Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Senin, 30 Mei 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK DENGAN TEMA : LINGKUNGAN

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik

Nama Sekolah   : .................................
Tema                : Lingkungan
Kelas/Semester : III / 1
Alokasi Waktu :  3 minggu

I. STANDAR KOMPETENSI

I.
PKn

1.
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

II.
IPS

1.
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

III.
Bahasa Indonesia

Mendengarkan

1.
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan

Berbicara

2.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita
dan memberikan tanggapan/ saran

IV.
Matematika

1.
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

V.
IPA

1.
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup

II. KOMPETENSI DASAR

1. PKn             : - Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
- Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-  
  sehari

2. IPS              : - Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan
    sekolah
                         - Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
3. B. Indonesia : - Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara
    lisan
  - Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
  - Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
    kalimat yang runtut dan mudah dipahami

4. Matematika : Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

5. IPA             : - Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
- Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-
  hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak
  (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)

III. TUJUAN PEMBELAJARAN**
1. PKn             : - Siswa dapat mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat
     mempersatukan bangsa
                          -  Siswa dapat menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
                                - Siswa dapat menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
                                - Siswa dapat mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di
                                  lingkungan rumah

2. IPS              : - Siswa dapat mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan
                            buatan di lingkungan sekitar
                          - Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
                                - Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
                                - Siswa dapat membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata
                                  anginnya
3. IPA             : - Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
                          - Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
                          - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
                          - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
                          - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
                            - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
                          - Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
                          - Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan

4. Matematika       : - Siswa dapat menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan,  
                                   satuan)
                                - Siswa dapat menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
                                - Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
                                - Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
                                - Siswa dapat melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
                                - Siswa dapat melakukan operasi pengurangan dengan meminjam

5. B . Indonesia      : - Siswa dapat menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
                                - Siswa dapat membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
                                - Siswa dapat menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
                                - Siswa dapat memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita
    binatang
                                - Siswa dapat menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar

v     Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
IV.  Materi Pokok
      1.   PKn
·   Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
      2.   IPS     
·   Kerja sama di lingkungan rumah
      3.   IPA
·   Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·   Perubahan pada  makhluk hidup
·   Sifat-sifat benda
      4.   Matematika
·   Garis bilangan
·   Penjumlahan dan pengurangan
·   Perkalian dan pembagian
·   Uang
·   Alat ukur
·   Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat.
      5.   Bahasa Indonesia.
·   Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·   Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·   Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·   Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·   Menjelaskan isi teks.

V. MetodE Pembelajaran                         
¨      Informasi
¨      Diskusi
¨      Tanya jawab
¨      Demontrasi
¨      Pemberian tugas

VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.          Kegiatan Awal
Apresepsi :
Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu

B.           Kegiatan Inti
Minggu  I
Pertemuan pertama :  6 X 35 menit (IPA, PKN, Matematika)
§   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
IPA
Siswa diminta membedakan makhluk hidup dan makhluk tak hidup
Guru menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup
Siswa mengamati dan mencatat ciri-ciri makhluk hidup 
PKn       
Guru menerangkan tentang negara Indonesia
Siswa mencatat kegiatan sehari-hari yang mempersatukan bangsa
Menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa
         Matematika                                       
Menjelaskan cara panjang penulisan bilangan
Menguji keterampilan siswa dengan menguraikan bilangan
        
Pertemuan ke dua 6 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
         Bahasa Indonesia
Siswa mendengarkan petunjuk cara mendeteksi udara sekitar
Guru menjelaskan cara menggunakan alat pengukur debu
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru
         IPS
Tanya jawab dengan siswa mengenai apa yang dilihat di lingkungan sekitar
Mengajak siswa mengamati gambar sungai, danau,  laut, gunung, lembah dan pegunungan
Siswa menuliskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
         Matematika
Memperagakan dekak-dekak
Memasukan biji-bijian pada dekak-dekak     
Menentukan nilai tempat sampai ribuan
Pertemuan ke tiga 4 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA)
§   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
         Bahasa Indonesia
Guru membacakan cerita binatang
Siswa menyebutkan nama tokoh-tokoh cerita binatang
Guru menjelaskan sifat-sifat tokoh dalam cerita
         Matematika
Menjelaskan penjumlahan dua bilangan tanpa teknik menyimpan
Menguji keterampilan siswa dengan soal penjumlahan dua bilangan
Membahas soal yang dikerjakan siswa
         IPA
Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan bijinya
Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan akarnya
Siswa diminta mengamati biji salak dan biji jambu air

Minggu  II
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
         IPA
Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan batangnya
Siswa mencatat nama-nama tumbuhan berdasarkan penggolongan batangnya dalam bentuk tabel
Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan daunnya
Siswa mengamati macam-macam daun
PKn
Guru menjelaskan bahwa Indonesia terdiri dari beberapa suku
Menyebutkan organisasi pemuda tiap-tiap daerah di nusantara
Menjelaskan bahwa persatuan merupakan sumber kekuatan
         Matematika
Guru menjelaskan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan
Guru menguji keterampilan siswa dengan soal penjumlahan dua bilangan
Membahas soal yang telah dikerjakan siswa

Pertemuan kedua : 6 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
         Bahasa Indonesia
Guru menjelaskan cara menanggapi sifat-sifat tokoh dalam cerita
Guru menjelaskan cara menyanggah sebuah pernyataan
Siswa menanggapi cerita
         IPS
Menyebutkan contoh yang termasuk kenampakan buatan
Menyebutkan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
         Matematika
Menjelaskan pengurangan dua buah bilangan dengan teknik meminjam
Menguji keterampilan siswa mengurangi dua buah bilangan dengan teknik meminjam

Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)
§   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
         Bahasa Indonesia                                        
Siswa mengamati dua buah gambar
Siswa menuliskan perbedaan dari kedua gambar tersebut
         IPA
Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan daunnya
Siswa mengamati macam-macam daun
         Matematika
Menjelaskan pengurangan tiga bilangan dengan tanpa teknik meminjam
Siswa mengerjakan soal-soal latihan

Minggu III
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
         IPA
Guru menjelaskan tentang pertumbuhan hewan
Guru menjelaskan tujuan perkembangbiakan pada hewan
Siswa mendiskusikan pertumbuhan hewan
         PKn
Menjelaskan waktu dan tempat kongres pemuda
Menyebutkan lima tokoh yang menghadiri kongres pemuda
Menjelaskan usulan tiap-tiap tokoh dalam kongres pemuda
Menyebutkan perumus isi sumpah pemuda pada kongres pemuda
         Matematika
Siswa mengingat kembali pengurangan dua buah bilangan
Guru menjelaskan cara mengurangi dua buah bilangan tanpa meminjam
Menguji keterampilan siswa dengan soal pengurangan

Pertemuan kedua : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
         Bahasa Indonesia
Siswa menceritakan pengalaman mengesankan di depan kelas
Siswa menanggapi pengalaman teman
         IPS
Guru menjelaskan tiga bagian pokok pada denah yaitu gambar utama, keterangan gambar dan arah mata angin
Melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai kegunaan setiap bagian utama denah rumah
Memaparkan bentuk penyajian mata angin pada denah rumah
Siswa membuat denah rumah masing-masing
         Matematika
Menjelaskan pengurangan tiga bilangan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan

Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)
§   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
         Bahasa Indonesia
Mengamati gambar peristiwa alam
Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar
         IPA
Menjelaskan ciri-ciri pertumbuhan pada tumbuhan
Mendiskusikan pertumbuhan pada tumbuhan
Melaporkan hasil diskusi
Matematika
Menjelaskan pengurangan dua buah bilangan dengan teknik meminjam
Menguji keterampilan siswa mengurangi dua buah bilangan dengan teknik meminjam
§   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi yang diajarkan
Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

VII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Sumber belajar :
Buku Pendidikan Kewarganegaraan
Buku IPA
Buku Matematika
Buku Bahasa Indonesia
Buku IPS
Eksiklopedia
Kamus Bahasa Indonesia
Pedoman EYD
Koran dan majalah
Media elektronik

Alat Peraga
Gambar kenampakan alam
Gambar kenampakan buatan
Gambar peristiwa alam
Teks cerita binatang

VII. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1. PKn            :
§   Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa
§   Menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
§   Menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
§   Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah
  2. IPS :
§   Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan   sekitar
§   Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
§   Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
§   Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya
 3. IPA :
§   Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
§   Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
§   Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
§   Menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
§   Menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
§   Menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
§   Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
§   Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan
4. Matematika :
§   Menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
§   Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
§   Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
§   Melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
§   Melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
§   Melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
5. B. Indonesia :
§   Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
§   Membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
§   Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
§   Memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang
§   Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar

Tes lisan Tes tertulis


uraian
isian
1. PKn            :
§   Jelaskanlah dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa
§   Sebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
§   Sebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
§   Jelaskanlah pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah
  2. IPS :
§   Jelaskanlah kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan   sekitar
§   Jelaskanlah manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
§   Jelaskanlah manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
§   Buatkanlah denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya
 3. IPA :
§   Jelaskanlah ciri-ciri makhluk hidup
§   Jelaskanlah ciri-ciri makhluk tak hidup
§   Jelaskanlah golongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
§   Jelaskanlah golongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
§   Jelaskanlah golongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
§   Jelaskanlah golongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
§   Sebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
§   Sebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan
4. Matematika :
§   Tuliskanlah bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
§   Tentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
§   Jelaskanlah melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
§   Jelaskanlah melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
§   Jelaskanlah melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
§   Jelaskanlah melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
5. B. Indonesia :
§   Jelaskanlah petunjuk membuat alat pengukur debu
§   Buatkanlah pertanyaan tentang cara menggunakan
§   Sebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
§   Berikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang
§   Ceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar
·   LKS
·   Lmbar observasi.


v           Kriteria Penilaian       
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
           
2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..









CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.



Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

……...., ……………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar