Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Sabtu, 10 September 2011

RPP-PAI-SMA-X-SMS2-Pert11-13


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
X/2
Pertemuan Ke-
11–13
Alokasi Waktu
6 jam pelajaran (6 × 45 menit) tiga kali pertemuan
Standar Kompetensi
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang demokrasi

I
Kompetensi Dasar

1. Membaca Surah Ali ‘Imran Ayat 159 dan Surah asy-Syura Ayat 38
2. Menyebutkan arti Surah Ali ‘Imran Ayat 159 dan Surah asy-Syura Ayat 38
3. Menampilkan perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam Surah
Ali ‘Imran Ayat 159 dan Surah asy-Syura Ayat 38

II
Indikator

1. Mampu membaca Surah Ali ‘Imran Ayat 159 dan Surah asy-Syura Ayat 38 sesuai dengan kaidah tajwid yang benar
2. Mampu mengartikan Surah Ali ‘Imran Ayat 159 dan Surah asy-Syura Ayat 38
3. Mampu memahami makna dan tafsir Surah Ali ‘Imran Ayat 159 dan Surah asy-Syura Ayat 38
4. Mampu menampilkan perilaku yang sesuai dengan kandungan Surah Ali ‘Imran Ayat 159 dan Surah asy-Syura Ayat 38

III
Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu
1. membaca Surah Ali ‘Imran Ayat 159 dan Surah asy-Syura Ayat 38;
2. memahami arti Surah Ali ‘Imran Ayat 159 dan Surah asy-Syura Ayat 38
3. mempraktikkan perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam Surah Ali ‘Imran Ayat 159 dan Surah asy-Syura Ayat 38 dalam kehidupan sehari-hari.



IV
Materi

Al-Qur’an Surah Ali ‘Imran Ayat 159 dan Surah asy-Syura Ayat 38

V
Metode

1. Informasi
2. Tanya jawab
3. Demonstrasi
4. Diskusi
5. Inkuiri (penemuan)

VI
Sumber

1. Buku Teladan Sempurna Pendidikan Agama Islam 1 untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas tulisan Aswin Yunan terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo
2. Al-Qur’an dan Terjemahnya Departemen Agama RI tahun 2006
3. Buku tafsir dan buku-buku lain yang sesuai
4. Alat peraga yang relevan

VII
Langkah-Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Awal (Apersepsi)
a. Guru mengawali pelajaran dengan mengucapkan salam, membaca basmalah, dan berdoa bersama.
b. Guru mengajak siswa melakukan tadarus bersama selama 5–10 menit. Tadarus dapat dilakukan dengan membuka Al-Qur’an atau dengan membuka bagian Tilawah pada setiap kover bab buku Teladan Sempurna Pendidikan Agama Islam 1 untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
c. Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari.
d. Guru menjelaskan kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki siswa setelah proses pembelajaran dilaksanakan.
e. Guru menjelaskan secara singkat kegiatan-kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa membaca Surah Ali ‘Imran Ayat 159 dan Surah asy-Syura Ayat 38 dengan tartil di bawah pengawasan guru.
b. Siswa berusaha menghafalkan bacaan Al-Qur’an Surah Ali ‘Imran  Ayat 159 dan Surah  asy-Syura Ayat 38.
c. Siswa mempelajari arti Al-Qur’an Surah Ali ‘Imran Ayat 159 dan Surah asy-Syura Ayat 38 dan berusaha menghafalkannya.
d. Siswa mencari makna dan tafsir Al-Qur’an Surah Ali ‘Imran Ayat 159 dan asy-Syura Ayat 38 dalam kitab-kitab tafsir yang masyhur.
e. Siswa mengidentifikasi dan menginventarisasi perilaku-perilaku yang mencerminkan kandungan Surah  Ali ‘Imran Ayat 159 dan Surah asy-Syura Ayat 38.
f. Siswa berlatih memperagakan perilaku-perilaku tersebut dengan simulasi di dalam kelas.
g. Guru melakukan penilaian dengan menggunakan skala sikap atau model lain yang sesuai.
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
a. Siswa membuat kesimpulan tentang arti dan kandungan Surah Ali ‘Imran Ayat 159 dan Surah asy-Syura Ayat 38 serta perilaku yang mencerminkan ayat-ayat tersebut.
b. Guru meminta siswa mengulang materi pelajaran yang baru diberikan di rumah masing-masing.
c. Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan doa bersama.


VIII
Penilaian

1. Tes Lisan
Siswa diminta menjelaskan arti dan kandungan Surah Ali ‘Imran Ayat 159 dan Surah asy-Syura Ayat 38 serta perilaku yang mencerminkan ayat-ayat tersebut.
2. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis sesuai dengan kemampuan siswa.
Soal dapat berupa esai atau penulisan opini.
3. Tes Perbuatan
Siswa diminta membaca Surah Ali ‘Imran Ayat 159 dan Surah asy-Syura Ayat 38 sesuai dengan kaidah tajwid yang benar.



Mengetahui,
Kepala Sekolah


___________________
NIP. ...............................
.............., ................................
Guru Pendidikan Agama Islam



_________________
NIP. ............................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar