Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Selasa, 19 Juli 2011

RP-MULOK-[IQRO’] _KELAS 2 SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)     
 MULOK-[IQRO’] KELAS 2 SD
e-mail:wahyonosaputro@ymail.com, blog: http://wahyonosaputro. wordpress.com/
http://wahyono-saputro.blogspot.com/





Mata Pelajaran           : MULOK-[IQRO’]
Kelas/ Semester              : 2 / I
Alokasi Waktu                : 1 JP
Pertemuan Ke                : 1
Standar Kompetensi     :
Al-Qur’an
1.   Mengenal huruf Hijaiyah

Kompetensi Dasar            :
1. 1. Membaca variasi bunyi huruf A-O dalam 3 huruf sambung bunyi fathah.  

 INDIKATOR
Melafalkan 2 huruf sambung bunyi fathah variasi A-O
Membaca huruf  2 huruf sambung bunyi fathah variasi A-O
Menulis huruf 2 huruf sambung bunyi fathah variasi A-O

I.              Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat membaca dan menulis huruf 2 huruf sambung bunyi fathah variasi A-O

II.           Materi Pokok:


III.         Metode:
§   BCM [Bermain, cerita, dan menyanyi],Drill dan penugasan

IV.         Langkah-langkah Pembelajaran:
Kegiatan Awal ( 5 menit )
·         Salam [Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh]
·         Guru berseru “tepuk siswa/santri”, segera diikuti seluruh siswa: “prok prok
·         Guru dan siswa menyanyikan lagu “NAIK PERAHU” [lakukan dengan riang dan semangat]
NAIK PERAHU
Naik perahu kecil bergoyang-goyang,
Naik kapal besar tak punya uang,
Satu tambah satu sama dengan dua,
Dua tambah dua sama dengan empat,
Pat- pat gulipat tangannya dilipat,
Pat-pat gulipat duduknya ditempat,
Pat-pat gulipat duduknya yang rapi,
Pat-pat gulipat mulutnya dikunci,
Kuncinya disimpan pan,
Jangan dibuang wang,
Nanti nggak bisa ngomong-mong.

·         Doa, guru diharapkan membimbing siswa/santri membaca do’a [pilih satu di antaranya atau semuanya, tapi untuk tahap permulaan disarankan satu saja]berikut:
·   1. Rabbishrahli shadrii, wa yassirli amri, wahlul ‘uqdatan millisani, yafqahuu qauli,
·   2. Rabbi zidni ‘ilma warzuqni fahma

        Kegiatan Inti ( 25 menit )
1.  Guru melafalkan dua huruf sambung bunyi fathah variasi A-O dengan suara jelas dan perlahan secara berulang dan diikuti siswa secara klasikal [3 kali].




2. Selanjutnya guru meminta siswa untuk mempersiapkan alat tulis dan menulis materi yang telah disiapkan.
3. Selanjutnya guru meminta seorang siswa/santri maju menghadap guru dengan membawa buku IQRO’ Klasikal atau IQRO’ Privat, dan mempersilahkan siswa/santri yang lain untuk menulis materi.
4. Saat proses pembelajaran berlangsung secara PRIVAT [Siswa dan guru berhadapan], yang perlu diperhatikan guru adalah:
1. Guru melafalkan huruf dua huruf sambung BA-TA sebagai pendahuluan, GURU: “BA-TA”, SISWA: “BA-TA” lakukan 2-3 kali, sambil menunjuk ke arah huruf  
2. Selanjutnya guru meminta siswa/santri untuk membaca huruf “TA-RO” sementara guru menyimak
3. Lakukan langkah 1 dan 2 di atas untuk proses pembelajaran dua huruf sambung bunyi fathah variasi A-O yang lain
4. Guru sebaiknya tidak meminta siswa membaca secara cepat dan tergesa-gesa, yang menjadi patokan adalah BIAR LAMBAT asal tepat dan baik, hal ini diperlukan agar pencerapan unconsious [bawah sadar] siswa bekerja dengan baik,  dan selanjutnya akan berguna bagi psikomotorik siswa pada pertemuan-pertemuan selanjutnya.
5. Hindari penggunaan komentar terhadap siswa sebagai berikut saat menyimak bacaan siswa:
1. Bodoh, 2. Tolol, 3. Matanya kemana, 4.Buyan, tapi sebaiknya :
1. Eiit,  2. Pelan-pelan sayang, 3. Coba sekali lagi. 4. Ya, baik, 5. Bagus, 6. Mantap,
·         Bila ada siswa lain ricuh saat pembelajaran privat berlangsung, guru bisa berseru “tepuk siswa” yang diikuti tepukan guru dan siswa bersama-sama.
·         Selanjutnya guru meminta siswa mengumpulkan hasil tulisan siswa di meja guru untuk dinilai.
Kegiatan Penutup ( 5 menit )
·         Setelah proses kegiatan inti selesai, guru memberi aba-aba “tepuk siswa” yang diikuti secara bersamaan guru dan siswa.
·         Guru  dan siswa menyanyikan lagu “SATU SATU AKU CINTA ALLAH”:
Lagu SATU SATU AKU CINTA ALLAH
Syair SATU SATU AKU SAYANG IBU
Satu satu aku cinta Allah,
Dua dua cinta Rasulullah,
Tiga tiga sayang orangtua,
Satu dua tiga jalan masuk surga.

·         Lanjutkan dengan membaca QS. Al-Fatihah bersama.
·         Guru membagi hasil pekerjaan tulisan siswa sesuai urutan pengumpulan, dan selanjutnya siswa menyalami guru secara bergantian.
·         Guru menugaskan siswa melafalkan, membaca dan menulis 2 huruf sambung bunyi fathah variasi A-O di rumah masing-masing dengan bimbingan orangtua.
·         Guru mengucapkan salam.

V.           Alat dan Sumber Belajar:
§   Media Audio-visual
§   buku teks (Hikmah Pendidikan AGAMA ISLAM_Kelas 2, Bogor: Yudhistira, 2009), Hal.2.
§   IQRO’ Klasikal, IQRO’ Privat Jilid 2

VI.         Penilaian:
                                                                       
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
KKM
·   Melafalkan 2 huruf sambung bunyi fathah variasi A-O




·   Membaca huruf  2 huruf sambung bunyi fathah variasi A-O




·   Menulis huruf 2 huruf sambung bunyi fathah variasi A-O
Lisan.
Dan
Tertulis
Unjuk penampilan.
Jawaban singkat
1.   Lafalkan 2 huruf sambung bunyi fathah variasi A-O berikut ini

2.   Baca huruf  2 huruf sambung bunyi fathah variasi A-O

3.   Tulis huruf 2 huruf sambung bunyi fathah variasi A-O





70
KKM disesuaikan dengan kondisi Unit masing-masing


Format penilaian bacaan siswa (psikomotorik)

No
Aspek
Skor
1
Kelancaran
a.        Lancar
b.        kurang lancar
c.        tidak lancar

5
3
1
2
Adab membaca
a.        berani  
b.        Malu-malu

3
1



Mengubah skor menjadi nilai siswa
Kriteria Nilai

Jumlah perolehan skor
Skor=                                                                                                X100%      
Jumlah skor total
90-100 = Amat Baik
71-89 = Baik
70= Cukup
0-69 = Kurang



No.
Nama Siswa
Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] *
Nilai
0-69
70-100


1. belum tuntas



2. tuntas

§    *Bila siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, lakukan REMEDIAL, bila secara klasikal telah mencapai KKM boleh  dilakukan PENGAYAAN[sesuaikan dengan alokasi waktu].
§    *Guru dianjurkan melakukan Penelitian Tindakan Kelas [PTK], dalam rangka melakukan perbaikan aspek-aspek tertentu dari pembelajaran.




                                                                                                Banyuasin,            2011
Mengetahui,
Kepala                                                                                     Guru MULOK/IQRO’




(Hidirman, S.Pd)                                                            ( Wahyono Saputro, S.Pd.I )
NIP.196412121989061001                                                     NIP. 19751227 200902 1 002





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)     
 MULOK-[IQRO’] KELAS 2 SD
e-mail:wahyonosaputro@ymail.com, blog: http://wahyonosaputro. wordpress.com/
http://wahyono-saputro.blogspot.com/





Mata Pelajaran            : MULOK-[IQRO’]
Kelas/ Semester               : 2 / I
Alokasi Waktu                 : 1 JP
Pertemuan Ke                 : 2
Standar Kompetensi     :
Al-Qur’an
1.   Mengenal huruf Hijaiyah

Kompetensi Dasar            :
1. 1. Membaca variasi bunyi huruf A-O dalam 3 huruf sambung bunyi fathah.

INDIKATOR
Melafalkan variasi huruf BA-NA-TA dalam 3 huruf  sambung bunyi fathah
Membaca variasi huruf BA-NA-TA dalam 3 huruf  sambung bunyi fathah
Menulis variasi huruf BA-NA-TA dalam 3 huruf  sambung bunyi fathah

I.              Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat membaca dan menulis  variasi huruf BA-NA-TA dalam 3 huruf  sambung bunyi fathah

II.           Materi Pokok:



III.   Metode:
BCM [Bermain, cerita, dan menyanyi],Drill dan penugasan

IV.   Langkah-langkah Pembelajaran:
Kegiatan Awal ( 5 menit )
·         Salam [Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh]
·         Guru berseru “tepuk siswa/santri”, segera diikuti seluruh siswa: “prok prok
·         Guru dan siswa menyanyikan lagu “NAIK PERAHU” [lakukan dengan riang dan semangat]
NAIK PERAHU
Naik perahu kecil bergoyang-goyang,
Naik kapal besar tak punya uang,
Satu tambah satu sama dengan dua,
Dua tambah dua sama dengan empat,
Pat- pat gulipat tangannya dilipat,
Pat-pat gulipat duduknya ditempat,
Pat-pat gulipat duduknya yang rapi,
Pat-pat gulipat mulutnya dikunci,
Kuncinya disimpan pan,
Jangan dibuang wang,
Nanti nggak bisa ngomong-mong.

·         Doa, guru diharapkan membimbing siswa/santri membaca do’a [pilih satu di antaranya atau semuanya, tapi untuk tahap permulaan disarankan satu saja]berikut:
·   1. Rabbishrahli shadrii, wa yassirli amri, wahlul ‘uqdatan millisani, yafqahuu qauli,
·   2. Rabbi zidni ‘ilma warzuqni fahma

Kegiatan Inti ( 25 menit )
1.  Guru melafalkan satu contoh variasi huruf BA-NA-TA dalam 3 huruf  sambung bunyi fathah sebagai pendahuluan dengan suara jelas dan perlahan secara berulang dan diikuti siswa secara klasikal [3 kali].

2. Selanjutnya guru meminta siswa untuk mempersiapkan alat tulis dan menulis materi yang telah disiapkan.
3. Selanjutnya guru meminta seorang siswa/santri maju menghadap guru dengan membawa buku IQRO’ Klasikal atau IQRO’ Privat, dan mempersilahkan siswa/santri yang lain untuk menulis materi.
4. Saat proses pembelajaran berlangsung secara PRIVAT [Siswa dan guru berhadapan], yang perlu diperhatikan guru adalah:
1. Guru melafalkan satu contoh variasi huruf BA-NA-TA, GURU : “BA-NA-TA”, GURU: “BA-NA-TA” lakukan 2-3 kali, sambil menunjuk ke arah huruf  .
2. Selanjutnya guru meminta siswa/santri untuk membaca satu contoh variasi huruf BA-NA-TA  sementara guru menyimak
3. Lakukan langkah 1 dan 2 di atas untuk proses pembelajaran huruf-huruf hijaiyah yang lain
4. Guru sebaiknya tidak meminta siswa membaca secara cepat dan tergesa-gesa, yang menjadi patokan adalah BIAR LAMBAT asal tepat dan baik, hal ini diperlukan agar pencerapan unconsious [bawah sadar] siswa bekerja dengan baik,  dan selanjutnya akan berguna bagi psikomotorik siswa pada pertemuan-pertemuan selanjutnya.
5. Hindari penggunaan komentar terhadap siswa sebagai berikut saat menyimak bacaan siswa:
1. Bodoh, 2. Tolol, 3. Matanya kemana, 4.Buyan, tapi sebaiknya :
1. Eiit,  2. Pelan-pelan sayang, 3. Coba sekali lagi. 4. Ya, baik, 5. Bagus, 6. Mantap,
·         Bila ada siswa lain ricuh saat pembelajaran privat berlangsung, guru bisa berseru “tepuk siswa” yang diikuti tepukan guru dan siswa bersama-sama.
·         Selanjutnya guru meminta siswa mengumpulkan hasil tulisan siswa di meja guru untuk dinilai.

Kegiatan Penutup ( 5 menit )
·         Setelah proses kegiatan inti selesai, guru memberi aba-aba “tepuk siswa” yang diikuti secara bersamaan guru dan siswa.
·         Guru  dan siswa menyanyikan lagu “SATU SATU AKU CINTA ALLAH”:
Lagu SATU SATU AKU CINTA ALLAH
Syair SATU SATU AKU SAYANG IBU
Satu satu aku cinta Allah,
Dua dua cinta Rasulullah,
Tiga tiga sayang orangtua,
Satu dua tiga jalan masuk surga.

·         Lanjutkan dengan membaca QS. Al-Fatihah bersama.
·         Guru membagi hasil pekerjaan tulisan siswa sesuai urutan pengumpulan, dan selanjutnya siswa menyalami guru secara bergantian.
·         Guru menugaskan siswa melafalkan, membaca dan menulis variasi huruf BA-NA-TA dalam 3 huruf  sambung bunyi fathah di rumah masing-masing dengan bimbingan orangtua.
·         Guru mengucapkan salam.

V.     Alat dan Sumber Belajar:
Media Audio-visual
Buku teks (Hikmah Pendidikan AGAMA ISLAM_Kelas 2, Bogor: Yudhistira, 2009), Hal.2.
IQRO’ Klasikal, IQRO’ Privat Jilid 2

VI.   Penilaian:
                                                                       
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
KKM
o  Melafalkan variasi huruf BA-NA-TA dalam 3 huruf  sambung bunyi fathah





o  Membaca variasi huruf BA-NA-TA dalam 3 huruf  sambung bunyi fathah





o  Menulis variasi huruf BA-NA-TA dalam 3 huruf  sambung bunyi fathah

Lisan.
Dan
Tertulis
Unjuk penampilan.
Jawaban singkat
1.  Lafalkan variasi huruf BA-NA-TA dalam 3 huruf  sambung bunyi fathah berikut ini


2.  Membaca variasi huruf BA-NA-TA dalam 3 huruf  sambung bunyi fathah


3.  Menulis variasi huruf BA-NA-TA dalam 3 huruf  sambung bunyi fathah
70
KKM disesuaikan dengan kondisi Unit masing-masing

Format penilaian bacaan siswa (psikomotorik)

No
Aspek
Skor
1
Kelancaran
a.        Lancar
b.        kurang lancar
c.        tidak lancar

5
3
1
2
Adab membaca
a.        berani  
b.        Malu-malu

3
1

Mengubah skor menjadi nilai siswa
Kriteria Nilai

Jumlah perolehan skor
Skor=                                                                                                X100%      
Jumlah skor total
90-100 = Amat Baik
71-89 = Baik
70= Cukup
0-69 = Kurang

No.
Nama Siswa
Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] *
Nilai
0-69
70-100


1. belum tuntas



2. tuntas

§    *Bila siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, lakukan REMEDIAL, bila secara klasikal telah mencapai KKM boleh  dilakukan PENGAYAAN[sesuaikan dengan alokasi waktu].
§    *Guru dianjurkan melakukan Penelitian Tindakan Kelas [PTK], dalam rangka melakukan perbaikan aspek-aspek tertentu dari pembelajaran


                                                                                                Banyuasin,            2011
Mengetahui,
Kepala                                                                                     Guru MULOK/IQRO’


(Hidirman, S.Pd)                                                             ( Wahyono Saputro, S.Pd.I )
NIP.196412121989061001                                                     NIP. 19751227 200902 1 002




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)     
 MULOK-[IQRO’] KELAS 2 SD
e-mail:wahyonosaputro@ymail.com, blog: http://wahyonosaputro. wordpress.com/
http://wahyono-saputro.blogspot.com/






Mata Pelajaran            : MULOK-[IQRO’]
Kelas/ Semester               : 2 / I
Alokasi Waktu                 : 1 JP
Pertemuan Ke                  : 3
Standar Kompetensi     :
Al-Qur’an
1.   Mengenal huruf Hijaiyah

Kompetensi Dasar            :
1. 1. Membaca variasi bunyi huruf A-O dalam 3 huruf sambung bunyi fathah. 

Indikator:   
Melafalkan variasi huruf RO dalam 3 huruf  sambung bunyi fathah
Membaca variasi huruf RO dalam 3 huruf  sambung bunyi fathah
Menulis variasi huruf RO dalam 3 huruf  sambung bunyi fathah

I.              Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat membaca dan menulis variasi huruf RO dalam 3 huruf  sambung bunyi fathah

II.           Materi Pokok:



III.         Metode:
BCM [Bermain, cerita, dan menyanyi],Drill dan penugasan

IV.         Langkah-langkah Pembelajaran:
Kegiatan Awal ( 5 menit )
1.  Salam [Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh]
2.  Guru berseru “tepuk siswa/santri”, segera diikuti seluruh siswa: “prok prok
3.  Guru dan siswa menyanyikan lagu “NAIK PERAHU” [lakukan dengan riang dan semangat]
NAIK PERAHU
Naik perahu kecil bergoyang-goyang,
Naik kapal besar tak punya uang,
Satu tambah satu sama dengan dua,
Dua tambah dua sama dengan empat,
Pat- pat gulipat tangannya dilipat,
Pat-pat gulipat duduknya ditempat,
Pat-pat gulipat duduknya yang rapi,
Pat-pat gulipat mulutnya dikunci,
Kuncinya disimpan pan,
Jangan dibuang wang,
Nanti nggak bisa ngomong-mong.

4.  Doa, guru diharapkan membimbing siswa/santri membaca do’a [pilih satu di antaranya atau semuanya, tapi untuk tahap permulaan disarankan satu saja]berikut:
·   1. Rabbishrahli shadrii, wa yassirli amri, wahlul ‘uqdatan millisani, yafqahuu qauli,
·   2. Rabbi zidni ‘ilma warzuqni fahma

Kegiatan Inti ( 25 menit )
1.  Guru melafalkan satu variasi huruf RO dalam tiga huruf sambung bunyi fathah dengan suara jelas dan perlahan secara berulang dan diikuti siswa secara klasikal [3kali], GURU: “RO-BA-YA”, SISWA: “RO-BA-YA”
2. Selanjutnya guru meminta siswa untuk mempersiapkan alat tulis dan menulis materi yang telah disiapkan.
3. Selanjutnya guru meminta seorang siswa/santri maju menghadap guru dengan membawa buku IQRO’ Klasikal atau IQRO’ Privat, dan mempersilahkan siswa/santri yang lain untuk menulis materi.
4. Saat proses pembelajaran berlangsung secara PRIVAT [Siswa dan guru berhadapan], yang perlu diperhatikan guru adalah:
a.        Guru melafalkan satu contoh variasi huruf RO-BA-YA, GURU : “RO-BA-YA”, SISWA: “RO-BA-YA”,lakukan 2-3 kali, sambil menunjuk ke arah huruf  
b.        Selanjutnya guru meminta siswa/santri untuk membaca huruf  RO-BA-YA,  sementara guru menyimak
c.        Lakukan langkah 1 dan 2 di atas untuk proses pembelajaran huruf-huruf hijaiyah lain yang terdapat dalam materi berikut
d.        Guru sebaiknya tidak meminta siswa membaca secara cepat dan tergesa-gesa, yang menjadi patokan adalah BIAR LAMBAT asal tepat dan baik, hal ini diperlukan agar pencerapan unconsious [bawah sadar] siswa bekerja dengan baik,  dan selanjutnya akan berguna bagi psikomotorik siswa pada pertemuan-pertemuan selanjutnya.
e.        Hindari penggunaan komentar terhadap siswa sebagai berikut saat menyimak bacaan siswa:
1. Bodoh, 2. Tolol, 3. Matanya kemana, 4.Buyan, tapi sebaiknya :
1. Eiit,  2. Pelan-pelan sayang, 3. Coba sekali lagi. 4. Ya, baik, 5. Bagus, 6. Mantap,
·         Bila ada siswa lain ricuh saat pembelajaran privat berlangsung, guru bisa berseru “tepuk siswa” yang diikuti tepukan guru dan siswa bersama-sama.
·         Selanjutnya guru meminta siswa mengumpulkan hasil tulisan siswa di meja guru untuk dinilai.

Kegiatan Penutup ( 5 menit )
·         Setelah proses kegiatan inti selesai, guru memberi aba-aba “tepuk siswa” yang diikuti secara bersamaan guru dan siswa.
·         Guru  dan siswa menyanyikan lagu “SATU SATU AKU CINTA ALLAH”:
Lagu SATU SATU AKU CINTA ALLAH
Syair SATU SATU AKU SAYANG IBU
Satu satu aku cinta Allah,
Dua dua cinta Rasulullah,
Tiga tiga sayang orangtua,
Satu dua tiga jalan masuk surga.

·         Lanjutkan dengan membaca QS. Al-Fatihah bersama.
·         Guru membagi hasil pekerjaan tulisan siswa sesuai urutan pengumpulan, dan selanjutnya siswa menyalami guru secara bergantian.
·         Guru menugaskan siswa melafalkan, membaca dan menulis variasi huruf RO dalam 3 huruf  sambung bunyi fathah di rumah masing-masing dengan bimbingan orangtua.
·         Guru mengucapkan salam.

V.           Alat dan Sumber Belajar:
Media Audio-visual
Buku teks (Hikmah Pendidikan AGAMA ISLAM_Kelas 2, Bogor: Yudhistira, 2009), Hal.2.
IQRO’ Klasikal, IQRO’ Privat Jilid 2

VI.         Penilaian:
                                                                       
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
KKM
o  Melafalkan variasi huruf RO dalam 3 huruf  sambung bunyi fathah


o  Membaca variasi huruf RO dalam 3 huruf  sambung bunyi fathah






o  Menulis variasi huruf RO dalam 3 huruf  sambung bunyi fathah

Lisan.
Dan
Tertulis
Unjuk penampilan.
Jawaban singkat
1.  Lafalkan variasi huruf RO dalam 3 huruf  sambung bunyi fathah

2.  Bacalah variasi huruf RO dalam 3 huruf  sambung bunyi fathah berikut ini



3.  Tulis variasi huruf RO dalam 3 huruf  sambung bunyi fathah berikut ini
70
KKM disesuaikan dengan kondisi Unit masing-masing
Format penilaian bacaan siswa (psikomotorik)
No
Aspek
Skor
1
Kelancaran
a.        Lancar
b.        kurang lancar
c.        tidak lancar

5
3
1
2
Adab membaca
c.        berani  
d.        Malu-malu

3
1

Mengubah skor menjadi nilai siswa
Kriteria Nilai

Jumlah perolehan skor
Skor=                                                                                                X100%      
Jumlah skor total
90-100 = Amat Baik
71-89 = Baik
70= Cukup
0-69 = Kurang

No.
Nama Siswa
Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] *
Nilai
0-69
70-100


1. belum tuntas



2. tuntas

§    *Bila siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, lakukan REMEDIAL, bila secara klasikal telah mencapai KKM boleh  dilakukan PENGAYAAN[sesuaikan dengan alokasi waktu].
§    *Guru dianjurkan melakukan Penelitian Tindakan Kelas [PTK], dalam rangka melakukan perbaikan aspek-aspek tertentu dari pembelajaran.

                                                                                                Banyuasin,            2011
Mengetahui,
Kepala                                                                                     Guru MULOK/IQRO’



(Hidirman, S.Pd)                                                            ( Wahyono Saputro, S.Pd.I )
NIP.196412121989061001                                                     NIP. 19751227 200902 1 002

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar