Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Sabtu, 28 September 2013

Pemimpin Memerlukan Kemampuan Pribadi



Pemimpin Memerlukan Kemampuan Pribadi
Tiang kemah kepemimpinan kedua yang penting adalah kemampuan pribadi yang dimiliki oleh sang pemimpin. Kemampuan pribadi ini bukan keterampilan yang secara khas digambarkan sebagai keterampilan kepemimpinan, namun kemampuan pribadi ini harus dimiliki oleh setiap orang yang dianggap sebagai seorang pemimpin yang kuat. Inilah beberapa dari kemampuan individual tersebut:
1.  Pengetahuan teknis. Pemimpin yang terbaik memiliki setidaknya sebuah pengetahuan kerja tentang sisi teknologi dari bidang yang digeluti.
2.    Pengetahuan produk/ jasa. Para pemimpin besar perlu memahami sepenuhnya apa yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan/badan dan mengapa produk/ jasa itu lebih unggul dibangdingan dengan produk/ jasa pesaing.
3.  Keterampilan menganalisa dan memecahkan masalah. Termasuk dalam keterampilan ini adalah kemampuan merumuskan masalah, menganalisanya, dan memikirkan rekomendasi yang andal untuk menyelesaikan masalah-nasalah yang rumit.
4.  Keterampilan profesional. Para pemimpin unggul harus mampu secara cerdas dan ringkas, membuat presentasi yang menarik, mengelola pekerjaan mereka secara efisien, memantau kemajuan, dan bekerja tanpa supervisi yang ketat.
5.    Inovasi. Hal ini berkaitan dengan kemampuan seorang pemimpin untuk memiliki pandangan yang segar dalam mendekati masalah, meninggalkan cara-cara lama, dan melihat kemungkinan-kemungkinan yang baru.
6.      Prakarsa. Para pemimpin yang paling baik akan melihat apabila terjadi sesuatu yang tidak beres dan segera bertindak untuk memastikan bahwa hal itu telah ditangani dengan benar.
7.         Menggunakan teknologi informasi secara efektif. Para pemimpin besar secara konsisten memberikan contoh penggunaan e-mail, aplikasi perangkat lunak canggih, dan teknologi apapun yang dapat meningkatkan kinerja.
Dua pakar karir, Gene Dalton dan Paul Thompson, menjelaskan bahwa para pemimpin yang paling berhasil maju dan berkembang harus melalui empat tahap karir, yang tidak boleh dilompat  (zenger dan Folkman 2004, hlm. 22).
Tahap pertama adalah masa di mana orang-orang ini harus membuktikan bahwa mereka dapat mempelajari bisnis/jasa tersebut dan mengembangkan fondasi yang kokoh tentang keahlian teknis.
Tahap kedua, mereka melanjutkan meningkatkan keterampilan teknis dan menjadi penyumbang independen.
Tahap ketiga, mereka sudah menjadi mentor- mengembangkan karir dan keahlian orang lain.
Tahap keempat, mereka menjadi visionaris oragnisasi- menimbang orang menuju arah baru.
Berikut beberapa teknik untuk memaksimalkan kemampuan pribadi:

  1. Pahami teknologi: Para pekerja dapat melihatnya melalui upaya Anda menutupi kekurangan pengetahuan anda. Percepat upaya tersebut dengan mengajukan pertanyaan. Anda tidak perlu malu-malu mengakui apa yang tidak anda ketahui. 
  2. Sempurnakan keterampilan profesional Anda: Para manajer tidak akan dapat mengelola dengan baik kecuali mereka bisa berkomunikasi. 
  3. Cobalah hal- hal baru: Para manajer besar berinovasi dan mengambil prakarsa. mereka berfikir di luar kotak (Out of box) yang mengurung mereka dan tidak segan-segan membuat eksperimen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar