Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Minggu, 28 Agustus 2011

RP-BINA _KELAS 6 SD-SMS1-Bag5-6-2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD 1001 Malam
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Pertama
Standar Kompetansi   :   3. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                          :   2 X 35 menit

MEMBACA
A.    Kompetensi Dasar
3.1   Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan

B.     Tujuan Pembelajaran**         
§         Siswa dapat Membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut
§         Siswa dapat Menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan
§         Siswa dapat Menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka
§         Siswa dapat Melaporkan hasil pengamatan di depan kelas

Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok
§         Laporan hasil pengamatan

D.    Pengalaman Belajar
§         Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-          Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-          Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan laporan pengamatan   yang akan dibaca
§         Kegiatan Inti           :
&  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Menjelaskan kembali isi laporan hasil pengamatan dengan bahasa sendiri
&  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Membaca laporan hasil pengamatan
F     Membahas isi laporan hasil pengamatan
&  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Tanya jawab,diskusi,penugasan
F     Membaca laporan hasil pengamatan yang relepan kemudian mencatat isinya

E.     Metode/Sumber Belajar:
§         Metode                    :   Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§         Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut
·  Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan
·  Siswa dapat menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka
·  Siswa dapat melaporkan hasil pengama-tan di depan kelas

Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Jawablah pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan !


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&      Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&      Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

&       LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@    Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                  ............, ...........20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                Guru BINA.



..................................                        ..................................
NIP :                                                 NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD 1001 Malam
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              :   6/ Pertama
Standar Kompetansi   :   3. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                          :   2 X 35 menit

MEMBACA
A.    .Kompetensi Dasar
3.2   Menanggapi informasi kelompok/rubric khusus ( majalahanak,Koran dll )

B.     Tujuan Pembelajaran**         
§         Siswa dapat Membaca intensif teks bacaan
§         Siswa dapat Menyatakan pernyataan  yang sesuai dengan isi bacaan
§         Siswa dapat Mencatat informasi-informasi penting dari bacaan
§         Siswa dapat Menanggapi isi bacaan

Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

C.    Materi Pokok
§         Teks Bacaan

D.    Pengalaman Belajar
§         Kegiatan Awal        :
Apersepsi  dan Motivasi :
-          Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-          Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan  yang  akan dibaca atau didengar
§         Kegiatan Inti           :
&  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Membaca intensif teks bacaan
&  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
F     Mencatat informasi penting dari bacaan
F     Menanggapi isi bacaan  
&  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Tanya jawab,diskusi,penugasan
F     Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan

E.     Metode/Sumber Belajar:
§         Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§         Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

F.     Penilaian             
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa membaca intensif teks     bacaan
·  Siswa menyatakan pernyataan     yang sesuai dengan isi bacaan
·  Siswa mencatat informasi- informasi penting dari bacaan
·  Siswa menanggapi isi bacaan

Lisan
Tertulis
Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Buatlah pernyataan yang  sesuai dengan isi bacaan !
·  Buatlah catatan informasi- informasi penting dari bacaan!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&      Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&      Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&       LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@    Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       
                                                                  ............, .................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                Guru BINA.



..................................                        ..................................
NIP :                                                 NIP :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar