Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Kamis, 25 Agustus 2011

Sentuhan Islam tentang Disiplin Ilmu Komunikasi

  1. PENGERTIAN KOMUNIKASI
Manusia sebagai makhluk yang sempurna memiliki kemampuan berkomunikasi antar mereka. Komunikasi berkaitan dengan kemampuan berfikir dan mengungkapkan fikirannya melalui media komunikasi. Sebagai makhluk social yang senantiasa saling berinterakasi, manusia dituntut untuk dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya.
            Istilah komunikasi berasal dari bahasa Latin communicare yang berarti berpartisipasi, juga berasal dari commones yang berarti sama dengan common. Secara sederhana, seseorang yang berkomunikasi mengharapkan orang lain ikut berpartisipasi atau bertindak sesuai dengan harapan, tujuan atau isi pesan yang disampaikannya.
            Para ahli komunikasi mendefinisikan bahwa komunikasi adalah suatu proses pengoperan lambang-lambang yang mengandung pengertian tertentu kepada seseorang oleh orang lain. Proses tersebut meliputi unsur-unsur sebagai berikut:
Pertama, komunikator, yakni orang yang menyampaikan atau menyiarkan pesan (message),
Kedua, pesan adalah ide, informasi,atau opini.
Ketiga, komunikan (communicant), adalah orang yang menerima pesan. Keempat, channel atau media untuk menyampaikan pesan sehingga dapat diterima oleh komunikan.
Kelima, efek (effect) yaitu pengaruh kegiatan komunikasi yang dilakukan komunikator kepada komunikan.
            Atas dasar itulah komunikasi terjadi apabila antara kedua kedua pihak terjadi pengertian yang sama terhadap sesuatu. Komunikasi berarti pula mempengaruhi orang lain, yaitu sipenerima komunikasi (komunikan) mengikuti apa yang disampaikan oleh sumber komunikasi (komunikator).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar