RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD 1001 Malam
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
Waktu : 2 X 35 menit
MENDENGARKAN
A. Kompetensi Dasar
1.1 Menulis hal-hal penting/ pokok dari suatu Teks yang dibacakan/didengarkan
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Mendengarkan pembacaan teks
§ Siswa dapat Melengkapi pernyataan yang sesuai dengan teks
§ Siswa dapat Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
§ Siswa dapat Meringkas teks yang didengar-kan berdasarkan hal-hal penting/ pokok
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Teks Bacaan
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan yang akan didengar
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Mendengarkan pembacaan teks
- Melengkapi pernyatan yang sesuai dengan teks
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
- Meringkas teks yang didengarkan
- Menceritakan kembali isi teks yang didengar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Tanya jawab,diskusi,penugasan
- Membaca buku lain yang relevan dengan Materi pelajaran
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Siswa dapat mendengarkan pembacaan teks · Siswa dapat melengkapi pernyataan yang sesuai dengan teks · Siswa dapat menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan · Siswa dapat meringkas teks yang didengarkan berdasar-kan hal-hal penting/ pokok | Lisan Tertulis Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Lengkapi-lah pernyataan yang sesuai dengan teks! · Ringkaslah teks yang didengar-kan berdasar-kan hal-hal penting / pokok! |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar