RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN 10 Tungkal Ilir
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Pertemuan Ke- : 1-3
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
A. Standar Kompetensi :
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar
1.3 Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat tiga.
C. Tujuan Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat tiga
Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan akar pangkat tiga
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian
Tekun dan Tanggung jawab D. Materi Ajar
Operasi Hitung Bilangan Bulat
Akar Pangkat Tiga
§ Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat
E. Metode Pembelajaran
percobaan, diskusi, dan latihan
F. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1-3
§ Kegiatan Awal
- Memberikan motivasi.
- Menjelaskan kembali akar pangkat dua yang telah dipelajari sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat tiga..
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan terhadap angka-angka dengan perhitungan akar pangkat tiga.
F Membuat contoh soal akar pangkat tiga kemudian ditukar dengan temannya dan dibahas di depan kelas.
F Melakukan kuis beradu cepat mengerjakan soal akar pangkat tiga.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
G. Alat/Bahan/Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§ Matematika SD untuk Kelas VI 6A Esis
§ Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 6
H. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Menghitung operasi pada bilangan berpangkat | Tes | essay | o 163 + 123 = .... o 283 : 73 = .... o o dst. |
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Pengetahuan Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 |
Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP : NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar