Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Jumat, 02 September 2011

RP-SD6-PKN-SMS1-Bag-2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Sekolah                                         

Mata Pelajaran                                       
Pend.Kewarganegaraan
Kelas/Semester                                        
VI / 1
Alokasi Waktu                                          
4x35 menit (2 Kali pertemuan)

Standar Kompetensi**
1.   Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Kompetensi Dasar
1.2  Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

A.      Tujuan Pembelajaran
§         Siswa mampu menceritakan nilai kebersamaan dalam proses Perumusan Pancasila.
§         Siswa mampu menyebutkan isi perumusan Negara RI.
§         Siswa mampu menyebutkan isi Piagam Jakarta.
§         Siswa mampu menyebutkan isi Pancasila dengan baik dan tepat.
§         Siswa mampu memahami nilai tiap butir Pancasila.

v      Karakter siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) ,    Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )

B.       Materi Ajar
§         Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
§         Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
§         Perumusan Dasar Negara RI.
§         Panitia Sembilan.
§         Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
§         Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.

C.       Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§         Pendekatan kontekstual.
§         Pendekatan Cooperatif Learning.
§         Diskusi kelas.
§         Tanya jawab.
§         Penugasan.

D.      Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua
§         Kegiatan Awal
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan setelah pulang dari sekolah.
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang isi dan makna Sumpah Pemuda yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
§         Kegiatan Inti
&  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai ”Persiapan Kemerdekaan Indonesia”.
 Bertanya jawab tentang gambaran keadaan bangsa Indonesia pada masa penjajahan Jepang.
Melanjutkan membaca teks tentang BPUPKI secara bergiliran.
Bertanya jawab tetang tujuan dibentuknya BPUPKI.
Melanjutkan membaca teks tentang Perumusan Dasar Negara RI.
Guru bertanya calon rumusan siapakah yang paling mendekati dengan isi Dasar Negara Pancasila.
Melanjutkan membaca teks mengenai Panitia Sembilan secara bergiliran.
Guru menjelaskan hasil kerja Panitia Sembilan.
Membaca teks mengenai Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
 Dilanjutkan dengan membaca Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
&  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Menyebutkan bersama-sama rumusan Pancasila yang disahkan.
Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan nilai yang terkandung pada setiap butir Pancasila.
Membaca kemudian menjelaskan dengan kata-kata sendiri mengenai makna lambang Garuda Pancasila.
Menyanyikan lagu Gaaruda Pancasila dengan semangat dan sikap sempurna.
Untuk pengayaan dan untuk mengukur ketercapaian kompetensi, siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal yang ada di dalam buku kerja/buku paket PKn

&  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.       Sumber/Bahan Belajar
§         Gambar/foto Garuda Pancasila.
§         Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber umum)
§         Buku referensi lain.
§         Surat Kabar, dst.

F.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§         Menceritakan nilai kebersamaan dalam proses Perumusan Pancasila.
§         Menyebutkan isi perumusan Negara RI.
§         Menyebutkan isi Piagam Jakarta.
§         Menyebutkan isi Pancasila dengan baik dan tepat.
§         Memahami nilai tiap butir Pancasila.

§    Tugas individu
§    penilaian lisan, penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita).
Menjelaskan mengapa terjadi perubahan dalam rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
Format Kriteria Penilaian      
Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


............, ..........20 ...
Mengetahui              
Kepala Sekolah
Guru Mapel PKN.

                

NIP.
NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar