Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Minggu, 28 Agustus 2011

RP-MATEMATIKA _KELAS 6 SD-SMS1-Bag4-2011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                   :   SDN 10 Tungkal Ilir
Mata Pelajaran  :   Matematika
Kelas/Semester:   VI/1
Pertemuan Ke-  :   1-4
Alokasi Waktu   :   8 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi       :          
2.  Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah.

B.     Kompetensi Dasar
2.1  Mengenal satuan debit

C.    Tujuan Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
§        Mengenal satuan debit
§        Menentukan hubungan antarsatuan: waktu, volum, kecepatan, dan debit
§        Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan debit.

v     Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar
Pengukuran

E.     Metode Pembelajaran
Percobaan, observasi, dan latihan

F.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1-4
 Kegiatan Awal
   Memberikan motivasi.
   Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya.
Kegiatan Inti
Eksplorasi 
Dalam kegiatan eksplorasi, guru: 
Mengenal satuan debit 
                     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Melakukan percobaan dan observasi terhadap air keran yang masuk pada tabung ukur,
pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat mengenal dan menentukan satuan debit
Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal 
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
Menyimpulkan materi
Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya.

G.    Alat/Bahan/Sumber Belajar
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
Matematika SD untuk Kelas VI  6A Esis
Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6
Keran
Air
Tabung ukur

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o    Menghitung hubungan jam, menit dan detik
Tes

performance, kinerja dan lembar soal
o    Jika volum sebuah tabung 3.850 m3 dapat terisi penuh oleh air selama 70 menit. Berapakah debit airnya?
o    dst.


Format Kriteria Penilaian      
Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                            Guru Mapel Matematika



          ..................................                 ..................................
NIP :                                               NIP :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar