RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah
|
|
Mata Pelajaran
|
Pend.Kewarganegaraan
|
Kelas/Semester
|
VI / 1
|
Alokasi Waktu
|
4x35 menit (2 Kali pertemuan)
|
Standar
Kompetensi**
1.
Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai
Dasar Negara.
Kompetensi
Dasar
1.2
Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan
Pancasila sebagai Dasar Negara.
A.
Tujuan Pembelajaran
§
Siswa mampu menceritakan nilai
kebersamaan dalam proses Perumusan Pancasila.
§
Siswa mampu menyebutkan isi
perumusan Negara RI.
§
Siswa mampu menyebutkan isi
Piagam Jakarta.
§
Siswa mampu menyebutkan isi
Pancasila dengan baik dan tepat.
§
Siswa mampu memahami nilai
tiap butir Pancasila.
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat
dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun (
diligence ) , Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring
), Jujur ( fairnes ) dan
Kewarganegaraan ( citizenship )
B.
Materi Ajar
§
Persiapan Kemerdekaan
Indonesia.
§
Badan Penyelidik Usaha-usaha
Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
§
Perumusan Dasar Negara RI.
§
Panitia Sembilan.
§
Panitia Persiapan Kemerdekaan
Indonesia.
§
Rumusan Pancasila yang
disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§
Pendekatan kontekstual.
§
Pendekatan Cooperatif Learning.
§
Diskusi kelas.
§
Tanya jawab.
§
Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
pertama dan kedua
§
Kegiatan Awal
Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Mengajak
siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan setelah pulang
dari sekolah.
Dilanjutkan
dengan bertanya jawab tentang isi dan makna Sumpah Pemuda yang telah dipelajari
pada pertemuan sebelumnya.
§
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Semua siswa diminta menyimak
teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai ”Persiapan
Kemerdekaan Indonesia”.
Bertanya jawab tentang
gambaran keadaan bangsa Indonesia pada masa penjajahan Jepang.
Melanjutkan membaca teks
tentang BPUPKI secara bergiliran.
Bertanya jawab tetang tujuan
dibentuknya BPUPKI.
Melanjutkan membaca teks
tentang Perumusan Dasar Negara RI.
Guru bertanya calon rumusan
siapakah yang paling mendekati dengan isi Dasar Negara Pancasila.
Melanjutkan membaca teks
mengenai Panitia Sembilan secara bergiliran.
Guru menjelaskan hasil kerja
Panitia Sembilan.
Membaca teks mengenai Panitia
Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
Dilanjutkan dengan membaca
Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Menyebutkan bersama-sama
rumusan Pancasila yang disahkan.
Guru menugaskan siswa untuk
menjelaskan nilai yang terkandung pada setiap butir Pancasila.
Membaca kemudian menjelaskan
dengan kata-kata sendiri mengenai makna lambang Garuda Pancasila.
Menyanyikan lagu Gaaruda
Pancasila dengan semangat dan sikap sempurna.
Untuk pengayaan dan untuk
mengukur ketercapaian kompetensi, siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal
yang ada di dalam buku kerja/buku paket PKn
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Siswa dan guru bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui
pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
Siswa dan guru membuat
kesimpulan materi yang telah dipelajari.
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§
Gambar/foto Garuda Pancasila.
§
Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber umum)
§
Buku referensi lain.
§
Surat Kabar, dst.
F.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Menceritakan nilai kebersamaan dalam proses Perumusan Pancasila.
§
Menyebutkan isi perumusan Negara RI.
§
Menyebutkan isi Piagam Jakarta.
§
Menyebutkan isi Pancasila dengan baik dan tepat.
§
Memahami nilai tiap butir Pancasila.
|
§ Tugas individu
|
§ penilaian lisan, penilaian unjuk kerja
(keberanian anak bercerita).
|
Menjelaskan mengapa terjadi perubahan dalam rumusan
Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
|
Format
Kriteria Penilaian
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
*
tidak Pengetahuan
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
..........20 ...
|
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah
|
Guru
Mapel PKN.
|
NIP.
|
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar