RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN
( R P P )
Identitas Mata Pelajaran :
|
||
Satuan
Pendidikan
|
:
|
Madrasah Ibtidaiyah ...................
|
Kelas /
Semester
|
:
|
VI / 1
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Sejarah Kebudayaan Islam
|
Jumlah Pertemuan
|
:
|
3 kali
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1.
Mengenal sejarah khalifah Abu Bakar as-Shiddiq
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1 Menjelaskan arti dan tugas
khulafaurrasyidin
|
Tujuan Pembelajaran
|
:
|
Siswa dapat menjelaskan arti dan tugas
khulafaurrasyidin
|
Materi ajar
|
:
|
Pengertian dan
Tugas khulafaura-syidin
|
Alokasi waktu
|
:
|
5 x35 menit
|
Matode Pembelajaran
|
:
|
1.
Metode
ceramah
2.
Metode
diskusi
3.
Metode
tanya jawab
4.
Metode drill
|
Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
- Pendahuluan (10 menit)
o Guru
memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan
kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
o
Siswa
menyiapkan buku SKI , membuka bab yang akan dipelajari.
o
Secara
bersama membaca materi dan sub materi .
o Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau
kompetensi dasar yang akan dicapai.
o Guru
memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisifasi aktif dalam pembelajaran
- Kegiatan inti (50 menit)
1).
Eksplorasi
o
Untuk mengetahui pengetahuan siswa, guru memberian
pertanyaan yang berkaitan dengan materi ?, dan lain sebagainya.
o Dengan bimbingan guru, siswa secara
berkelompok mendiskusikan materi yang
terbuat di buku paket siswa.
o
Dengan
penjelasan guru, siswa melengkapi materi yang telah diskusikan dan yang berasal
dari buku paket.
o
Siswa
membuat catatan hasil pembahasan dan penjelasan materi.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan mengapa perlu adanya
strategi dalam berdakwah.
2). Elaborasi
o Siswa
membaca dan menulis materi yang terdapat di buku pegangan siswa
o Guru
menugaskan seorang siswa untuk
mengemukakan pendapat tentang sejarah masyarakat Arab pra Islam.
o
Guru
mejelaskan dan melengkapi pendapat siswa tentang sejarah masyarakat Arab pra
Islam.
o
Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum jelas.
o
Membahas
pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
o
Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk berkompetisi menjawab soal yang
berkaitan dengan materi.
o
Guru
dan siswa secara bersama memilih dan menentukan juara hasil kompetisi.
3) Konfirmasi
o
Guru
memberikan hadiah kepada kelompok siswa atau perseorangan yang telah mampu
mencapai tujuan pembelajaran.
o
Dengan
Bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman
belajar yang telah dilakukan.
o
Guru
memfasilitasi siswa untuk memecahkan berbagai masalah dan memberi informasi
untuk agar bereksplorasi lebih jauh tentang materi.
o
Guru
memotivasi siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
- Kegiatan akhir / penutup (10 menit)
o
Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil
pembelajaran.
o
Guru menilai / merefleksi kegiatan pembelajaran
yang sudah dilaksanakan
o
Guru
memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
o
Guru
meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan yang telah disediakan
o
Guru
menginformasikan bahwa pertemuan
berikutnya akan belajar tentang materi.
o
Guru
bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan mengucapkan
salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Sumber Belajar
1. Buku Paket SKI Kelas 6 MI
2. LKS
3. Sumber lain yang relevan
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
¨ Menyebutkan
pengertian khulafaurrasyidin secara bahasa
¨ Mengkonstruksi
pengertian khulafaurrasyidin secara istilah
¨ Membedakan
tugas khulafaurasyidin sebagai kepala negara dan pemimpin umat
¨ Menjelaskan
bahwa tugas kenabian Nabi Muhammad Saw bukan tugas khulafaurrasyidin
|
Tes Tulis
Performance
Tes Tulis
Tes Tulis
|
Jawaban
singkat
Jawaban
singkat
Jawaban
singkat
Uraian
|
1.
Bedakan tugas khulafaurasyidin sebagai kepala
negara dan pemimpin umat...... ?
2
Jelaskan bahwa tugas kenabian Nabi Muhammad Saw.................. !
|
Ø Tes Pengamatan
Penilaian proses
dilakukan oleh guru pada saat siswa melakukan diskusi
No
|
N A M A
|
Keaktifan
|
Ketepatan
|
Kerjasama
|
skor
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1. Sangat baik 2. Baik 3.
Cukup 4. Kurang
Ø
Tes Hasil belajar
§
Tertulis
Pertemuan 1
No
|
Butir-butir soal
|
Kunci Jawaban
|
SKOR
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
Jumlah skor maksimum
|
|
100
|
§
Tes
lisan
No
|
Butir-butir soal
|
Kunci Jawaban
|
SKOR
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR
|
|
100
|
.........
, ...............................
Mengetahui
Kepala
Madrasah Guru SKI
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar