RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD 1001 Malam
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 2. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu : 2 X 35 menit
BERBICARA
A. Kompetensi Dasar
2.2 Menanggapi ( memuji, mengkritik) sesuatu hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Memperagakan percakapan bersama teman
§ Siswa dapat Membuat kalimat pujian
§ Siswa dapat Membuat percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat pujian
§ Siswa dapat Memperagakan percakapan yang telah dibuat
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Kalimat pujian
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang kalimat pujian yang pernah diucapkan atau didengarnya
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyampaikan informasi penting secara lisan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan wawancara bersama teman
F Menycatat informasi penting dalam wawancara tersebut
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Menyusun kalimat pujian
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Siswa dapat memperagakan perca-kapan bersama teman · Siswa dapat membuat kalimat pujian · Siswa dapat membuat percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat pujian · Siswa dapat memperagakan percakapan yang telah dibuat | Lisan Tertulis Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Buatlah beberapa kalimat pujian ! |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru BINA.
.................................. ..................................
NIP : NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar