PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS PEMBELAJARAN Tematik
DENGAN TEMA : Diri Sendiri
Mata Pelajaran : Tematik
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas/Semester : I / 1
Nama Guru : Laly Binti Raeling
NIP/NIK : Sedang diproses
Sekolah : SDN/MI Antah Berantah
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 1
TEMA: Diri Sendiri
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga. | · Mengidentifikasi identitas diri , keluarga, dan kerabat. | · identitas diri , keluarga, dan kerabat. | · Mengenal nama lengkap dan nama panggilan · Menyebutkan nama lengkap orang tua · Menunjukkan alamat tempat tinggal · Menyebutkan jumlah anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah | · Menyebutkan nama lengkap dan panggilan besreta usia. · Menceritakan alamat tempat tinggal dan alamat sekolah . · Menyebutkan nama ayah dan ibu, serta anggota keluarga yang tinggal di rumah. | Lisan Tertulis | 3 minggu | Buku Tematik Pengembangan Guru |
2. IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya. | · Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya. | · bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya. | · Menyebutkan bagian-bagian tubuh manusia · Menjelaskan kegunaan dan bagian-bagian tubuh manusia · Menjelaskan cara merawat bagian-bagian tubuh kita | · Menunjukkan bagian-bagian tubuh ( mata, hidung, telinga, gigi, dll) · Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati. · Menunjukkan cara merewat tubuh. · Membiasakan merawat tubuh agar tumbuh sehat dan kuat. | Lisan | | |
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan. | · Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa. | · hidup rukun dalam perbedaan. | · Mengidentifikasi jenis kelamin · Menyebutkan perbedaan jenis kelamin | · Menjelaskan ciri-ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki. · Menceritakan kegiatan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan. · Menyebutkan jenis permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan anak perempuan. | Portofolio | | |
4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20. | · Membilang banyak benda . · Mengurutkan banyak benda | · Oprasi hitung | · Mengenali angka · Menghitung banyak benda · Mengenal lambang bilangan · Membaca lambang bilangan · Menulis nama bilangan | · Menyebutkan banyak benda. · Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak dan lebih sedikit. · Membaca dan menulis lambing bilangan. · Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil. · Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur mulai dari yang terbesar. · Membilang loncat 2, 3, dan 4 | Lisan Tertulis | | |
5. Bahasa Indonesia Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan. Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas. Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring. Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin. | · Membedakan bunyi bahasa. · Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun. · Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana. · Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf. · Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf. | · Tanggapan secara nonverbal terhadap informasi yang didengar. · Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri. · Penulisan huruf, kata dan kalimat sederhana. | · Menyebutkan data diri dengan kalimat sederhana · Menyebutkan nama lengkap orang tua · Menyebutkan nama lengkap saudara kandung · Menjiplak gambar · Menjiplak huruf · Menebalkan gambar · Menebalkan huruf | · Mencocokkan gambar dengan informasi. · Mendengarkan cerita gambar seri tentang persiapan pergi ke sekolah. · Mendengarkan dan menyanyikan lagu. · Menyebutkan data diri dan identitas keluarga dengan kalimat sederhana. · Menyebutkan warbna, bentuk dan permukaan benda. · Menyebutkan nama anggota | Lisan Tertulis Perbuatan | | |
6. Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni rupa. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa. | · Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar. · Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek.. | · Berbagai jenis dan ukuran unsure rupa dua dimensi pada berbagai benda. · Membuat karya kerajinan . | · unsur rupa pada benda alam sekitar. · diri melalui teknik menggunting / menyobek.. | · Mengelompokkan berbagai jenis bintik, garis, warna dan bentuk pada benda dua dimensi di alam sekitar. · Mengelompokkan berbagai ukuran bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada hasil karya dua dimensi di alam sekitar. | Lisan Tertulis Perbuatan | | § |
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Toleransi ( Tolerance ) Percaya diri ( Confidence ) Keberanian ( Bravery ) | | | |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI …… (Fulan Bin Fulan) NIP/NIK : | | ……...., …………20… Guru Tematik Kelas I (Laly Binti Raeling) NIP/NIK : |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar