd.I )
NIP.196412121989061001 NIP. 19751227 200902 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MULOK-[IQRO’] KELAS 2 SD http://wahyono-saputro.blogspot.com/ |
Mata Pelajaran : MULOK-[IQRO’]
Kelas/ Semester : 2 / I
Alokasi Waktu : 1 JP
Pertemuan Ke : 3
Standar Kompetensi :
Al-Qur’an
1. Mengenal huruf Hijaiyah
Kompetensi Dasar :
1. 1. Membaca variasi bunyi huruf A-O dalam 3 huruf sambung bunyi fathah.
Indikator:
Melafalkan variasi huruf RO dalam 3 huruf sambung bunyi fathah
Membaca variasi huruf RO dalam 3 huruf sambung bunyi fathah
Menulis variasi huruf RO dalam 3 huruf sambung bunyi fathah
I. Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat membaca dan menulis variasi huruf RO dalam 3 huruf sambung bunyi fathah
II. Materi Pokok:
III. Metode:
BCM [Bermain, cerita, dan menyanyi],Drill dan penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
Kegiatan Awal ( 5 menit )
1. Salam [Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh]
2. Guru berseru “tepuk siswa/santri”, segera diikuti seluruh siswa: “prok prok”
3. Guru dan siswa menyanyikan lagu “NAIK PERAHU” [lakukan dengan riang dan semangat]
NAIK PERAHU
Naik perahu kecil bergoyang-goyang,
Naik kapal besar tak punya uang,
Satu tambah satu sama dengan dua,
Dua tambah dua sama dengan empat,
Pat- pat gulipat tangannya dilipat,
Pat-pat gulipat duduknya ditempat,
Pat-pat gulipat duduknya yang rapi,
Pat-pat gulipat mulutnya dikunci,
Kuncinya disimpan pan,
Jangan dibuang wang,
Nanti nggak bisa ngomong-mong.
4. Doa, guru diharapkan membimbing siswa/santri membaca do’a [pilih satu di antaranya atau semuanya, tapi untuk tahap permulaan disarankan satu saja]berikut:
· 1. Rabbishrahli shadrii, wa yassirli amri, wahlul ‘uqdatan millisani, yafqahuu qauli,
· 2. Rabbi zidni ‘ilma warzuqni fahma
Kegiatan Inti ( 25 menit )
1. Guru melafalkan satu variasi huruf RO dalam tiga huruf sambung bunyi fathah dengan suara jelas dan perlahan secara berulang dan diikuti siswa secara klasikal [3kali], GURU: “RO-BA-YA”, SISWA: “RO-BA-YA”
2. Selanjutnya guru meminta siswa untuk mempersiapkan alat tulis dan menulis materi yang telah disiapkan.
3. Selanjutnya guru meminta seorang siswa/santri maju menghadap guru dengan membawa buku IQRO’ Klasikal atau IQRO’ Privat, dan mempersilahkan siswa/santri yang lain untuk menulis materi.
4. Saat proses pembelajaran berlangsung secara PRIVAT [Siswa dan guru berhadapan], yang perlu diperhatikan guru adalah:
a. Guru melafalkan satu contoh variasi huruf RO-BA-YA, GURU : “RO-BA-YA”, SISWA: “RO-BA-YA”,lakukan 2-3 kali, sambil menunjuk ke arah huruf
b. Selanjutnya guru meminta siswa/santri untuk membaca huruf RO-BA-YA, sementara guru menyimak
c. Lakukan langkah 1 dan 2 di atas untuk proses pembelajaran huruf-huruf hijaiyah lain yang terdapat dalam materi berikut
d. Guru sebaiknya tidak meminta siswa membaca secara cepat dan tergesa-gesa, yang menjadi patokan adalah BIAR LAMBAT asal tepat dan baik, hal ini diperlukan agar pencerapan unconsious [bawah sadar] siswa bekerja dengan baik, dan selanjutnya akan berguna bagi psikomotorik siswa pada pertemuan-pertemuan selanjutnya.
e. Hindari penggunaan komentar terhadap siswa sebagai berikut saat menyimak bacaan siswa:
1. Bodoh, 2. Tolol, 3. Matanya kemana, 4.Buyan, tapi sebaiknya :
1. Eiit, 2. Pelan-pelan sayang, 3. Coba sekali lagi. 4. Ya, baik, 5. Bagus, 6. Mantap,
· Bila ada siswa lain ricuh saat pembelajaran privat berlangsung, guru bisa berseru “tepuk siswa” yang diikuti tepukan guru dan siswa bersama-sama.
· Selanjutnya guru meminta siswa mengumpulkan hasil tulisan siswa di meja guru untuk dinilai.
Kegiatan Penutup ( 5 menit )
· Setelah proses kegiatan inti selesai, guru memberi aba-aba “tepuk siswa” yang diikuti secara bersamaan guru dan siswa.
· Guru dan siswa menyanyikan lagu “SATU SATU AKU CINTA ALLAH”:
Lagu SATU SATU AKU CINTA ALLAH
Syair SATU SATU AKU SAYANG IBU
Satu satu aku cinta Allah,
Dua dua cinta Rasulullah,
Tiga tiga sayang orangtua,
Satu dua tiga jalan masuk surga.
· Lanjutkan dengan membaca QS. Al-Fatihah bersama.
· Guru membagi hasil pekerjaan tulisan siswa sesuai urutan pengumpulan, dan selanjutnya siswa menyalami guru secara bergantian.
· Guru menugaskan siswa melafalkan, membaca dan menulis variasi huruf RO dalam 3 huruf sambung bunyi fathah di rumah masing-masing dengan bimbingan orangtua.
· Guru mengucapkan salam.
V. Alat dan Sumber Belajar:
Media Audio-visual
Buku teks (Hikmah Pendidikan AGAMA ISLAM_Kelas 2, Bogor: Yudhistira, 2009), Hal.2.
IQRO’ Klasikal, IQRO’ Privat Jilid 2
VI. Penilaian:
Format penilaian bacaan siswa (psikomotorik)
No | Aspek | Skor |
1 | Kelancaran a. Lancar b. kurang lancar c. tidak lancar | 5 3 1 |
2 | Adab membaca c. berani d. Malu-malu | 3 1 |
Mengubah skor menjadi nilai siswa | Kriteria Nilai |
Jumlah perolehan skor Skor= X100% Jumlah skor total | 90-100 = Amat Baik 71-89 = Baik 70= Cukup 0-69 = Kurang |
No. | Nama Siswa | Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] * | Nilai | |
0-69 | 70-100 | |||
1. belum tuntas | √ | |||
2. tuntas | √ |
§ *Bila siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, lakukan REMEDIAL, bila secara klasikal telah mencapai KKM boleh dilakukan PENGAYAAN[sesuaikan dengan alokasi waktu].
§ *Guru dianjurkan melakukan Penelitian Tindakan Kelas [PTK], dalam rangka melakukan perbaikan aspek-aspek tertentu dari pembelajaran.
Banyuasin, 2011
Mengetahui,
Kepala Guru MULOK/IQRO’
(Hidirman, S.Pd) ( Wahyono Saputro, S.Pd.I )
NIP.196412121989061001 NIP. 19751227 200902 1 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar