Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Senin, 30 Mei 2011

SILABUS PEMBELAJARAN Tematik DENGAN TEMA : Diri Sendiri

PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS PEMBELAJARAN Tematik

DENGAN TEMA : Diri Sendiri


Mata Pelajaran      : Tematik
Satuan Pendidikan : SD/MI 
Kelas/Semester     : I / 1 
Nama Guru            : Laly Binti Raeling 
NIP/NIK                : Sedang diproses 
Sekolah                  : SDN/MI Antah Berantah


KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 1

TEMA: Diri Sendiri


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. IPS :
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.

·     Mengidentifikasi identitas diri , keluarga, dan kerabat.


·     identitas diri , keluarga, dan kerabat.

·     Mengenal nama lengkap dan  nama panggilan
·     Menyebutkan nama lengkap orang tua
·     Menunjukkan alamat tempat  tinggal
·     Menyebutkan jumlah anggota  keluarga yang tinggal dalam  satu rumah

·     Menyebutkan nama  lengkap dan panggilan besreta usia.
·     Menceritakan alamat tempat tinggal dan alamat sekolah .
·     Menyebutkan nama ayah dan ibu, serta anggota keluarga yang tinggal di rumah.


Lisan
Tertulis

3 minggu

Buku Tematik
Pengembangan
Guru
2. IPA  : 
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara                           perawatannya.

·     Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.


·     bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.


·     Menyebutkan bagian-bagian  tubuh manusia
·     Menjelaskan kegunaan dan  bagian-bagian tubuh manusia
·     Menjelaskan cara merawat bagian-bagian tubuh kita

·     Menunjukkan bagian-bagian tubuh ( mata, hidung, telinga, gigi, dll)
·     Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
·     Menunjukkan cara merewat tubuh.
·     Membiasakan merawat tubuh agar tumbuh sehat dan kuat.


Lisan




3. PKN   :  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.

·     Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.


·     hidup rukun dalam perbedaan.

·     Mengidentifikasi jenis kelamin  
·     Menyebutkan perbedaan  jenis kelamin

·     Menjelaskan ciri-ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki.
·     Menceritakan kegiatan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
·     Menyebutkan jenis permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan anak perempuan.

Portofolio


4. Matematika  :  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.

·     Membilang banyak benda .
·     Mengurutkan banyak benda

·     Oprasi hitung

·     Mengenali angka
·     Menghitung banyak benda
·     Mengenal lambang bilangan
·     Membaca lambang bilangan
·     Menulis nama bilangan

·     Menyebutkan banyak benda.
·     Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak dan lebih sedikit.
·     Membaca dan menulis lambing bilangan.
·     Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
·     Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur mulai dari yang terbesar.
·     Membilang loncat 2, 3, dan 4

Lisan
Tertulis


5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara         :  Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca         :  Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis            :  Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.


·     Membedakan bunyi bahasa.
·     Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun.
·     Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
·     Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.


·     Tanggapan secara nonverbal terhadap informasi yang didengar.
·     Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.
·     Penulisan huruf, kata dan kalimat sederhana.

·     Menyebutkan data diri dengan  kalimat sederhana
·     Menyebutkan nama lengkap orang tua
·     Menyebutkan nama lengkap saudara kandung
·     Menjiplak gambar
·     Menjiplak huruf
·     Menebalkan gambar
·     Menebalkan huruf

·     Mencocokkan gambar dengan informasi.
·     Mendengarkan cerita gambar seri tentang persiapan pergi ke sekolah.
·     Mendengarkan dan menyanyikan lagu.
·     Menyebutkan data diri dan identitas keluarga dengan kalimat sederhana.
·     Menyebutkan warbna, bentuk dan permukaan benda.
·     Menyebutkan nama anggota

Lisan
Tertulis
Perbuatan


6. Seni Budaya dan Keterampilan  :
Mengapresiasi karya seni rupa.
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.


·     Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
·     Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek..


·     Berbagai jenis dan ukuran unsure rupa dua dimensi pada berbagai benda.
·     Membuat karya kerajinan .


·     unsur rupa pada benda alam sekitar.
·     diri melalui teknik menggunting / menyobek..


·     Mengelompokkan berbagai jenis bintik, garis, warna dan bentuk pada benda dua dimensi di alam sekitar.
·     Mengelompokkan berbagai ukuran bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada hasil karya dua dimensi di alam sekitar.


Lisan
Tertulis
Perbuatan


§   
v      Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )






Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI ……



(Fulan Bin Fulan)
NIP/NIK :

……...., …………20…        
Guru Tematik Kelas  I



(Laly Binti Raeling)
NIP/NIK :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar