Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Minggu, 04 September 2011

RP-MI-6-SKI-SMS1-Pert1-3

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
( R P P )

    Identitas Mata Pelajaran   :
    Satuan Pendidikan
:
Madrasah Ibtidaiyah ...................
    Kelas / Semester
:
VI / 1
    Mata Pelajaran
:
Sejarah Kebudayaan Islam
    Jumlah Pertemuan       
:
3 kali
Standar Kompetensi
:
1. Mengenal sejarah khalifah Abu Bakar as-Shiddiq
Kompetensi Dasar
:
1.1    Menjelaskan arti dan tugas khulafaurrasyidin

Tujuan Pembelajaran
:
Siswa dapat menjelaskan arti dan tugas khulafaurrasyidin
Materi ajar
:
Pengertian dan
Tugas khulafaura-syidin
Alokasi waktu
:
5 x35 menit
Matode Pembelajaran
:
1.        Metode ceramah
2.        Metode diskusi
3.        Metode tanya jawab
4.        Metode drill

Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan ke - 1
  1. Pendahuluan (10 menit)
o   Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
o       Siswa menyiapkan buku SKI , membuka bab yang akan dipelajari.
o       Secara bersama membaca materi dan sub materi .
o    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
o  Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisifasi aktif dalam pembelajaran


  1. Kegiatan inti (50 menit)
1). Eksplorasi
o       Untuk mengetahui pengetahuan siswa, guru memberian pertanyaan yang berkaitan dengan materi ?, dan lain sebagainya.
o  Dengan bimbingan guru, siswa secara berkelompok  mendiskusikan materi yang terbuat di buku paket siswa.
o       Dengan penjelasan guru, siswa melengkapi materi yang telah diskusikan dan yang berasal dari buku paket.
o       Siswa membuat catatan hasil pembahasan dan penjelasan materi.
   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan mengapa perlu adanya strategi dalam berdakwah.

2).  Elaborasi
o   Siswa membaca dan menulis materi yang terdapat di buku pegangan siswa
o     Guru menugaskan  seorang siswa untuk mengemukakan pendapat tentang sejarah masyarakat Arab pra Islam.
o       Guru mejelaskan dan melengkapi pendapat siswa tentang sejarah masyarakat Arab pra Islam.
o       Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum jelas.
o       Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh.
o       Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk berkompetisi menjawab soal yang berkaitan dengan materi.
o       Guru dan siswa secara bersama memilih dan menentukan juara hasil kompetisi.

            3) Konfirmasi
o       Guru memberikan hadiah kepada kelompok siswa atau perseorangan yang telah mampu mencapai tujuan pembelajaran.
o       Dengan Bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar yang telah dilakukan.
o       Guru memfasilitasi siswa untuk memecahkan berbagai masalah dan memberi informasi untuk agar bereksplorasi lebih jauh tentang materi.
o       Guru memotivasi siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

  1. Kegiatan akhir / penutup (10 menit)
o       Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
o       Guru menilai / merefleksi kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan
o       Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
o       Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan yang telah disediakan
o       Guru menginformasikan  bahwa pertemuan berikutnya akan belajar tentang materi.
o       Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca hamdallah, dan mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

Sumber Belajar
1. Buku Paket SKI Kelas 6 MI
2. LKS
3. Sumber lain yang relevan

Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
¨      Menyebutkan pengertian khulafaurrasyidin secara bahasa
¨      Mengkonstruksi pengertian khulafaurrasyidin secara istilah
¨      Membedakan tugas khulafaurasyidin sebagai kepala negara dan pemimpin umat
¨      Menjelaskan bahwa tugas kenabian Nabi Muhammad Saw bukan tugas khulafaurrasyidin

Tes Tulis


Performance



Tes Tulis



Tes Tulis

Jawaban singkat



Jawaban singkat



Jawaban singkat


Uraian
1.       Bedakan tugas khulafaurasyidin sebagai kepala negara dan pemimpin umat...... ?

2        Jelaskan bahwa tugas kenabian Nabi Muhammad Saw.................. !


Ø      Tes Pengamatan
Penilaian proses dilakukan oleh guru pada saat siswa melakukan diskusi

No
N A M A
Keaktifan
Ketepatan
Kerjasama
skor
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
































Jumlah Skor














Keterangan :
1. Sangat baik                     2. Baik                       3. Cukup       4. Kurang

Ø      Tes Hasil belajar
§         Tertulis

Pertemuan 1
No
Butir-butir soal
Kunci Jawaban
SKOR
1



2



3



4



5




Jumlah skor maksimum

100
§         Tes lisan
No
Butir-butir soal
Kunci Jawaban
SKOR
1



2




JUMLAH SKOR

100

                                                                                                                                                                                                       ......... , ...............................
Mengetahui                                                                                                                                                        
Kepala Madrasah                           Guru SKI

                                                                                                                                               
NIP.                                                     NIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar