RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah
|
SD/MI
|
Mata
Pelajaran
|
Pend.Kewarganegaraan
|
Kelas/Semester
|
VI / 1
|
Alokasi
Waktu
|
2x35
menit (1 Kali pertemuan)
|
Standar Kompetensi**
1. Menghargai nilai-nilai juang
dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Kompetensi Dasar
1.1
Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila
sebagai Dasar Negara.
A.
Tujuan
Pembelajaran
§
Siswa mampu mendeskripsikan nilai-nilai juang
para pahlawan.
§
Siswa mampu menjelaskan proses perjuangan meraih
kemerdekaan.
§
Siswa mampu menyebutkan macam-macam perlawanan di
daerah pada masa penjajahan.
§
Siswa mampu menceritakan arti dan nilai
Kebangkitan Nasional.
§
Siswa mampu menceritakan arti dan nilai yang
terkandung dalam Sumpah Pemuda.
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence )
, Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Integritas (
integrity ), Peduli ( caring ),
Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan
( citizenship )
B.
Materi
Ajar
§
Indonesia dijajah oleh bangsa asing.
§
Kebangkitan Nasional.
§
Sumpah Pemuda.
C.
Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
§
Pendekatan kontekstual.
§
Pendekatan Cooperatif
Learning.
§
Diskusi dengan teman sebangku.
§
Tanya jawab.
§
Penugasan.
D.
Langkah-langkah
Kegiatan
§
Kegiatan
Awal
·
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama,
presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
·
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
·
Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan
selama liburan.
·
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang nama
dan asal pahlawan Indonesia.
§
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca
oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai Indonesia dijajah oleh
bangsa asing.
·
Bertanya jawab mengenai suasana pada masa
penjajahan.
·
Bertanya jawab mengenai bangsa apa yang pertama
kali datang dan menjajah Indonesia.
·
Guru menunjukkan foto/gambar para pahlawan daerah
dan menanyakan nama dan asalnya.
·
Guru menjelaskan mengapa timbul perlawanan rakyat
di berbagai wilayah.
· Guru bertanya mengapa perlawanan di berbagai
wilayah selalu dapat ditindas.
· Bersama pasangan, siswa ditugaskan
mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
·
Membaca secara bergantian mengenai Kebangkitan
Nasional.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Berdiskusi mengenai mengapa timbul kesadaran
berbangsa.
·
Guru menjelaskan asal-usul Hari Kebangkitan
Nasional.
·
Guru bertanya mengenai nilai-nilai Hari
Kebangkitan Nasional pada masa kini.
·
Melanjutkan membaca teks mengenai Sumpah Pemuda.
·
Menjelaskan kepada siswa mengapa timbul Sumpah
Pemuda.
· Bersama-sama mengucapkan sumpah pemuda dengan
baik dan sungguh-sungguh.
·
Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan isi dan
maksud Sumpah Pemuda.
· Untuk pengayaan dan untuk mengukur ketercapaian
kompetensi, siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal yang ada di dalam buku
kerja/buku paket PKn
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
· Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
·
Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang
telah dipelajari.
·
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E.
Sumber/Bahan
Belajar
§
Gambar/foto para pahlawan.
§
Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber umum)
§
Surat Kabar, dst.
F.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ mendiskripsi-kan nilai-nilai juang para
pahlawan
§ Menceritakanarti dan nilai Kebangkitan
Nasional.
§ Menceritakan arti dan nilai Sumpah Pemuda
§ Menyebutkan isi Pancasila
§ Memahami nilai tiap-tiap butir Pancasila
|
§ Tugas individu
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian tulis
§ Penilaian sikap
|
§ Menceritakan mengapa Indonesia dapat
dijajah selama ratusan tahun oleh bangsa asing.
§ Menjelaskan nilai yang terkandung pada
Sumpah Pemuda untuk diterapkan pada masa sekarang ini.
|
Format Kriteria Penilaian
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X
10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remedial.
|
............,
..........20 ...
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah
|
Guru
Mapel PKN.
|
|
|
NIP.
|
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar