Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Selasa, 19 Juli 2011

RPP_Aqidah-Akhlak_MTS-KLS-IX-Peristiwa&10NamaHariAkhir

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MTS
MASDARUL ULUM INDRALAYA
Mata Pelajaran
Aqidah Akhlak
Kelas/Semester
IX / 1
Alokasi Waktu
2x40 menit (1 Kali pertemuan)
 
A.    Standar Kompetensi
     1.    Meningkatkan keimanan kepada hari akhir akhir dan alam ghaib yang berhubungan kepada hari akhir

B.    Kompetensi Dasar
       1.1   Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir.

C.    Materi Pembelajaran
§         Peristiwa hari akhir [Halaman 5-7]

Kapan terjadinya hari akhir? Tidak ada seorang pun bahkan satu makhluk pun yang dapat mengetahui waktu terjadinya hari akhir secara persis, kecuali Allah SWT.

Di dalam QS. Al-A’raf [7] ayat 187:

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ
Artinya:
Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia”
Walaupun kedatangan hari akhir (kiamat) tidak dapat diketahui, namun kita wajib mempercayai, bahwa hari akhir itu akan terjadi dan dialami oleh seluruh manusia.
Peristiwa hari akhir yang sering juga disebut hari kiamat didahului dengan ditiupnya sangkakala pertanda akan musnahnya alam semesta ini. Pada saat itu seluruh makhluk, seperti manusia, binatang, tumbuh-tumbuhan, gunung-gunung, laut, langit semuanya menjadi kacau balau dan hancur.
Firman Allah SWT:
Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup,
فَإِذَا نُفِخَ فِي الصُّورِ نَفْخَةٌ وَاحِدَةٌ
13
dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali bentur.
وَحُمِلَتِ الأرْضُ وَالْجِبَالُ فَدُكَّتَا دَكَّةً وَاحِدَةً
14
Maka pada hari itu terjadilah hari kiamat,
فَيَوْمَئِذٍ وَقَعَتِ الْوَاقِعَةُ
15
QS. Al-Haqqah [69]:13-15



§         Nama-nama hari akhir [halaman 7-10]

Berikut nama-nama hari akhir:
1. Yaumul Akhir [Hari akhir] ْيَوْمِ الْآَخِرِ
     QS. Al-Baqarah [2]: 8 , yaitu:

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ آَمَنَّا بِاللَّهِ وَبِالْيَوْمِ الْآَخِرِ وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِينَ

Artinya:
Di antara manusia ada yang mengatakan: "Kami beriman kepada Allah dan Hari kemudian", padahal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman”.   

2. Yaumul Qiyamah [Hari kiamat] َيَوْمَ الْقِيَامَةِ
     QS. Al-Baqarah [2]: 85 , yaitu:

فَمَا جَزَاءُ مَنْ يَفْعَلُ ذَلِكَ مِنْكُمْ إِلَّا خِزْيٌ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ يُرَدُّونَ إِلَى أَشَدِّ الْعَذَابِ وَمَا اللَّهُ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُونَ
“Tiadalah balasan bagi orang yang berbuat demikian dari padamu, melainkan kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada siksa yang sangat berat. Allah tidak lengah dari apa yang kamu perbuat”.

3. Yaumul Hasrah [Hari penyesalan] يَوْمَ الْحَسْرَةِ
 QS. Maryam [19]: 39

وَأَنْذِرْهُمْ يَوْمَ الْحَسْرَةِ إِذْ قُضِيَ الْأَمْرُ وَهُمْ فِي غَفْلَةٍ وَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ

“Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan, (yaitu) ketika segala perkara telah diputus. Dan mereka dalam kelalaian dan mereka tidak (pula) beriman”.


4.      Yaumul Ba’s [Hari Perhitungan] يَوْمُ الْبَعْثِ
 QS. Ar-Rum [30]: 56

فَهَذَا يَوْمُ الْبَعْثِ وَلَكِنَّكُمْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ
“Maka inilah hari berbangkit itu, tetapi (dahulu) kamu tidak meyakini (nya)”.

5.      Yaumul Hisab [Hari perhitungan]  
 يَوْمِ الْحِسَابِ
QS. Shad [38]: 16

وَقَالُوا رَبَّنَا عَجِّلْ لَنَا قِطَّنَا قَبْلَ يَوْمِ الْحِسَابِ
“Dan mereka berkata:’Ya Tuhan Kami segerakanlah azab yang diperuntukkan bagi kami sebelum hari perhitungan’.”

6.      Yaumud Din [Hari pembalasan] يَوْمِ الدِّينِ
QS. Al-Fatihah [1]: 4
مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ
“Yang menguasai hari pembalasan”.

7.      Yaumul Haq [Hari yang pasti terjadi] يَوْمُ الْحَقُّ
QS. An-Naba’ [78]: 39
ذَلِكَ الْيَوْمُ الْحَقُّ فَمَنْ شَاءَ اتَّخَذَ إِلَى رَبِّهِ مَآَبًا
“Itulah hari yang pasti terjadi. Maka barang siapa yang menghendaki, niscaya ia menempuh jalan kembali kepada Tuhannya”.

8.      Yaumul Jam’I [Hari berkumpul] يَوْمَ الْجَمْعِ
QS. Asy-Syura [42]: 7
وَكَذَلِكَ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ قُرْآَنًا عَرَبِيًّا لِتُنْذِرَ أُمَّ الْقُرَى وَمَنْ حَوْلَهَا وَتُنْذِرَ يَوْمَ الْجَمْعِ لَا رَيْبَ فِيهِ
“Demikianlah Kami wahyukan kepadamu Al Qur'an dalam bahasa Arab supaya kamu memberi peringatan kepada umulqura (penduduk Mekah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya serta memberi peringatan (pula) tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak ada keraguan padanya”.

9.      Yaumul Khulud [Hari kekekalan] يَوْمُ الْخُلُودِ
QS.Qaf [50]:34
ادْخُلُوهَا بِسَلَامٍ ذَلِكَ يَوْمُ الْخُلُودِ
“Masuklah ke (dalam surga) dengan aman dan damai”

10.  Yaumul Fasli [Hari keputusan] 
 يَوْمَ الْفَصْلِ
QS. Ad-Dukhan [44]: 40
إِنَّ يَوْمَ الْفَصْلِ مِيقَاتُهُمْ أَجْمَعِينَ
“Sungguh, hari keputusan (hari kiamat) adalah waktu yang dijanjikan bagi mereka semua”.
·                      Untuk lebih lengkap silahkan merujuk ke halaman 7-10 dalam buku sumber.

D.   Metode Pembelajaran
§         Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§         Tanya jawab tentang pengertian aqidah Islam yang siswa ketahui
§         Diskusi

E.     Langkah-langkah Pembelajaran

No
Uraian Kegiatan
Waktu

1

Tujuan Pembelajaran :
§         Siswa dapat menjelaskan suasana peristiwa terjadinya hari akhir dan menyebutkan 10 nama lain dari hari akhir

Kegiatan awal :
Apersepsi :
§         Memberikan pertanyaan seputar kebenaran akan datangnya hari akhir.

Motivasi :
§         Memberikan informasi deskriptif  tentang kepastian datangnya hari akhir dan memotivasi siswa untuk tidak berhenti berbuat amal shaleh dan kebaikan


10  menit

2

Kegiatan inti :
§         Siswa membaca literatur tentang PERISTIWA HARI AKHIR (fase eksplorasi)
Kapan terjadinya hari akhir? Tidak ada seorang pun bahkan satu makhluk pun yang dapat mengetahui waktu terjadinya hari akhir secara persis, kecuali Allah SWT.

Di dalam QS. Al-A’raf [7] ayat 187:

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ
Artinya:
Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia”
Walaupun kedatangan hari akhir (kiamat) tidak dapat diketahui, namun kita wajib mempercayai, bahwa hari akhir itu akan terjadi dan dialami oleh seluruh manusia.
Peristiwa hari akhir yang sering juga disebut hari kiamat didahului dengan ditiupnya sangkakala pertanda akan musnahnya alam semesta ini. Pada saat itu seluruh makhluk, seperti manusia, binatang, tumbuh-tumbuhan, gunung-gunung, laut, langit semuanya menjadi kacau balau dan hancur.
Firman Allah SWT:
Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup,
فَإِذَا نُفِخَ فِي الصُّورِ نَفْخَةٌ وَاحِدَةٌ
13
dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali bentur.
وَحُمِلَتِ الأرْضُ وَالْجِبَالُ فَدُكَّتَا دَكَّةً وَاحِدَةً
14
Maka pada hari itu terjadilah hari kiamat,
فَيَوْمَئِذٍ وَقَعَتِ الْوَاقِعَةُ
15
QS. Al-Haqqah [69]:13-15

§         Bertanya jawab tentang peristiwa menjelang terjadinya hari akhir  (fase eksplorasi)
Guru : Coba Aisyah, kamu jelaskan tentang peristiwa menjelang terjadinya hari akhir!
Siswa : Peristiwa hari akhir yang sering juga disebut hari kiamat didahului dengan ditiupnya sangkakala pertanda akan musnahnya alam semesta ini. Pada saat itu seluruh makhluk, seperti manusia, binatang, tumbuh-tumbuhan, gunung-gunung, laut, langit semuanya menjadi kacau balau dan hancur.!

§         Siswa diminta berdiskusi :  Menjelaskan 10 nama lain dari (fase elaborasi)
§         Siswa memaparkan hasil diskusinya (fase elaborasi)
§         Siswa dan guru merefleksikan hasil pembelajaran (fase konfirmasi)

60 Menit

3

Kegiatan akhir :
oTanya jawab tentang  suasana peristiwa terjadinya hari akhir
Dan 10 nama lain dari hari akhir


10 menit

F.     Sumber belajar dan media pembelajaran :
  1. Buku Pendidikan Agama Islam_AQIDAH-AKHLAK_MTS_Kelas-IX, Karya Toha Putera, Semarang, 2009
  2. Referensi lain

G.    Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
KKM
o  Menjelaskan suasana peristiwa terjadinya hari akhir
o  Menjelaskan 10 nama lain dari hari akhir
Tertulis,
Lisan dan nontes.

isian,essay,performance.
Jawablah soal-soal di bawah ini!
1.    Jelaskan dengan singkat suasana yang mendahului peristiwa terjadinya hari akhir!
2.   Jelaskan secara singkat 10 nama lain dari hari akhir!
Jawaban:
1.   Peristiwa hari akhir yang sering juga disebut hari kiamat didahului dengan ditiupnya sangkakala pertanda akan musnahnya alam semesta ini. Pada saat itu seluruh makhluk, seperti manusia, binatang, tumbuh-tumbuhan, gunung-gunung, laut, langit semuanya menjadi kacau balau dan hancur.
2.  Sepuluh nama lain dari hari akhir [lihat materi halaman 7-10 dalam RPP ini]


70
[KKM ditentukan oleh unit masing-masing]



Mengubah skor menjadi nilai siswa
Kriteria Nilai

Jumlah perolehan skor
Skor=                                                                                                X100%      
Jumlah skor total
90-100 = Amat Baik
71-89 = Baik
70= Cukup
0-69 = Kurang



No.
Nama Siswa
Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] *
Nilai
0-69
70-100


1. belum tuntas



2. tuntas

§    *Bila siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, lakukan REMEDIAL, bila secara klasikal telah mencapai KKM boleh  dilakukan PENGAYAAN[sesuaikan dengan alokasi waktu].
§    *Guru dianjurkan melakukan Penelitian Tindakan Kelas [PTK], dalam rangka melakukan perbaikan aspek-aspek tertentu dari pembelajaran.


Mengetahui
Kepala Madrasah


...........................................
NIP.

.............. , .............................
Guru bidang studi Aqidah Akhlaq


..........................................
NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar