Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Minggu, 28 Agustus 2011

RP-MATEMATIKA _KELAS 6 SD-SMS1-Bag3-2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       :   SDN 10 Tungkal Ilir
Mata Pelajaran          :   Matematika
Kelas/Semester         :   VI/1
Pertemuan Ke-          :   1-3
Alokasi Waktu          :   6 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi       :          
1.  Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.

B.     Kompetensi Dasar
1.3 Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat tiga.

C.    Tujuan Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat tiga
Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan akar pangkat tiga
Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin, Rasa hormat dan perhatian                                                          
                                                          Tekun  dan  Tanggung jawab

D.    Materi Ajar
Operasi Hitung Bilangan  Bulat 
Akar Pangkat Tiga
§         Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat

E.     Metode Pembelajaran
percobaan, diskusi, dan latihan

F.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1-3
§        Kegiatan Awal
-         Memberikan motivasi.
-         Menjelaskan kembali akar pangkat dua yang telah dipelajari sebelumnya.
§        Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F       Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat tiga..
§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F         Melakukan percobaan terhadap angka-angka dengan perhitungan akar pangkat tiga.
F     Membuat contoh soal akar pangkat tiga kemudian ditukar dengan temannya dan dibahas di depan kelas.
F     Melakukan kuis beradu cepat mengerjakan soal akar pangkat tiga.
§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F          Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F          Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan  penguatan  dan penyimpulan
§        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F       Menyimpulkan materi
F       Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F       Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

G.    Alat/Bahan/Sumber Belajar
§        Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§        Matematika SD untuk Kelas VI  6A Esis
§        Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o    Menghitung operasi pada bilangan berpangkat
Tes

essay
o    163 + 123 = ....
o    283 : 73 = ....
o   
o    dst.


Format Kriteria Penilaian      
&      Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&      Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@    Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                  ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                Guru Mapel Matematika



          ..................................                      ..................................
NIP :                                               NIP :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar