Selamat Datang

Assalamu'alaikum, wr wb.
Silahkan melihat, mempelajari atau mengunduh isi materi artikel dalam blog ini, juga sampaikan tabayyun demi kebaikan bersama, dan jangan lupa do'a buat pemilik blog ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.

Jumat, 21 Oktober 2011

TUGAS PERKEMBANGAN


TUGAS
PERKEMBANGAN

Karakteristik dominan dari periode anak yang baru belajar berjalan adalah aktivitas. Anak yang baru belajar jalan (toddler) sangat sibuk bicara, bergerak dan berencana sepanjang waktu. Dorongan aktivitas yang berlimpah menjadi suatu kebutuhan untuk self-assertion (pernyataan diri) dan mastery (penguasaan).
            Periode dari 2 sampai 4 tahun, anak-anak sadar akan individualitasnya dan terdorong untuk membuktikan hal itu. Pada periode ini toddler harus belajar memperhitungkan orang lain dalam penemuan diri mereka sendiri. Toddler berubah dramastis dari umur 2 dan 4 dari anak egosentris yang tidak menyadari ketergantungan pada orang lain menjadi pribadi yang sadar diri. Pada mulanya mereka sangat bebas, tetapi pada akhir tahapan umur, “kebebasan semu” diubah menjadi lebih realistis di mana mereka tergantung pada prang lain dan mereka juga bebas dari orang lain. Ringkasnya toddlerhood adalah periode aktivitas dan penguasaan mengatur diri sendiri dan berkembangnya kesadaran akan ketergantungan dan kebebasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar