Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Kamis, 26 September 2013

Definisi Kepemimpinan



Kepemimpinan, menurut Northouse ( 2013, hlm. 5-6.) adalah proses di mana individu memengaruhi sekelompok individu untuk mencapai tujuan bersama. Dari pengertian yang dikemukakan oleh Northouse tersebut, terdapat empat (4) komponen dalam sebuah kepemimpinan yang dapat diidentifikasi yaitu:
1.      Kepemimpinan adalah proses. Penetapan kepemimpinan sebagai proses berarti, bukan sifat yang ada di dalam diri pemimpin tetapi suatu transaksi yang terjadi antara pemimpin dan pengikut (followers). Proses menyatakan bahwa pemimpin memengaruhi dan dipengaruhi oleh pengikut. Hal itu menekankan bahwa kepemimpinan itu tidak bersifat linear dan bukan peristiwa satu arah, tetapi merupakan peristiwa yang interaktif. Dengan demikian, kepengertian kepemimpinan dalam konteks ini menegaskan bahwa kepemimpinan dapat dimiliki oleh semua orang. Hal itu tidak terbatas pada pemimpin yang ditugaskan secara resmi dalam suatu kelompok.
2.  Kepemimpinan mencakup pengaruh. Kepemimpinan peduli dengan cara pemimpin memengaruhi pengikutnya. Pengaruh adalah elemen penting kepemimpinan. Tanpa pengaruh, kepemimpinan tidak eksis.
3.   Kepemimpinan terjadi dalam kelompok. Kelompok adalah konteks di mana kepemimpinan terjadi. Kepemimpinan termasuk aktivitas untuk memengaruhi sekelompok manusia yang memiliki tujuan bersama. Bisa saja ini merupakan kelompok tugas kecil, sekelompok komunitas, atau sekelompok besar orang yang mencakup seluruh organisasi. Kepemimpinan adalah tentang seorang individu yang memengaruhi sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama. Sekelompok orang tersebut diperlukan agar kepemimpinan terjadi. Program pelatihan kepemimpinan yang mengajari orang-orang untuk memimpin diri mereka, tidak diannggap sebagai bagian dari kepemimpinan di dalam pengertian atau definisi yang ada dalam tulisan ini.
4.  Kepemimpinan mencakup perhatian pada tujuan bersama. Pemimpin mengarahkan energi mereka kepada individu yang mencoba mencapai sesuatu secara bersama. Secara umum, dapat dimengerti bahwa maksud pengertian komponen keempat ini menegaskan bahwa pemimpin dan pengikut memiliki tujuan bersama. Perhatian terhadap tujuan bersama memberi kepemimpinan suatu tambahan yang wajar, karena hal itu menekankan kebutuhan bagi pemimpin untuk bekerja bersama pengikut guna mencapai tujuan tertentu. Penekanan pada mutualitas mengurangi kemungkinan bahwa pemimpin melakukan tindakan kepada pengikutnya dalam cara yang tidak etis atau secara paksa. Hal itu juga meningkatkan kemungkinan bahwa pemimpin dan pengikut akan bekerja bersama demi kebaikan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar