RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA : HASIL BUMI
KELAS/SEMESTER : TIGA (3) / SATU (1)
ALOKASI WAKTU : 16 HARI ( 3 MINGGU)
MATA PELAJARAN YANG DITEMATIKAN : B. IND, MAT, IPA, IPS, DAN SBK
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
ALOKASI WAKTU : 24 JP @ 2 JP
PERTEMUAN I
I. STANDAR KOMPETENSI DASAR
· MENDENGARKAN
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
II. KOMPETENSI DASAR
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
III. INDIKATOR
Siswa dapat menjawab pertanyaan seputar cerita yang dibacakan oleh guru
Siswa dapat menjelaskan kembali secara lisan cerita yang dibacakan oleh guru dengan bahasa yang runtut dan mudah dimengerti
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN
· KEGIATAN AWAL (APERSEPSI)
1. Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal pembelajaran)
2. Siswa mendengarkan guru membacakan “Cerita si Pohon cabai” pada buku panduan tematik 3A erlangga hal 36-37
· KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1. Siswa menjawab pertanyaan seputar cerita pada buku panduan tematik 3A erlangga hal 37
2. Siswa diminta menceritakan kembali isi cerita “Cerita si Pohon cabai” di depan kelas
· KEGIATAN AKHIR
1. siswa mendapat nilai dari guru
Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak
V. SUMBER DAN MEDIA
Sumber : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli, Hilda, dkk. (2007). Panduan Buku Tematik 3A dan Buku kerja Tematik untuk Bahasa Indonesia jilid 3A, Jakarta : Erlangga
Media : Alat dan benda di sekitar
VI. PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : bermain, tanya jawab
VII. PENILAIAN
1. Penilaian secara lisan (bercerita)
“BERCERITA”
Nilai 9 : Menceritakan isi bacaan dengan kalimat yang jelas dan dipahami
Nilai 8 : Menceritakan isi bacaan dengan kalimat yang kerang jelas dan dipahami
Nilai 7 : Menceritakan isi bacaan dengan kalimat yang jelas dan tidak dipahami
Nilai 6 : Menceritakan isi bacaan dengan kalimat yang tidak jelas dan tidak dipahami
Nilai 5 : Tidak mau menceritakan sesuatu pun
2. Pengamatan (sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9 : mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8 : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7 : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai 6 : Mengerjakan hanya sebagian tugas sesuai perintah guru
Nilai 5 : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru
Banyuasin, Juli 2011
Mengetahui,
Guru Kelas,
Kepala Sekolah,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar