Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Sabtu, 28 Mei 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INGGRIS KELAS 4 SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)     
 BAHASA INGGRIS KELAS 4 SD
e-mail:wahyonosaputro@ymail.com
 blog: http://wahyono-saputro.blog spot.com/


Sekolah                               : SDN 
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester            : IV/II
Alokasi Waktu                 : 1 JP [2 x 35 menit]
Pertemuan Ke                 :

Standar Kompetensi :
Mendengarkan [listening]
5.   Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas.                      
Kompetensi Dasar :
5. 1. Merespons dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan.
Indikator:  
o       Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima.
I.       Tujuan Pembelajaran:
o       Siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima.
II.    Materi Pokok:
§  Listen to the passages and point to the pictures [hlm. 65].













Look at Andi’s house. Andi is eating in the dining room. Andi’s father is watching TV in the living room. He is laughing because the film is funny. Tobi is sleeping in the bedroom. Andi’s mother is cooking in the kitchen. Wati is washing her hands in the bathroom.


III. Metode:
§   Drill , demonstrasi, simulasi, tanya jawab dan penugasan

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran:
                Kegiatan Awal
·         Salam dan do’a
·         Guru melakukan appersepsi dan motivasi.
·   Guru mengawali pelajaran dengan membahas meteri pokok dalam bab yang sedang dipelajari.

      Kegiatan Inti
·  Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD/DVD dan melakukan tindakan sesuai dengan perintah yang diberikan (guru membacakan teks hlm. 65) [Fase eksplorasi].
·   Sebagai latihan awal, siswa dapat melakukan tindakan secara klasikal [Fase elaborasi].
·         Untuk latihan selanjutnya, guru memanggil nama siswa secara acak dan meminta siswa untuk melakukan instruksi yang diberikan secara individual untuk mengetahui sejauh mana siswa telah memahami instruksi tersebut.
·     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa [Fase konfirmasi].
·     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan.

Kegiatan Penutup
·        Guru meminta siswa satu persatu untuk memberikan instruksi dan meminta siswa yang lain memperagakannya..
·    Guru dan siswa merefleksikan hasil pembelajaran, yaitu manfaat mempelajari kompetensi ini.
·    Guru meminta siswa untuk mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.

V.     Alat dan Sumber Belajar:
·        Contoh gambar
·        Kaset, CD/DVD
·        Buku teks
·        Buku paket Speed Up ENGLISH 4, kelas 4 SD, (Jakarta: Yudhistira, 2006).


VI.  Penilaian:
            Unjuk kerja
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Tek
nik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
KKM*
o   Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima.

Tes unjuk kerja
Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima.
Listen and do the instructions.
Guru   :  Andi is eating in the dining room.
Murid :  (melakukan simulasi aktivitas  sedang makan di ruang makan).
Guru   :  Andi’s father is watching TV.
Murid :  (melakukan simulasi aktivitas  sedang menonton TV  di ruang keluarga).
Guru   :  Tobi is sleeping in the bedroom.
Murid :  (melakukan simulasi aktivitas  sedang tidur di kamar tidur).
Guru   :  Andi’smother is cooking in the kitchen.
Murid :  (melakukan simulasi aktivitas  sedangmemasak  di dapur).
Guru   :  Wati is washing her hands in the bathroom.
Murid :  (melakukan simulasi aktivitas  sedang mencuci tangan  di kamar mandi).

70
KKM dise
suaikan dengan unit sekolah masing-masing

LEMBAR Penskoran Aspek

No
Aspek
Skor
1
Kelancaran
a.        Lancar
b.       kurang lancar
c.        tidak lancar

5
3
1
2
keberanian
a.        berani  
b.       Malu-malu

3
1
                                               
                               
LEMBAR Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Jumlah
Skor
Nilai
Kelancaran
keberanian
1
Andi Suryana
5
3
8
100
2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





12





13





14





15





16





17





18





19





20






Mengubah skor menjadi nilai siswa
Kriteria Nilai


Jumlah perolehan skor
Skor=                                                                          X100%      
Jumlah skor total

  8         (100)        = Baik
  6           (75)        = cukup
  2-4   (00-50)        = Kurang



 LEMBAR Ketuntasan Siswa
No
Nama Siswa
Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] *
70
1. belum tuntas
2. tuntas
0-69
70-100


1
Andi Suryana

2



3



4



5



6



7



8



9



10



11



12



13



14



15



16



17



18



19



20



Jumlah






                                                                                                                Banyuasin, 08 Februari 2011
Mengetahui,
Kepala                                                                                Guru Bahasa Inggris





(Fulan bin Fulan, S.Pd)                                                                                  (Laly binti Raeling, S.Pd.I )
NIP.                                                                                                         NIP. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar