RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN 10 Tungkal Ilir
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Pertemuan Ke- : 1-3
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
A. Standar Kompetensi :
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar
1.2 Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik
C. Tujuan Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
mengenal bilangan kubik,
menentukan akar pangkat 3 pada bilangan kubik.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D. Materi Ajar
Operasi Hitung Bilangan Bulat
Akar Pangkat Tiga
Arti pangkat tiga suatu bilangan
Mencari hasil pangkat tiga suatu bilangan
E. Metode Pembelajaran
ceramah, diskusi, dan latihan
F. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1-3
Kegiatan Awal
- Memberikan motivasi.
- Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Menjelaskan teori bilangan kubik dan memberikan contoh perhitungannya.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Secara berpasangan siswa membuat satu soal tentang bilangan kubik dan mengerjakannya di depan kelas.
Menyelesaikan soal-soal yang berubungan dengan bilangan kubik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
Menyimpulkan materi
Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
G. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
Matematika SD untuk Kelas VI 6A Esis
Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 6
H. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Menghitung hasil pangkat tiga dan akar pangkar tiga suatu bilangan | Tes | essay | o 163 = ... x ... x ... = .... o .... |
Format Kriteria Penilaian
Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Pengetahuan Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 |
Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP : NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar