Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Senin, 08 Agustus 2011

RPP_Tematik DENGAN TEMA : HASILBUMI_B.INDO-III-SMS-I



RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

TEMA                                                          : HASIL BUMI
KELAS/SEMESTER                                                       : TIGA (3) / SATU (1)
ALOKASI WAKTU                                                        : 16 HARI ( 3 MINGGU)
MATA PELAJARAN YANG DITEMATIKAN           : B. IND, MAT, IPA, IPS, DAN SBK

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
ALOKASI WAKTU : 24 JP @ 2 JP

PERTEMUAN I
I.                    STANDAR KOMPETENSI DASAR
·         MENDENGARKAN
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan

II.                  KOMPETENSI DASAR
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan

III.               INDIKATOR
Siswa dapat menjawab pertanyaan seputar cerita yang dibacakan oleh guru
Siswa dapat menjelaskan kembali secara lisan cerita yang dibacakan oleh guru dengan bahasa yang runtut dan mudah dimengerti

IV.                LANGKAH PEMBELAJARAN
·         KEGIATAN AWAL (APERSEPSI)
1.       Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal pembelajaran)
2.       Siswa mendengarkan guru membacakan “Cerita si Pohon cabai” pada buku panduan tematik 3A erlangga hal 36-37

·         KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.       Siswa menjawab pertanyaan seputar cerita pada buku panduan tematik 3A erlangga hal 37
2.       Siswa diminta menceritakan kembali isi cerita “Cerita si Pohon cabai” di depan kelas

·         KEGIATAN AKHIR
1.       siswa mendapat nilai dari guru

Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak

V.                  SUMBER DAN MEDIA
Sumber            : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata      pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta
                                        Karli, Hilda, dkk. (2007). Panduan Buku Tematik 3A dan Buku kerja Tematik untuk Bahasa Indonesia jilid 3A, Jakarta : Erlangga
Media                        : Alat dan benda di sekitar

VI.                PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan                          : Tematik
Metode                                  : bermain, tanya jawab


VII.             PENILAIAN
1.       Penilaian secara lisan (bercerita)
“BERCERITA”
Nilai 9               : Menceritakan isi bacaan dengan kalimat yang jelas dan dipahami
Nilai 8               : Menceritakan isi bacaan dengan kalimat yang kerang jelas dan dipahami
Nilai 7               : Menceritakan isi bacaan dengan kalimat yang jelas dan tidak dipahami
Nilai 6               : Menceritakan isi bacaan dengan kalimat yang tidak jelas dan tidak dipahami
Nilai 5               : Tidak mau menceritakan sesuatu pun


2.       Pengamatan (sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9            : mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8            : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai 6            : Mengerjakan  hanya sebagian tugas sesuai perintah guru
Nilai 5            : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru

                                                                                                   Banyuasin,           Juli 2011

Mengetahui,
                                                                                                                           Guru Kelas,
Kepala Sekolah,                                                                                                                                                     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar